Contoh Surat Pengunduran Diri atau Resign Kerja - Jika anda merupakan seorang karyawan perusahaan dan ingin mengundurkan diri atau resign dari pekerjaan yang sedang anda jalani saat ini, ada baiknya anda membuat surat resign atau surat pengunduran diri yang baik dan benar agar perusahaan tempat anda bekerja mau menerima keputusan anda dan tidak meninggalkan kesan yang tidak baik di kantor dimana anda bekerja.
Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik dan Benar
Contoh Surat Pengunduran Diri

Alasan mengajukan pengunduran diri ini pun cukup beragam setiap individunya, misalnya karena lingkungan kerja yang tidak sesuai dengan kepribadian anda, jenuh dengan lingkungan pekerjaan saat ini, ada masalah dengan rekan kerja, gaji yang tidak sesuai dengan pekerjaan yang diperintahkan oleh perusahaan, resign karena ingin mengurus keluarga, resign karena masalah kesehatan yang tidak kunjung baik dan yang terakhir karena mendapatkan pekerjaan baru yang lebih menjanjikan. Alasan-alasan seperti ini bisanya membuat banyak orang semakin yakin untuk resign dari pekerjaan.

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri dari Pekerjaan Atau Resign 


Surat pengunduran diri merupakan surat pernyataan yang dibuat oleh pekerja atau karyawan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan yang sedang dijalani saat ini.

Untuk membuat surat pengunduran diri, ada beberapa komponen utama yang perlu dicantumkan dalam surat pengunduran diri. Komponen-komponen tersebut antara lain, tujuan surat, nama pengirim (beserta data singkat, misalnya usia, lama kerja, dan jabatan) dan alasan mengundurkan diri.

Selain komponen utama yang wajib dituliskan, struktur penulisan surat pengunduran kerja pun perlu diperhatikan. Sekilas, struktur penulisanya hampir sama dengan surat lamaran kerja, tetapi bedanya dalam penulisan surat pengunduran diri anda perlu mempertimbangkan etika dan penggunaan bahasa yang baik dan benar.

Format penulisan surat pengunduran diri yang baik dan benar harus mengandung unsur-unsur layaknya seperti surat resmi yang biasanya anda buat, adapun bagian-bagian penting dari surat resign atau pengunduran diri antara lain:

  1. Tanggal dan tempat pembuatan surat
  2. Nama dan alamat yang dituju
  3. Isi surat dengan bahasa yang baik
  4. Tanda tangan
  5. (bila perlu) materai

Contoh-Contoh Surat Pengunduran diri atau Resign Kerja


Setelah mengetahui sturuktur cara penulisan surat resign dan komponen-komponen penting dari surat pengunduran diri, berikut ini adalah contoh-contoh surat pengunduran diri resmi yang baik dan benar yang bisa anda jadikan sebagai referensi.

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan Secara Resmi

Banda Aceh, 24 November 2019

Kepada, Yth. HRD PT. Intan Mulia
Di –
Tempat

Perihal : Pengunduran Diri

Dengan hormat,
Bersama surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:
  • Nama    : Saiful Japar
  • NIK       : I-1134-016
  • Jabatan : Staf Marketing

Menyatakan bahwa saya mengundurkan diri dari status saya sebagai Karyawan PT Intan Mulia terhitung sejak tanggal 24 November 2019.

Adapun alasan pengunduran diri saya adalah :

Keadaan Ibu saya yang saat ini sakit di Lampung, mengharuskan saya kembali ke Lampung hingga waktu yang tidak bisa saya tentukan.

Mengenai tanggung jawab pekerjaan saya yang belum sempat terselesaikan seluruhnya, progres-nya akan saya lampirkan dalam bentuk CD bersama dengan surat ini.

Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya selama ini. Saya juga mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh karyawan serta jajaran manajemen PT. Intan Mulia, apabila terdapat hal-hal yang tidak baik yang telah saya lakukan selama bekerja di PT. Intan Mulia.

Saya berharap dan berdoa agar PT. Intan Mulia menjadi perusahaan yang terus maju dan sukses. Amin.

Demikian surat ini saya sampaikan untuk dapat dimaklumi. Terima kasih.

Hormat saya,

Saiful Japar

Contoh Surat Resign Kerja yang Baik dan Benar

Magelang, 1 Desember 2019

Kepada,
Yth. Pimpinan
PT. Armada Karoseri
Magelang

Yang bertanda tangan di bawah ini:
  • Nama     : Tri Basuki
  • Alamat   : Jln. Nakulo Sadewo, Dsn. Madesan, Des. Somokaton, Kec. Ngluwar, Kab. Magelang
  • Jabatan  : Customer Service

Dengan adanya surat ini, saya bertujuan untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan di perusahaan Bapak/Ibu terhitung pada tanggal 5 Desember 2019.

Sebelumnya saya mengucapkan banyak terimakasih sebesar-besarnya karena sudah diberikan kesempatan untuk belajar dan bekerja dengan profesional pada perusahaan Bapak/Ibu. Saya juga mengucapkan terima kasih atas bimbingan yang selama ini telah diberikan baik secara tidak langsung ataupun secara langsung.

Saya memohon maaf sebesar-besarnya karena tidak lagi menjadi bagian dalam perusahaan Bapak/Ibu. Semoga perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin dapat semakin berkembang lagi.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran serta atas keinginan sendiri dan tanpa ada paksaan dari siapa pun.

Hormat saya,

Tri Basuki

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi

Magelang, 11 November 2019

Kepada
Yth. Ketua Umum
LSM Peduli Alam
Jl. Tunas Belukar, Magelang

Melalui surat ini saya akan menyampaikan maksud dari pengunduran diri saya sebagai Kepala Humas di LSM Tunas Belukar magelang karena harus melanjutkan kuliah di luar negeri terhitung mulai tanggal 20 November 2019.

Karena saya harus menempuh pendidikan diluar negeri sehinga tidak memungkinkan untuk terus menjadi anggota LSM Tunas Belukar. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas semua hal yang telah saya terima selama ini. Terima kasih telah memperbolehkan saya menjadi salah satu bagian dari LSM Tunas Belukar. Saya mohon maaf jika terjadi kesalahan selama saya bergabung di LSM Tunas Belukar.

Semoga dengan keluarnya saya dari LSM Tunas Belukar tidak menjadi penghalang bagi rekan-rekan untuk terus menginspirasi Indonesia. Demikian adalah surat penunduran diri saya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Joni Andrea

Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Pekerjaan Lain

Magelang, 14 November 2019

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Karya Mulya
Jl. Tentara Pelajar NO.34
Magelang

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Dea Yuliana bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Karya Mulya sebagai Operator Produksi, terhitung dari tanggal 21 November 2019. Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Karya Mulya . Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin menambah wawasan serta pengalaman di perusahaan lain.

Saya juga mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh rekan karyawan dan manajemen PT. Karya Mulya apabila selama saya bekerja mempunyai kesalahan baik itu yang saya sengaja ataupun yang tidak di sengaja.

Saya berharap semoga PT. Karya Mulya semakin maju dan berkembang pesat. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Dea Yuliana

Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Kehamilan

Magelang, 16 November 2019

Kepada Yth,
Dir. HRD
PT. Sinar Jaya Abadi
Di Tempat

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :


  • Nama         : Dea Yulianti
  • Departemen : Staff Administrasi
  • Jabatan         : Karyawan
  • No.Karyawan : 11025.11


Saya menulis untuk memberi tahu Anda bahwa saya akan meninggalkan PT. Sinar Jaya Abadi karena kehamilan saya. Dengan kesedihan saya meninggalkan pekerjaan di mana saya telah bekerja dengan tim hebat dan benar-benar menikmati berbagai proyek dan tantangan.

Sesuai kontrak kerja saya, saya memberikan pemberitahuan satu bulan dan minggu terakhir saya di sini akan dimulai pada tanggal 17 November 2019. Saya yakin bahwa saya akan dapat menyelesaikan proyek saya pada saat itu dan menyelesaikan proses penyerahan. Saya berencana untuk tinggal di rumah bersama bayi selama beberapa tahun tapi saya terbuka untuk diskusi tentang kembali bekerja di masa depan pada saat itu.

Terima kasih atas semua dukungan Anda selama waktuku di perusahaan, dan tolong hubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut kepada saya.

Hormat saya,

Dea Yulianti

Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Menikah

Makassar, 10 November 2018

Kepada Yth.
Direktur PT. Bina Asuransi
di tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

  • Nama                        : Bela Aryunita
  • Tempat, tgl. lahir      : Makasar, 31 Juli 1993
  • No. Register             : T20112
  • Jabatan                     : Teller
  • Bekerja sejak           : 2016


Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Bina Asuransi. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena akan menikah. Saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak, serta segenap direksi dan karyawan PT. Bina Asuransi.

Demikian pengunduran diri dari saya. Apabila ada kurang lebihnya, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Hormat saya,

Bela Aryunita

Contoh Surat Resign dalam Bahasa Inggris

Jakarta, September 25rd, 2019

Mr. Tri Basuki
Managing Director
Karya Muda
Jl. Merdeka Barat No.156
Jakarta

Dear Sir,

Through this letter, I inform you that I want to resign from your company starting from September 30th, 2019.

I feel that now is the right time for me to develop my career in other field. I would be grateful if you confirm the acceptance of my resignation and the date. If there is something I have to finish before I go, please let me know.

I also express my gratitude to the company Karya Muda for the support and the opportunity that I have gained while I work here. I wish you and the entire team of Karya Muda success and continue to provide the best for consumers.

Thank you for your attention and wisdom.

Best Regards

Tri Basuki