Kadang suka kesel gak sih kalo mau ada acara penting atau mau reuni ketemu temen tiba tiba muncul tamu tak di undang yaitu jerawat. Huuh kalo aku sih kesel bangettt. Permasalahan jerawat di kulit wajah banyak dikeluhkan orang-orang, terutama kita para perempuan karena wanita sangat sensitif dengan yang namanya masalah jerawat, tumbuh 1 aja kadang  bikin kita jadi badmood. Hal yang memungkinkan memicu timbulnya jerawat yaitu perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit seperti saat masa menstruasi, kehamilan, penggunaan pil KB, dan kondisi stress.




Selain hal yang aku sebut diatas, masalah kebersihan wajah juga bisa menjadi penyebabnya timbul jerawat  lohh. Terjadinya masalah penyumbatan pada pori-pori wajah akibat beberapa faktor, yang umum terjadi yaitu karena malas mencuci wajah, kesalahan dalam pengaplikasian kuas make-up, penggunaan spons bedak yang telah lama. Apalagi banyak perempuan yang sering pakai makeup berjam-jam bahkan seharian, namun tahap pembersihannya kurang tepat.

Jenis kulit juga bisa jadi salah satu faktor yang bisa mempengaruhi resiko timbulnya jerawat. Dimana jerawat dapat muncul sendiri pada orang yang memiliki jenis kulit wajah berminyak. Sehingga perlu usaha ekstra dalam menjaga kebersihan wajah yang mudah berminyak dan juga produk yang cocok untu jenis kulit kalian. Nah, kali ini aku mau kasih tips dan produk Pembersih Makeup apa yang cocok untuk jenis kulit kering&sensitif dan juga kulit berminyak.






Beberapa waktu lalu, aku dikirim 1 kotak dari Garnier Indonesia yang bikin bahagia yaitu all varian Micellar Water dari Garnier. Mulai dari micellar water khusus kulit kering, sensitif, berminyak dan untuk makeup waterproof. Sebelumnya,  aku sudah pernah mereview Garnier Micellar Oil ukuran 125ml, kali ini Garnier Micellar Oil mengeluarkan size baru yaitu 400ml loohh! Bahkan bisa dipakai berkali kali sampai 400 kali lohh pakainyaa. Happy bangett!



Ditambah lagi ada 2 micellar water berwarna pink (untuk kulit normal + sensitif) dan biru (untuk kulit normal + berminyak) yang sudah berhasil menjadi produk micellar water yang cocok untuk kantong pelajar&mahasiswa di Indonesia karena harganya yang affordable.



Sebelum lanjut ke review Garnier aku mau tanya nih ke kalian, Micellar Water itu apa sih? Micellar water adalah pembersih wajah bertekstur seperti air, yang dapat mengangkat debu, kotoran, bahkan waterproof makeup secara lembut tanpa perlu dibilas. Mengandung Micelle yang bekerja efektif seperti magnet. Micellar Water dengan Facial Wash biasa ternyata memiliki perbedaan lohh. Facial Wash mengandung Mulekul pembersih tradisional yang butuh di bilas untuk meluruhkan kotoran secara total dan membuat wajah kesat, sedangkan Micellar Water mengandung Mulekul Micelle yang berfungsi mengangkat kotoran tanpa perlu dibilas secara lembut dan membersihkan wajah sekaligus melembutkan wajah.

Aku pribadi aku lebih suka membersihkan wajah menggunakan Garnier Micellar Water Biru dan Oil-Infused Cleansing Water karena ga meninggalkan rasa lengket seperti pakai cleansing lotion dan makeup remover yang mengandung oil pada umumnya. Selain itu Garnier Micellar Cleansing Water mampu membersihkan kotoran dan makeup tanpa perlu dibilas secara menyeluruh, sangat praktis karna mampu membantu bersihkan wajah secara tuntas dalam 1x usap, tidak mengandung alcohol, Kadar pH 7.2 yang setara dengan air sehingga aman dipakai bahkan untuk kulit sensitif sekalipun. Jadi nyaman bgt dehh pake Garnier Cleansing Water ini.

Kenapa sih kita penting banget membersihkan wajah setelah melakukan aktivitas?

Setelah aktivitas seharian, wajah kita telah terkontaminasi berbagai macam zat seperti debu/kotoran atau radikal bebas. Kotoran/debu dari mana saja diterima dengan mudahnya diserap oleh kulit wajah kita yang mana jika bercampur dengan sebum dapat menutupi pori-pori kulit. Makeup yang kita pakai seharian maupun saat kita touch up, memberikan beban tambahan pada wajah kita. Segala jenis produk kimia ada di sana. Hal ini dapat mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan kulit, lohh.


Maka dari itu membersihkan wajah menjadi hal yang penting banget karena dapat membuat kulit jadi lebih bersih dan menjaga keremajaan kulit. Dengan membersihkan wajah secara teratur, sel-sel kulit mati, sebum dan segala macam zat yang diserap kulit wajah kita akan terangkat. Bandingkan orang rajin membersihkan wajah dengan yang tidak, kulit mereka yang rajin membersihkan wajah akan terlihat lebih segar dan bersih.

Biasanya, untuk daily aku pakai Garnier Micellar Water Warna Biru (Normal to Oily)untuk membersihkan debu polusi dan makeup ringan, sedangkan kalau habis event atau ada acara penting yang mengharuskan full makeup dan memakai makeup waterproof, aku selalu pakai Garnier Micellar Oil-Infused Cleansing Water untuk menghapus heavy makeup, cukup #1LangkahBersih dengan Shake & Wipe, heavy makeup langsung terangkat dengan mudah dan bisa digunakan untuk multi-zone (bisa digunakan di bagian wajah, bibir, dan mata). Ditambah adanya kandungan Argan Oil yang dapat menghapus makeup sekaligus menutrisi kulit. Praktis banget kaaann.


Cara pemakaiannya juga gampang bangett, pertama kocok Micellar Oil-Infused Cleansing Water hingga berbuih, tuang ke kapas, tekan dan tarik kotoran di wajah, dan makeup tebal&debu kotoran bersih dalam sekali usap, lohh

Kalian harus tahu, bahwa membersihkan wajah di malam hari jauh lebih penting daripada membersihkan wajah di pagi hari. Karena pada malam hari, kulit wajah terasa jauh lebih kotor akibat debu/kotoran maupun bekas makeup yang terus menempel sepanjang hari. Sedangkan saat pagi hari, kulit wajah lebih sedikit terpapar udara yang kotor dan pastinya tidak ada bekas makeup yang masih menempel.Terlihat sepele, tapi manfaat membersihkan wajah sangat besar. Selain itu, membersihkan wajah dengan facial foam sebelum tidur membuat kita tidur dengan kesegaran dan pastinya lebih nyenyak. Dan, yang terpenting adalah pilih pembersih yang sesuai jenis kulit kalian yaa

Hal lainnya yang jarang diperhatikan, yaitu penggunaan handuk yang tidak sehat, dimana yang sering terjadi yaitu handuk tidak disimpan di tempat yang baik/bersih. Masalah-masalah yang ditimbulkan dari kurang menjaga kebersihan wajah, yaitu berupa penyebaran bakteri yang beresiko menyumbat pori-pori wajah. Hal ini yang akhirnya menimbulkan masalah jerawat di wajah. Untuk itu penting memcuci atau membersihkan wajah secara rutin guna mencegah pori-pori tersumbat.



So sekian dulu blog dari aku, semoga bisa jadi referensi dalam memilih produk pembersih makeup yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Thanks for reading
See You
XOXO
Special Thanks
Garnier Indonesia & Beautynesia

Love, Chaca Annisa H.