Beberapa minggu yang lalu saya sempat keluar bareng teman nonton konser musik. Ada sesuatu yang berbeda dengan penampilannya malam ini. Dia mengenakan blus polos warna coklat “soft”, dibalut jaket dari bahan kulit jenis blazer sepinggang, warna coklat klasik, pas sekali dengan badannya.

Dikombinasi dengan celana kulot era 90an, dari bahan batik warna coklat tua juga dan mengenakan hijab warna dark brown. Keren ya?

Garut Sebagai Sentra Kerajinan Jaket Kulit Asli Berkualitas

Ketika saya tanya, ternyata dia beli secara online di Bandung, tetapi produk tersebut dibeli dari produsen jaket kulit asli dari Garut. Disana kerajinan jaket kulit asli di Garut cukup dikenal.

Selain dikenal sebagai daerah penghasil makanan dodol, Garut juga terkenal sebagai daerah penghasil domba berkualitas. Dengan ukuran fisik yang lebih besar dari kebanyakan domba lokal lain, tampilan tanduknya juga menawan, membuat domba Garut sering jadi buruan pebisnis ternak domba nusantara.

Dari potensi bisnis tersebut, akhirnya berkembang peluang bisnis lainnya, yaitu produksi jaket kulit. Kemudian bertambah dengan produk-produk kerajinan lain, seperti sepatu, sandal, dompet, ikat pinggang, tas, topi, sarung tangan motor dan lain-lain.

Dapat dipahami mengapa demikian berkembang pesat, karena Garut menjadi sentra produksi jaket kulit asli berkualitas, khususnya dari Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, Propinsi Jawa Barat.

Mudah sekali menemukan lokasi sentra kerajinan jaket kulit asli di Garut dan aneka kerajinan berbahan dasar kulit asli. Dari alun-alun Garut, hanya berjarak sekitar satu kilometer. Dari sana berderet sekitar 90 an toko. Dimulai dari jalan Ahmad Yani hingga jalan Gagak Lumayung, kira-kira sepanjang dua kilometer. Harga produk pun cukup terjangkau, mulai dari 400 ratus ribuan hingga 2 jutaan.

Kerajinan Jaket Kulit Asli di Garut Merambah hingga Manca Negara

Tidak tanggung-tanggung, terdapat 8 perusahaan penyamakan kulit besar disana, Tozca Leather adalah salah satunya. Secara umum produksi kerajinan jaket kulit asli di Garut dikelola oleh indsutri rumahan (home industry).

Kegiatan produksi sehari-haripun dapat dilihat secara langsung. Kapasitas produksi mencapai 2,000 jaket / bulan. Kegiatan produksi kerajinan jaket kulit asli di Garut dimulai dari pemilihan bahan berkualitas secara ketat, pembuatan pola, pemotongan bahan dan proses menjahit.

Sebagian besar konsumen kerajinan jaket kulit asli di Garut berasal dari wilayah luar Garut, seperti Bandung, Jakarta, sebagian kota di Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali hingga Sumatera. Bahkan kerajinan jaket kulit asli di Garut ini sudah merambah ke beberapa Negara tetangga, yaitu Malaysia, Singapura, Taiwan dan Jepang.

Cara Memilih Jaket Kulit Berkualitas

Mengapa memilih kulit sebagai bahan utama jaket? Bukankah banyak pilihan jaket model sekarang yang juga berkualitas tetapi bukan dari kulit? Jaket kulit adalah salah satu produk fashion yang terbuat dari bahan dasar kulit binatang, yaitu domba dan sapi. Jaket kulit termasuk jenis produk spesial.

Selain harganya yang cenderung mahal, juga memberikan efek berkelas secara status sosial.

Dengan memakai jaket kulit, seseorang akan terlihat gagah bagi pria dan terlihat mempesona bagi wanita sehingga berdampak pada “kenaikan” kelas sosial tersebut. Paling tidak akan memberikan pesan bahwa pemakai jaket kulit tersebut pasti orang kaya karena mampu membeli jaket diatas harga 750 ribu an.

Bagaimana anda dapat membedakan sebuah jaket kulit itu berkualitas atau tidak? Anda harus memilih dengan teliti sebelum memutuskan untuk membeli. Jangan sampai ketika memakai jaket tersebut, kemudian ada yang berkomentar. “kayaknya ini bahan kulitnya KW atau palsu ya?”. Nah, malu kan? Beberapa referensi dapat digunakan untuk menilai sebuah jaket kulit tersebut berkualitas atau tidak, yaitu :

1. Keaslian atau ciri khas bahan jaket Kulit Domba

Bahan jaket kulit yang berkualitas dapat dilihat dari jenis kulit yang digunakan. Apabila memiliki aroma khas domba / sapi, maka dapat dipastikan itu berasal dari kulit asli.  Kalau kulit domba teksturnya lembut, sedangkan kulit sapi sedikit kaku.

2. Elastisitas Bahan Kulit Asli

Coba direntangkan bahannya, apabila merenggang atau melar maka dapat dipastikan itu bukan kulit asli. Bahan kulit tidak dapat melar, tapi lembut ketika dipegang.

3. Warna Jaket Kulit

Jaket kulit asli memiliki warna yang tidak terlalu mengkilap, tidak “dipaksakan” berwarna warni. Biasanya kombinasi warna hanya 1 atau 2 warna saja.\

4. Bobot Jaket Kulit

Jaket kulit asli justru tidak terlalu berat. Kalau kulit sapi memang sedikit lebih berat dari bobot jaket kulit domba, tetapi secara keseluruhan keduanya relatif ringan. Ketika digunakan di cuaca panas oke, cuaca dingin pun oke, karena tidak mudah tembus oleh angin dan keringat dapat terserap dengan baik.

5. Model Jaket Kulit Terbaru

Perhatikan model jaket kulit. Semakin bervariasi model jahitan, semakin dipertanyakan kualitas bahan jaketnya. Pilihlah jaket kulit model klasik, tidak terlalu banyak jahitan atau variasi lain. Bisa jadi variasi tersebut diberikan untuk menutupi cacat bahan kulit, entah bekas jahitan, salah potong atau kualitas pewarnaannya.

Selain itu, model klasik sudah terbukti tidak lekang oleh waktu sehingga rasanya tidak rugi apabila membeli dengan harga diatas 1 jutaan. Jangan lupa yang betul-betul fit dengan badan ya. Bukan ketat lo, tapi as dengan badan, karena ini akan membuat nyaman selama pemakaian.

6. Cara Ekstrim

Tapi ini jangan dipraktekkan jikan anda tidak telalu menguasai tekniknya ya, hehehe, yaitu dengan cara dibakar dengan api kecil, biasanya dari korek api. Apabila terbakar berarti itu bukan kulit asli. Karena kulit asli tidak akan mudah terbakar seperti bahan imitasi.

Jaket Kulit Asli Tozca Leather Jadi Pilihan Terbaik

Lantas kemana kita akan beli jaket? Seperti info teman saya waktu nonton konser beberapa waktu lalu, dia beli di Tozca Leather secara online. Waktu itu dia sedang berkunjung ke kerabatnya di Bandung kemudian ditawari untuk membeli jaket kulit secara online.

Setelah menerima barangnya, teman saya puas dengan harganya yang kompetitif dan sepadan dengan kualitas jahitan, kualitas bahan, kualitas model, kualitas warna dan keakuratan info selama proses kirim.

Ngapain beli online ya? Kan di Bandung banyak sekali pilihannya?

Rasanya lebih mantap kalau beli produk langsung dari pusatnya, yaitu kerajinan jaket kulit asli di Garut. Hanya saja waktu yang tidak cukup untuk mencapai wilayah tersebut. Akhirnya teman saya memilih untuk membeli secara online saja, dia bisa memanfaatkan waktu dan dananya untuk jalan-jalan di Bandung, hehehe. Toh hasil pesanan online sama dengan membeli secara konvensional.

Tozca Leather memang memfokuskan strategi penjualannya melalui media online. Strategi fokus online tersebut belum banyak ditempuh oleh produsen jaket kulit lainnya. Ke depan, Tozca leather yang didirikan oleh Bapak Alpha Sudirman sejak tahun 2013,  ingin lebih melebarkan sayap, tidak hanya dalam hal perluasan wilayah penjualan tetapi juga produk-produk fashion lain. Visi dari Tozca Leather adalah ingin menjadi trend setter perusahaan fashion online shop di Indonesia.

Yang menarik, proses pemesanan di Tozca Leather dapat dimulai dari konsultasi terlebih dahulu. Entah membahas masalah ukuran, bahan, warna dan model yang diinginkan pelanggan. Ini disebut dengan Pre Order. Tozca Leather selain sebagai penjual jaket kulit secara online, juga merupakan produsen langsung, sehingga melayani juga pembelian dengan cara CUSTOM, atau sesuai keinginan pelanggan. Pelayanannya pun cukup cepat dan tidak berbelit-belit, karena kualitas produk dan kepuasan pelanggan adalah misi terpenting.

Untuk mewujudkan visi dan misi tersebut, Tozca Leather didukung oleh tim manajemen yang mumpuni, kompak, kreatif, mandiri dan berorientasi target sehingga dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan kualitas produk yang baik, waktu efisien, kualitas pelayanan terbaik serta dengan pendekatan personal yang baik. Terbukti pelayanan penjualan sistem Pre Order mendapat sambutan baik dari pelanggan.

Dengan berlokasi di kawasan kerajinan jaket kulit asli di Garut, Tozca Leather memperolah banyak sekali keuntungan, diantaranya:

  • Dekat dengan sumber bahan baku berkualitas, SEHINGGA;
  • Harga pun bersaing.
  • Kemudahan dalam mengakses bahan-bahan pelengkap atau pendamping.
  • SDM karyawan yang mudah diakses, memiliki keahlian yang sudah terasah dan teruji oleh waktu.
  • Akses permodalan dan promosi pun terbantu karena kawasan kerajinan jaket kulit asli di Garut merupakan salah satu daerah andalan binaan UKM Propinsi Jawa Barat.

Kategori Produk Jaket Kulit Asli Tozca Leather Yang menjadi Andalan

Dalam rangka memenuhi selera pelanggan yang beraneka ragam, Tozca Leather memproduksi beberapa kategori produk, yaitu :

Jaket Kulit Bikers Motor KM035

1. Jaket kulit bikers motor

Mayoritas model jaket kulit bikers motor klasik, lebih mengutamakan fungsi dan kenyamanan pemakai di udara terbuka ketika mengendarai motor. Range harga Rp. 1,100,000 – Rp. 1,550,000.

Jaket Kulit Bomber KB063

2. Jaket kulit bomber

Jenis jaket kulit bomber pria tanpa penutup kepala, segmen anak muda, ujung lengan biasanya dari bahan karet, bahan kerah sebagian dari karet dan bentuknya pun sebagian seperti kerah hem / koko. Tampilan eleganlain diperlihatkan dari pilihan resleting yang digunakan. Range harga Rp. 1,200,000 – Rp. 1,400,000.

Jaket Kulit Hoodie KH043

3. Jaket Kulit Hoodie

Jenis jaket kulit hoodie pria menggunakan penutup kepala, lebih santai, segmen anak muda. Range harga Rp. 1,250,000- Rp. 1,400,000.

Jaket Kulit Blazer Pria KJ043

4. Jaket Kulit Jas Blazer

Jenis ini dapat digunakan di acara formal tetapi memiliki toleransi kasual. Range harga Rp. 1,300,000 – Rp. 1,800,000. Khusus harga Rp. 1,800,000 keatas dikarenakan model jaket kulit jaket blazer jenis panjang hingga mendekati lutut atau lebih dari lutut sehingga membutuhkan bahan lebih banyak dibanding model lain.

Jaket Kulit Pria KP035

5. Jaket Kulit Pria

Jenis jaket kulit pria ini hampir sama dengan jaket bikers tetapi lebih variatif, lebih menonjolkan sisi maskulin seorang pria, dengan variasi beberapa model kerah. Yang jelas lebih fleksibel ketika dikenakan di suasana lain, tidak hanya mengendarai motor. Yang menarik, selain warna standar dan warna alam/natural, juga ada pilihan warna kuning. Range harga Rp. 950,000 – Rp. 1,350,000.

Jaket Kulit Rock N Roll KR036

6. Jaket Kulit Rock n Roll

Jaket kulit rock n roll pria jenis ini sebenarnya terisnpirasi dari gaya hidup musik rock n roll, yang diperlihatkan oleh penyanyi dan anggota bandnya. Biasanya keunikannya terletak di variasi resleting yang digunakan, bentuk kerah dan variasi ikat pinggang di bagian bawah. Warna pun memiliki variasi lebih, yaitu ada pilihan tambahan warna merah dan biru. Range harga Rp. 1,150,000 – Rp. 1,350,000.

Jaket Kulit Safari KS044

7. Jaket Kulit Safari

Jenis jaket kulit safari pria ini lebih menonjolkan variasi saku, kancing dan resleting yang digunakan,  seperti baju safari pada umumnya. Range harga Rp. 1,250,000 – Rp. 1,700,000.R

Rompi Kulit Pria RK003

8. Rompi Kulit Pria

Sesuai dengan namanya, jenis ini khusus jaket rompi kulit pria tanpa lengan dengan variasi si kerah, kancing dan saku. Range harga Rp. 750,000 – Rp. 900,000.

Banyak sekali pilihan kerajinan jaket kulit asli di Garut ini yang dijual. Jaket kulit kategori bikers motor merupakan jenis jaket terfavorit dibanding kategori produk lain karena sesuai dengan fungsinya, digunakan diperjalanan motor dengan kondisi udara terbuka.

Kelebihan Jaket Kulit Asli Tozca Leather dibandingkan Produsen Lain

Apa sebenarnya kelebihan jaket kulit Tozca Leather jika dibandingkan dengan produsen lain? Anda harus mengecek secara detail agar tidak salah beli dan kena PHP, hehehe. Beberapa kelebihan, diantaranya:

1. Fokus Penjualan

Dengan sistem online, membuat produk kerajinan jaket kulit asli di Garutini memiliki nilai “gengsi” lebih jika dibandingkan dengan produk sejenis yang masih menjual dengan sistem konvensional. Semakin susah didapatkan biasanya memiliki “image semakin berkelas”.

2. Bahan jelas asli dari kulit domba pilihan

3. Bahan elastic dan ringan

Cukup aman untuk menahan angin luar dan tidak gerah dalam cuaca apapun.

4. Warna Jaket Kulit

Mayoritas mendekati warna dasar (hitam, putih) dan warna natural/alam. Kalau toh ada yang bervariasi warna, tidak lebih dari 3 warna. Ada beberapa jenis jaket yang berwarna terang (kuning, hijau, merah, biru) tetapi tidak banyak jumlahnya.

Spesifikasi produk jaket kulit Tozca Leather berkualitas

  1. Bahan utama kulit domba pilihan
  2. Pre Order hanya membutuhkan waktu 2-3 hari
  3. Bahan resleting menggunakan jenis black nickle
  4. Pouring dalam dari bahan saten / dormil
  5. Benang nilon
  6. Garansi 1 tahun
  7. Ketebalan kulit 0.7 milimeter
  8. Range harga secara umum dimulai dari Rp. 750,000 – Rp. 1,800,000.

5. Model Jaket Kulit

Untuk memastikan agar jaket benar-benar slim, pas di badan pelanggan ketika dikenakan, Tozca Leather memberikan referensi ukuran secara detail, dengan standar pengukuran yang biasa dilakukan oleh penjahit ketika akan mengukur badan pelanggan, yaitu :

  1. Lingkar dada;
  2. Lebar bahu;
  3. Panjang tangan;
  4. Panjang badan

Sedetail itu? Iya, sedetail itu. Masing-masing kategori pengukuran tersebut berlaku untuk pria dan wanita. Juga sekaligus dicantumkan masing-masing jenis pengukuran berdasarkan ukuran standar, yaitu ukuran S (small/kecil), M (medium/sedang), L (besar/larga), XL (lebih besar/extra large) dan XXL (super besar/Extra extra large). Bahkan jika jenis pengukuran diatas masih kurang detail, disiapkan pula kolom khusus yang dapat diisi sesuai dengan karakteristik badan anda. Pelanggan kadang ada yang memiliki komposisi struktur badan yang unik.

FAQ (pertanyaan yang sering ditanyakan Customer)

Berapa harga jaket kulit domba asli garut di Tozca Leather?

Tozca Leather menawarkan harga jaket kulit yang bermacam macam, dari harga 950 rb sampai 1 juta keatas. Model yang berbeda membuat harga pun bervariasi karena pengaruh dari kerumitan model, warna dan ukuran. Silahkan anda pilih daptar harga jaket kulit yang kami tawarkan. Harga semua sudah termasuk ongkos kirim (Pre Ongkos Kirim) untuk wilayah JABODETABEK.

Apa produk jaket kulit asli garut model terbaru di Tozca Leather?

Tozca Leather, selalu update setiap minggu untuk produk jaket kulit asli yang terbaru, seperti jaket kulit bomber, jaket kulit jas/blazer, jaket kulit rock n roll, jaket kulit hoodie, jaket kulit motor/bikers dan rompi kulit.

Bagaimana cara pembayaran di Tozca Leather?

Pembayaran melalui Transfer Bank MANDIRI / BCA
DownPayment (Produk dikerjakan)
RePayment (Produk siap untuk dikirim)
Atau lakukan secara FullPayment (Lunas) di Awal

Apakah Tozca Leather salah satu konveksi jaket kulit asli garut?

Tozca Leather, salah satu tempat konveksi jual jaket kulit asli untuk satuan maupun partai banyak.

Bagaimana belanja atau beli jaket kulit di Tozca Leather?

Cara pertama, silakan langsung melalui SMS atau WhatsApp yang sudah tersedia di setiap produk kami. Lalu, selanjutnya anda memilih model jaket kulit yang akan di pesan. Klik tombol yang sudah di sediakan seperti via Whatsapp, via SMS dan via Telepon. Setelah itu, isi biodata Tinggi Badan dan Berat Badan + Data Nama dan Alamat Rumah atau alamat Kantor yang lengkap. Secepatnya admin akan membalas semua pesanan anda dan informasikan rincian total yang harus anda bayar dan proses pembuatan jaket.

Berapa lama proses pembuatan jaket kulit garut di Tozca Leather?

Setiap proses jaket yang kami buat 2-3 hari agar hasilnya maksimal, karena tozca leather mementingkan hasil yang memuaskan untuk setiap customer.

Apakah ada jaminan garansi belanja jaket kulit di Tozca Leather?

Jaminan 100% garansi hingga 1 tahun.

Bagaimana cara pesan jaket kulit custom di Tozca Leather?

Silahkan anda langsung hubungi kami via Whatsapp, via SMS dan via Telepon untuk mengirim model jaket kulit custom yang sudah anda miliki, cara ini cocok untuk anda yang ingin pesan secara custom jaket dengan jumalah banyak untuk perusahan atau satuan, Setelah itu, isi biodata Tinggi Badan dan Berat Badan + Data Nama dan Alamat Rumah atau alamat Kantor yang lengkap. Secepatnya admin akan membalas semua pesanan anda dan informasikan rincian total yang harus anda bayar.

Dimana tempat toko jaket kulit asli garut Tozca Leather?

Lokasi Tozca Leather di Royal Rabany Blok F3 Kel.Tanjung Sari Kec.Karangpawitan Garut Jawa Barat.

The post Kerajinan Jaket Kulit Asli di Garut Bergaransi appeared first on Tozca Leather.