Bagi mereka yang gemar dalam bercelana pendek tentunya akan sangat mengganggu penampilan bila memiliki lutut berwarna hitam. Bahkan menurut sebuah penelitian ada sebagian laki-laki yang mempunyai daya tarik kepada perempuan, Disimpulkan bahwa akan tertarik bila seorang wanita

memiliki lutut yang cerah, hal ini yang menjadikan seorang wanita menjadi tidak percaya diri.
Pada anggota tubuh yang lebih gelap warnanya dari anggota yang lain ialah pada anggota lutut dan siku, hal ini terjadi karena anggota tersebut lebih banyak mengalami gesekan. Ada beberapa penyebab kemungkinan lutut dan siku menjadi gelap.

1 . Penuaan
Seiring dengan bertambah usia menjadi suatu kondisi yang wajar bila terjadi kegelapan terhadap kulit terutama pada lutut dan sikut yang dimana timbulnya bintik hitam pada lutut dan siku.

2.  Adanya gesekan
Seperti yang dikatakan diatas, banyak sekali gesekan yang terjadi pada siku dan lutut dengan sebuah aktifitas yang sering Anda lakukan. Hal tersebut secara terus-menerus akan menimbulkan kulit menjadi gelap pada area siku dan lutut.

3. Faktor genetik
Faktor genetik juga bisa menjadi salah satu penyebab dari gelapnya warna lutut dan siku. Jika salah satu dari saudara kandung yang memiliki lutut dan siku berwarna gelap maka cenderung hal tersebut akan mewaris.

4. Tidak menjaga kebersihan
Kalian harus rutin membersihkan siku dan lutut dengan produk sabun kulit yang dimana hal tersebut akan membersihkan bintik-bintik hitam dan kulit kering lainnya muncul dibagian lainnya.

5. Paparan matahari
Gunakan perlindungan pada kulit dengan tabir surya bila ingin melakukan aktifitas di luar dalam waktu yang lama. Hal tersebut akan membuat gelap pada lutut dan siku terkena paparan sinar matahari.
Baca juga : Manfaat daun pandan untuk wajah 
                   Manfaat kecantikan dari buah bit 
                   Kurangi makanan ini untuk detox wajah berjerawat
sumber : fungsiherbal.com