Di zaman serba digital seperti saat ini, beli buku pun jadi semudah jangkauan jari. Betapa tidak? Tinggal buka browser di hape, ketikkan alamat website toko buku online yang dituju, lalu masukkan kata kunci buku yang dicari. Voila! Buku yang mau dibeli pun muncul, klik, bayar dan tinggal tunggu buku sampai di pangkuan.

Selain itu, dibandingkan toko buku fisik, toko buku online rasanya juga lebih sering menawarkan promo-promo menarik. Apalagi mendekati akhir tahun begini, promo di tanggal-tanggal cantik pasti bertebaran. Jadi, tinggal pilih saja kan mana toko buku online terpercaya yang menawarkan diskon paling besar.

Nah, menanti promo-promo di tanggal cantik nanti, toko buku online terpercaya mana saja yang layak dikunjungi?

Periplus.com

Periplus
Periplus.com

Sebelumnya, shout out to Periplus.com! Saya suka sekali belanja buku secara online di toko buku yang satu ini. Mereka sering memberikan promo menarik mulai dari potongan harga 15%, 20% bahkan sampai 90%. Di sini saya biasanya membeli buku-buku import, yang biasanya dibandrol harga yang lumayan mahal jadi lebih murah.

Untuk koleksi buku, Periplus.com menawarkan variasi buku yang beragam dan cukup lengkap. Dari segi pelayanan juga memuaskan. Berdasarkan pengalaman, proses pembelian, pembayaran hingga pengiriman sangatlah mudah dan cepat.  Bahkan beberapa kali, paket buku bisa sampai keesokan harinya setelah order. Plus, cara packing mereka itu lohh layak banget untuk mendapatkan empat jempol. Super niat! Yaitu dengan kemasan kertas karton/kardus tebal yang di-wrap sedemikian rupa sehingga buku pesanan bisa aman dalam pengiriman.

Satu lagi nih yang saya suka dari Periplus.com, mereka punya fitur wishlist. Fitur favorit yang sering saya gunakan. Saya sering menggunakan fitur ini untuk membuat daftar buku incaran. Biasanya, saat saya bosan, saya sering membuka Periplus.com hanya untuk memasukkan buku-buku ke daftar keinginan. Ini memudahkan saya untuk membeli buku, apalagi saat musim diskon tiba, tinggal buka wishlist dan langsung masukkan ke keranjang.

Betterworldbooks.com

Betterworldbooks.com
Betterworldbook.com

Saat pertama kali saya belanja buku di toko buku online internasional yang satu ini, saya langsung suka. Dari yang saya tahu sejauh ini, mereka adalah toko buku yang nggak melulu profit-oriented. Mereka mengedepankan pengembangan literasi dan Pendidikan, serta ramah lingkungan.

Sebagai informasi, Betterworldbooks.com menjual buku-buku bekas yang masih layak baca. Mereka mengkategorikan koleksi bukunya dengan Used Good, dan Used Very Good.

Selain mendapatkan stoknya dari para penggemar buku, Betterworldbooks.com juga memiliki koleksi buku bekas perpustakaan. Jadi buku-buku yang kita beli bisa jadi memiliki stempel perpustakaan dari negara bagian Indiana misalnya, atau negara-negara lainnya. Terkadang ada pula coretan-coretan kecil yang dituliskan si empunya buku terdahulu. Sering pula ada catatan-catatan tertentu yang ditorehkan. Ini sama sekali nggak bikin saya urung niat beli di Betterworldbooks.com, malah sebaliknya bikin saya senang dan ingin kembali membeli. Dan ini juga, buat saya, memberikan pengalaman membaca buku yang berbeda. Heartwarming dan menyenangkan, membayangkan jika buku yang ada di tangan kita sebelumnya berada di negara-negara lain di dunia.

Untuk review lengkap beserta tips-tips membeli buku di Betterworldbooks.com, bisa klik Review Betterworldbooks: Murah, Mudan dan Gratis Ongkir.

Gramedia.com

Gramedia.com
Gramedia.com

Toko buku online Gramedia adalah salah satu toko buku online terbesar dan terlengkap di Indonesia. Saya mampir ke Gramedia.com saat ingin membeli buku-buku berbahasa Indonesia, khususnya saat saya rasa buku yang saya cari akan sulit ditemukan di toko buku fisik, atau saat memang sedang ada promo menarik.

Nggak kalah sama toko buku online lain sih, Gramedia sekarang juga sering mengadakan promo-promo yang memanjakan pelanggannya. Dan patut diakui memang, koleksi buku toko buku online yang satu ini cukup lengkap dibandingkan toko buku online lainnya.

Di sini juga ada fitur wishlist, dan ada pula fitur yang nggak dimiliki toko buku online lain, yaitu fitur Print on Demand. Jadi, kita bisa memesan buku yang sudah tidak ada di pasaran, dan akan dicetak langsung dari penerbit.

Mizanstore.com

Mizanstore
Mizanstore.com

Mencari toko buku online terlengkap? Mizanstore.com juga bisa menjadi rekomendasi. Mereka punya koleksi buku yang cukup lengkap, dan tentu ada promo-promo juga. Mereka pun sering mengadakan bazar buku yang diskonnya nggak nanggung-nanggung. Biasanya, mereka akan mengumumkan promo atau diskon yang akan digelar jauh-jauh hari sebelumnya. Saya pun sering mantengin media sosial mereka untuk mendapatkan update terbaru promo yang akan diadakan. Jadi, kamu juga bisa ngikutin medsos mereka biar nggak ketinggalan berita soal diskon buku-buku kesayangan.

Bookdepository.com

Bookdepository.com
Bookdepository.com

Buat yang suka buku-buku import, saya rasa Bookdepository.com adalah toko buku online yang paling tepat untuk mencari buku-buku Bahasa Inggris. Mereka memiliki koleksi yang super lengkap. Bahkan, mereka bisa memiliki beberapa versi cover untuk satu judul buku. Mereka juga cukup sering mengadakan promo dan diskon. Mereka juga memberikan gratis ongkos kirim lho untuk pengiriman ke Indonesia. Jadi, kita nggak perlu pusing dengan pengiriman dari luar negeri yang biasanya jauh lebih mahal ketimbang harga barang yang dibeli.

Tertarik belanja di sini? Yuk cek Pengalaman Beli Buku di Book Depository untuk mengetahui hal-hal apa saya yang perlu diperhatikan sebelum belanja di toko buku online internasional ini.

Demabuku.com

Demabuku.com
Demabuku.com

Suka buku-buku anti-mainstream atau buku-buku dari para penulis independent? Berarti, kamu wajib mencoba belanja buku di Demabuku.com. Mereka memiliki koleksi buku-buku berbahasa Indonesia yang nggak bisa kamu temukan di toko buku mainstream. Buku-bukunya pun sangat variatif, mulai dari fiksi, non-fiksi hingga buku-buku kiri.

Saya pernah beberapa kali membeli buku di sini. Dan hasilnya, pelayanan mereka sangat memuaskan. Saat saya mengalami kendala, saya langsung sampaikan ke pihak customer service. Dan, mereka pun merespon keluhan saya dengan cepat.

Selain melalui website Demabuku.com, kamu juga bisa berbelanja buku dari mereka melalui Shopee dan Tokopedia Dema Buku.

Dahara.id

Dahara.id
Dahara.id

Ini baru tahu banget sih, dan baru sekali saja belanja dan langsung suka. Pertama kali menemukan Dahara.id ini saat saya ingin membeli buku bekas Charles Bukowski. Tujuan saya saat itu, saya ingin membeli buku Bukowski tanpa harus menunggu lama dengan pengiriman internasional, dan tentu yang menawarkan harga terjangkau. Alangkah senangnya saya menemukan Ham on Rye di antara buku-buku yang dijajakan Dahara.id di Tokopedia. Kemudian, saya mencoba chat penjualnya (Dahara). Belum ada jawaban setelah beberapa jam, saya pun nekat tetap membayar buku tersebut. Yang ada di pikiran saya saat itu; harganya hanya Rp 75.000 saja, dan jika si penjual mencoba tidak bertanggungjawab, saya bisa mendapatkan uang saya kembali, atau jika tidak, saya nothing to lose saja.

Malam tiba, akhirnya si penjual menjawab pertanyaan saya untuk kemudian memproses order yang sudah saya lakukan. Dua hari kemudian, buku pesanan saya dari Dahara.id tiba. Saya pun senang bukan kepalang karena bukunya masih baru dengan sampul plastiknya. Dan yang paling penting, buku ini saya dapatkan dengan hanya Rp 75.000 saja.

Kamu yang tertarik dengan buku-buku import, bisa juga cek toko mereka di Tokopedia. Kamu juga bisa menghubungi mereka via Instagram, dan di situ mereka menampilkan koleksi buku-buku mereka yang menurut saya, lumayan beragam. Dan yang terpenting, mereka menawarkan buku-buku tersebut dengan harga terjangkau.

Jadi, selamat berbelanja!

Ingin membaca artikel seperti ini? Klik Beli Buku Bekas di Pasar Kenari.