Kulit kusam bisa disebabkan oleh beragam hal. Mulai dari perawatan kulit yang salah, polusi udara, kelelahan, kurang olahraga, kurang tidur, dan pengaruh pola hidup yang tidak sehat. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara mencerahkan kulit kusam yang mudah dilakukan.

Perawatan mengatasi kulit kusam di klinik kecantikan mudah ditemukan. Namun, jika Anda tidak memiliki dana lebih, tak perlu risau dan memaksakan diri. Anda dapat melakukan cara-cara sederhana, termasuk memanfaatkan bahan-bahan alami, untuk mengatasi kulit kusam.



Cara Mengatasi Kulit Kusam:

Untuk mengatasi kulit kusam ada beberapa perawatan sederhana yang mudah dilakukan, sehingga kulit akan nampak lebih cerah:

1. Rutin membersihkan wajah

Untuk mengatasi kulit kusam, hal pertama yang harus dilakukan adalah rutin membersihkan wajah. Anda disarankan untuk membersihkan wajah sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu pada pagi dan malam sebelum tidur. Agar sisa kotoran yang menempel di kulit benar-benar terangkat, jangan lupa untuk mengaplikasikan toner.

2. Gunakan pelembap sesuai jenis kulit

Setelah wajah sudah benar-benar bersih, jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembap. Namun jangan sembarang memilih, pastikan Anda menggunakan pelembap sesuai dengan jenis kulit
Bagi yang memiliki kulit kering, pilih pelembap yang mengandung asam hialuronat, dimetikon, gliserin, dan lanolin. Untuk Anda yang memiliki kulit berminyak, disarankan memakai pelembap wajah yang berlabel nonkomedogenik. Sementara bagi yang memiliki kult sensitif, pilih pelembap wajah yang hipoalergenik dan bebas pewangi karena lebih “ramah” di kulit.

3. Pakai masker alami

Menggunakan masker secara rutin mampu membuat tampilan kulit kusam terlihat lebih cerah. Ada beragam bahan alami yang bisa Anda manfaatkan sebagai masker wajah, seperti:

Pepaya
Masker yang terbuat dari campuran buah pepaya dan nanas mampu mengangkat kulit kering dan kulit mati penyebab kulit kusam. Jika Anda rutin melakukan perawatan ini sekali dalam seminggu, maka kulit akan terlihat lebih cerah dan bercahaya.
Untuk membuat masker ini, mencampurkan 1 sendok teh jus nanas segar ke dalam ¼ cangkir pepaya mentah yang telah dihaluskan. Aduk hingga keduanya tercampur rata lalu aplikasikan ke wajah dan leher selama 15-20 menit.

Putih telur
Putih telur juga bisa dijadikan sebagai bahan alami mencerahkan kulit kusam. Cara memanfaatkan putih telur sebagai masker cukup mudah. Kocok putih telur hingga mengembang dan oleskan secara merata ke kulit wajah. Tunggu sampai kering lalu bilas dengan air.

Kunyit
Bahan alami berikutnya yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kulit kusam adalah kunyit. Kunyit mengandung antioksidan dan antiinflamasi sehingga dapat membuat tampilan kulit terlihat lebih kenyal, cerah, dan bercahaya.
Untuk mendapatkan manfaat kunyit ini, campurkan 1 sendok teh kunyit dengan 1 sendok teh madu dan 1 sendok makan yoghurt. Aduk hingga tercampur sempurna dan aplikasikan ke wajah selama 15 menit dan bilas dengan air bersih.

4. Lakukan eksfoliasi

Tak hanya menggunakan masker, Anda juga disarankan untuk melakukan eksfoliasi wajah secara rutin. Eksfoliasi wajah akan mengangkat sel kulit mati, mencerahkan kulit, menyamarkan garis kerutan dan mencegah pori-pori tersumbat.

Anda yang memiliki kulit normal cenderung kering, disarankan untuk melakukan eksfoliasi 1-2 kali dalam seminggu. Sementara itu, untuk kulit kombinasi dan berminyak, eksfoliasi bisa dilakukan sebanyak 3-4 kali dalam seminggu.


Mellydia memahami jika sepanjang waktu wajah kita membutuhkan nutrisi agar mampu mengembalikan keremajaan kulit wajah. Rangkaian perawatan lengkap untuk hasil kulit Glowing dan bebas bekas jerawat, dan flek hitam. Cocok digunakan semua tipe kulit.

Manfaat:
- Membantu meminimalisir resiko  terbakarnya kulit akibat sengatan sinar matahari
- Menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit
- Membantu menjaga dan membuat kulit tetap lembab
- Membantu memperlambat penuaan dini seperti timbulnya garis halus dan kerutan
- Membantu menutrisi dan meredakan masalah kulit seperti jerawat, bekas jerawat, bruntusan dan flek hitam.
- Membantu proses penyembuhan jerawat dan meminimalisir bekas luka akibat jerawat
- Membersihkan kotoran sisa makeup dan debu sampai ke dalam pori-pori
- Membantu mencerahkan kulit secara alami

Terdiri Dari Mellydia:
- Day Cream
- Night Cream
- Facial Foam
- Whitening Serum



Semua keperluan untuk menjadikan kulit wajah menjadi putih & mulus dapat terpenuhi dalam satu rangkaian Skincare Premium dengan harga yang terjangkau. Produk ini telah mendapat sertifikasi BPOM dan MUI (Halal), sehingga sangat aman digunakan tanpa efek samping berbahaya.Tertarik, bisa dapatkan di marketplace ini :

Lazada klik disini
Tokopedia klik disini
Shopee klik disini
Bukalapak klik disini
Jdid klik disini

Chat Whatsapp Dengan Tim Kecantikan Mellydia

Nindy = 0823-8712-0808
Rike = 0852-1656-1500

Klik whatsapp di atas untuk layanan konsultasi dan pembelian COD

Itulah 5 manfaat merawat wajah menggunakan serum. Lakukan cara tersebut secara rutin setiap hari untuk menjaga kesehatan kulit wajah Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi siapa saja yang telah mencoba dan mempraktekannya.