Membersihkan telinga merupakan salah satu hal yang wajib untuk dilakukan. Banyak orang yang kebingungan dengan cara membersihkan telinga karena bilang menggunakan cuttonbad merupakan hal yang salah, karena akan membuat kotoran tersebut semakin masuk ke dalam. Akan tetapi dari sisi lain kotoran telinga juga berfungsi untuk menghalangi debu dan partikel kecil lainnya agar tidak mengganggu pada gendang telinga.

Selain itu kotoran telinga juga berfungsi sebagai lapisan yang melindungi kulit saluran telinga dari air. Tanpa adanya kotoran telinga kulit bisa menjadi kering dan rentan sekali terkena infeksi. Yang penting kalian ketahui ialah bahwa sebenarnya telinga memiliki mekanisme pembersihan secara sendiri dengan melalui gerakan rahang seperti saat mengunyah atau melalui proses pengelupasan kulit. Kotoran telinga akan membawa debu dan benda asing yang ada pada saluran telinga.

Akan tetapi bila terjadi penyumbatan pada kotoran telinga yang diakibatkan bebeapa macam hal yang bisa memicu penyumbatan tersebut maka kalian perlu membersihkannya dengan beberapa metode yang harus kalian ketahui.

1 . Lakukan pembersihan dengan menggunakan obat tetes telinga yang dapat dibeli bebas. Hal tersebut akan memudahkan kotoran telinga keluar, akan tetapi kalian perlu menyamakan dosis dan cara pemakian. Teteskan obat tersebut ke dalam telinga dengan memiringkan kepala Anda agar telinga tersebut berada pada posisi diatas. Setelah itu tunggu hingga 3 menit dan keluar kambali dengan cara memirikan kepala sehingga telinga berada di bawah.

2. Untuk metode selanjutnya menggunakan syringe yang berbentuk bulat yang bisa menyemprotkan air hangat ke dalam telinga. Untuk mencegah rasa pusing, gunakan air hangat.  Untuk metode ini tidak diperbolehkan pada orang yang memiliki lubang pada gendang telinga.

3. Untuk metode yang ke tiga ini menggunakan ear candle hingga saat ini tidak merekomendasikan karena dapat menimbulkan cedera pada telinga. Seperti terbakarnya saluran telinga atau telinga bagian luar, serta mengakibatkan lubang pada gendang telinga.