- Mengganggu fungsi ginjal
Fungsi ginjal pada tubuh akan terganggu bila kekurangan minum terutama air putih. Fungsi air putih tersebut akan sangat baik bagi kesehatan ginjal karena mencegah pembentukan batu ginjal dan membuat batu ginjal luruh bersama urine. 

- Menyebabkan infeksi kandung kemih
Akibat kurang minum air putih selanjutnya adalah dapat menyebabkan infeksi kandung kemih. Karena kurang minum air putih, bakteri dalam kandung kemih akan sulit dikeluarkan. Hal ini akan menyebabkan kandung kemih rentan terhadap infeksi. Gejala infeksi kandung kemih yaitu nyeri saat buang air kecil, demam dan juga mungkin terdapat darah dalam urine. Mengonsumsi air putih yang cukup setiap harinya dapat membantu bakteri keluar dari saluran kandung kemih. Sehingga mengurangi resiko infeksi pada jaringan tersebut.

- Mengganggu fungsi otak
Kurangnya air pada tubuh kita akan menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi dapat membahayakan otak kita karena kekurangan cairan dapat menyebabkan cairan yang ada di otak menurun dan asupan oksigen yang menuju ke otak pun berkurang. Sehingga hal ini dapat membuat otak tidak berkembang dan tidak aktif.

- Membuat kulit kusam
Selain berguna untuk kesehatan, air putih juga sangat bermanfaat bagi kecantikan kulit. Jika seseorang kurang minum air putih, kulitnya akan tampak kusam. Ini dikarenakan aliran darah kapiler di kulit tidak berlangsung secara maksimal. Selain itu, kekuarangan air dapat mengakibatkan penurunan kondisi kulit, dimana resistensi serta fungsi enzim tidak dapat bekerja maksimal. Hal ini membuat struktur lapisan kulit luar menjadi buruk serta menyebabkan kulit kasar.

- Masalah pencernaan
Akibat kurang minum air putih selanjutnya adalah terjadi masalah pencernaan. Saluran pencernaan merupakan sistem organ tubuh yang kompleks dan memerlukan banyak air untuk membantu mencerna makanan. Beberapa masalah yang sering dialami karena kurang minum air putih adalah perut menjadi mulas dan terjadi sembelit. Perlu Anda ketahui bahwa lapisan dinding perut terdiri dari 98% air serta mengandung bikarbonat agar terhindar dari asam lambung. Lapisan tersebut harus tebal setiap saat agar masalah perut tidak muncul. Di sini air berfungsi untuk mempertahankan ketebalan lapisan pada lambung. Jika tubuh kekurangan air maka lapisan ini akan menipis dan akan terjadi kerusakan.

- Radang sendi
Tulang rawan pada persendian terdiri dari 80% air. Tulang ini memiliki permukaan yang halus sehingga untuk mempermudah tubuh melakukan pergerakan dibutuhkan air yang cukup di dalam tubuh. Air berfungsi sebagai pelumas, dan jika hal tersebut berkurang maka fungsionalitasnya juga berkurang dan mengarah timbulnya arthritis.

- Tekanan darah tinggi
Kekurangan air di dalam tubuh menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Ini karena beberapa pembuluh kapiler menutup, sehingga mengakibatkan pembatasan pergerakan darah. Selain itu, akibat kurang minum air putih juga membuat jantung akan berusaha lebih keras dalam memompa darah. Cairan yang ada di dalam pembuluh darah akan mengkompensasi kurangnya air di kapiler. Untuk itu dengan mengonsumsi air putih yang cukup dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah.

Baca juga : Manfaat daun pandan untuk wajah 
                   Manfaat kecantikan dari buah bit 
                   Kurangi makanan ini untuk detox wajah berjerawat
sumber : https://lingshenyao.id