tips makan sehat cerdas ala milenial
(ketika ekspresiku di tegur karena terlalu banyak minum boba. Dokpri)

 "Kak, kamu itu lho kurang-kurangin makanan ga sehat kayak boba-boba itu"

Me:"Gapapa kok mah, asal takarannya ga berlebihan, aku tetep kok makan sehat"
Makan sehat cerdas ala milenial - Melihat percakapan antara ibu dan anak diatas langsung refleksi banget kalo orang tua jaman now ini udah makin worry sama gaya dan juga pola makan dari para milenial.

Tentu banyak sekali tanggapan para orang tua yang ketika masuknya kemudahan dalam memesan makanan tanpa perlu kita keluar rumah dengan memilih berbagai macam pilihan hanya dengan scroll-scroll saja, sudah membuat mereka mempertanyakan apakah makanan tersebut berkualitas dan sehat.

Kebiasaan milenial jajan dan icip-icip makanan kekinian

Aku juga termasuk yang suka sekali jajan-jajan dan icip-icip makanan kekinian yang makin menjamur di beberapa tahun ke belakang ini dan mungkin berlangsung sampai beberapa tahun ke depan, karena bisnis kuliner sungguhlah menjanjikan. 

Apalagi dengan pesatnya arus informasi dan canggihnya sosial media yang menyebarluaskan informasi lokasi mana aja yang ada makanan atau minuman kekinian yang enak dan ramai, pasti deh bakal kepengen untuk kita kunjungi.  Dengan datang, lalu makanan tiba di meja, kebanyakan tidak langsung mencobanya, namun akan berfoto dulu lalu mengunggahnya di social media.

Pengalaman jajan dan icip-icip makanan kekinian

tips makan sehat cerdas ala milenial
(Jangan lupa selalu cek KLIK saat jajan/icip-icip. Dokpri)

Begitulah kenyataannya perkembangan makanan di era berteknologi yang semakin canggih ini. Dan aku mau bercerita pengalaman jajan dan icip-icip makanan kekinian selain membuat kantong menipis, karena harganya apalagi sudah tergiur oleh promo cashback. 

Waktu itu aku merasa tiba-tiba bagian wajahku mengembung alias lebih tembam dan kulitku jadi lebih mudah tekena jerawat. Akhirnya aku sadar, bahwa kondisi pola makan yang seperti itu sangatlah tidak baik jika diteruskan dan dijadikan sebagai habit. Padahal kita bisa upayakan lho untuk bisa makan sehat cerdas dengan 5 tips berikut ini untuk para kaum milenial yang suka sama jajanan kekinian.

1. Jangan tinggalkan sarapan
 Nah ini penting banget untuk tetap mengupayakan sarapan ya gengs. Karena sarapan dapat mencegah kita buat makan-makanan seperti gorengan.

2. Perbanyak Minum Air Putih
Boleh saja jajan, tapi asupan akan air putih ini wajib banget ya guys. Karena penting banget air mineral ini untuk mencegah dehidrasi di tubuh kita ini.

3. Cegah makanan yang rendah gizi
Tentu dengan icip-icip jajanan kekinian itu resiko kita memasukkan makanan ke dalam tubuh kita yang rendah gizi lebih besar ya. Dan yang pentingnya adalah tidak berlebihan dan jangan sering-sering aja ya.

4. Kosnumsi Buah dan Sayur
Ini dia, kalo aku pernah dengar, bahwa memakan satu buah apel setiap harinya, dapat mencegah kita untuk pergi-pergi ke dokter lho. Artinya memang peran sayur dan buah ini penting banget ya.

5.  Rajin berolahraga dan jangan mager
Noted to my self juga yang masih suka mager dan malas untuk melakukan aktivitas fisik dalam keseharian, itu berasa banget ke tubuh karena keringat akibat aktivitas tubuh itu juga sebagai bentuk detoksifikasi.

Our Actions Are Our Future dengan Ngobrol Asyik Bareng Milenial

tips makan sehat cerdas ala milenial
(persembahan lomba yel-yel dari perwakilan SMA. Dokpri)

Happy banget sewaktu bisa menghadiri ngobrol asyik bareng milenial tentang makan sehat cerdas bersama Badan POM dan tepat banget di tanggal 16 Oktober lalu, diperingati sebagai hari pangan nasional.

Dalam kesempatan ini juga diajak bersama-sama untuk semakin aware tentang issue-issue mengenai kelaparan yang melanda beberapa daerah dan juga dunia (stunting) dan juga kualitas dari pangan mulai dari distribusi yang terjamin gizi serta pola hidup yang sehat dan berkualitas.

Yang menjadi sasaran pemberian informasi mengenai makan sehat cerdas ini memang kepada kaum milenial yang sebagai triggered dalam menjadikan bangsa dan negara dengan kualitas SDM yang maju dan unggul. Oleh sebab itu, hadir juga ibu DR. Ir. Penny K. Lukito, MCP (Kepala Badan POM) mengatakan bahwa:

"Masalah pangan yang paling disoroti dari keamanan adalah kontaminasi. Meyakinkan proses produksi hingga distribusi dan jangan sampai ketika tiba di tangan kita hilang nutrisi dan juga gizinya"
Dalam concern kali ini, keadaan kelaparan di berbagai dunia telah menjadi sorotan tersendiri serta kasus akan obesitas yang membuat beberapa warga daerah perkotaan terkena dampaknya. Apalagi mereka terindikasi tidak mengatur asupan GGL (Garam Gula Lemak) yang masuk dalam tubuh serta tidak mengolah tubuhnya dengan aktivitas fisik.

Boleh saja makan kekinian asal sesuai batas dan tetap perhatikan ADEKUAT

tips makan sehat cerdas ala milenial
(Bapak Purwiyatno dan Ibu Penny. Dokpri)

Bersama dengan Prof. Dr. Ir. Purwiyatno Hariyadi (Guru Besar Teknologi Pangan IPB) memberikan arahan kepada yang hadir disana adalah siswa-siswa SMA yang memang para generasi milenial untuk cerdas dalam memilih makanan apa yang masuk dalam tubuh seperti tidak hanya murah, tidak hanya promo saja, tapi penuhi dengan gizi dan juga kaya akan nutrisi makro dan mikro nya.

tips makan sehat cerdas ala milenial
(Ibu Penny berulang tahun saat event ngobrol bareng milenial kemarin. Dokpri)


Ibu Penny juga menambahkan bahwa sebagai kaum milenial, sudah pasti harus lebih teliti dan tidak mudah terserang oleh berita hoax apalagi jika hubungannya dengan makanan. Berpikir kritis sebelum membeli dan menyantap makanan adalah ciri-ciri dari makan sehat cerdas ala milenial. Bahwa dalam hal ini ada 3 aspek keamanan bagi pangan itu sendiri yaitu:

  • Aspek stunting, hubungannya adalah bagaimana seorang ibu hamil mempersiapkan 1000 hari pertama kehamilannya untuk tumbuh dan kembang anaknya
  • Aspek kontaminasi keracunan, dalam hal ini tidak hanya konsumen yang cerdas, namun seluruh masyarakt termasuk para pedagang dari pangan itu sendiri
  • Aspek distribusi pangan secara online, dalam hal ini yang harus diperhatikan apakah makanan dalam kemasan tersebut ketika sampai pada konsumen gizi dan nutrisinya masih utuh atau tidak.
 
tips makan sehat cerdas ala milenial
(Para milenial yang berhasil menjawab pertanyaan seputar makan cerdas sehat. Dokpri)
Selain itu ada pesan keamanan pangan untuk kita semua dari Badan POM selain tetap cek KLIK sebelum membeli makanan:
  • santap pangan begitu dihidangkan
  • simpan pangan hewani pada suhu di bawah 5 derajat celcius
  • panaskan makanan kalengan hingga 80 derajat celcius
  • pastikan mencuci peralatn masak dengan benar
  • cuci pangan dengan air matang
  • jaga kebersihan dan diri sendiri saat mengolah pangan
  • konsumsi produk pangan dengan aman
  • hindari kontak langsung dengan pangan matang
  • masaklah pangan hingga matang sempurna
  • simpan seafood dalam keadaan beku
  • jaga higiene perorangan dengan baik
Nah bagaimana nih kaum milenial, udah lumayan terbuka yaa bagaimana sih kita-kita ini sebagai generasi penerus bangsa yang tentu harus sehat, cerdas dengan asupan makanan yang baik dan juga berkualitas, jadi jangan asal-asal beli apalagi ketika ada promo yang bertebaran ya!