Indonesia Kiblat Fashion Muslim Dunia
(Hadir dalam inagurasi MOFP by Kemenperin. Dokpri)

"Dys aku ingin deh pake hijab dan jujur aja fashion muslim saat ini tuh kok bagus dan cantik-cantik ya"

Me:"Wah, alhamdulillah, yuk yuk berhijab dan memang fashion muslim saat ini sedang berkembang pesat dan memang sedang diusahakan Indonesia itu sebagai kiblat fashion muslum di dunia lho"

"Masya Allah, semoga ya setelah ini aku bisa nerhijab dan bukan karena memang fashion muslim yang trendy dan alasan itulah aku ingin berhijab"

Me:"Eh gapapa lho, karean ada banyak alasan seseorang untuk suka dan jatuh cinta. Begitu juga dengan Islam. Semangat ya"

Indonesia kiblat fashion muslim dunia - Percakapan dengan temanku yang sangat kagum terhadap perkembangan fashion muslim di dunia terutama Indonesa kiblat fashion muslim dunia nanti. Karena Indonesia dengan populasi muslim terbanyak di dunia, bukan hal yang mengherankan lagi bahwa pertumbuhan fashion muslim sangat berkembang dengan kelahiran designer-designer muda berbakat dengan karya-karyanya yang patut kita acungi jempol.

Tentang fashion muslim di Indonesia

Indonesia Kiblat Fashion Muslim Dunia
(Fashion muslim Indonesia. Dokpri)

Pertama kali aku kagum dengan karya-karya dari designer fashion muslimah di Indonesia adalah Dian Pelangi, Ria Miranda salah satunya sempat membuat aku tidak bisa tidur ketika hadir dalam trunk show peragaan busana muslim mereka. 

Sampai saat ini, merekalah yang mengharumkan nama bangsa di kancah Internasional dengan pengenalan fashion muslim di beberapa belahan dunia dan perlahan Islam pun mudah diterima karena dikenal dengan busana yang tidak selalu tertutup (masih perlahan-lahan) yang bisa dimulai dengan turban.

Dan teman-temanku yang pernah membeli karya mereka sangat apresiasi mulai dari pemilihan bahan, tema akan fashion itu sendiri, dan masuk dalam karakter bangsa Indonesia dan tak lupa adalah saat dipakai begitu nyaman dan juga tampilan menjadi lebih berbeda. 

Kemenperin Gelar MOFP 2019 (Modest Fashion Project) dan Launching ii-motion 2020

Indonesia Kiblat Fashion Muslim Dunia
(Penghargaan untuk Tenun Ulam Doyo Kutai Barat. Dokpri)

Siang itu, di lantai 3 FX Sudirman, pergelaran panggung road show beberapa karya dari para designer muda akan dihadirkan disini yang merupakan sebuah program dari Kemenperin itu sendiri dalam mendorong akan pertumbuhan industri fashion muslim agar Indonesia semakin mempersiapkan diri saat nanti menjadi pusat fashion muslim di dunia.

Hadir juga ibu Gati Wibawaningsih (Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian) mengatakan bahwa  MOFP 2019 ini merupakan tahun kedua yang sukses dilakukan dengan proses seleksi kompetisi design dan juga konsep bisnis untuk melahirkan sebuah lapangan pekerjaan baru berupa IKM Fashion Muslim yang mandiri dan tidak hanya bersaing dalam level lokal saja, namun bisa bersaing secara Internasional. 

Indonesia Kiblat Fashion Muslim Dunia
(Doc: Mba Diah Agustina)

MOFP 2019 ini diikuti oleh 319 peserta dari berbagai daerah seluruh Indoesia dengan total pengumpulan karya mereka sebanyak 1.914 karya. Dan dari panggung trunk show ini dihadirkan berbagai peragaan dari para finalis yang berhasil lolos pada MOFP 2019 ini yang paling aku suka adalah motif karya dari Dhiya Fajri Sadida yang casual tapi sangat rapi jika dipakai dalam waktu formal. Beberapa karya lain dari para designer Cita Qurbani, Yuafni, Dita Dwi Nitami, Arjun Doan Putra, Astika Aquilla.

Indonesia Kiblat Fashion Muslim Dunia
(Design yang paling aku suka. Dokpri)

Padaa Inagurasi MOFP 2019 ini juga ada penghargaan langsung dari Kemenperin akan Tenun Ulam Doyo, Tenun Doyo, Kutai Barat dan langsung diterima oleh pemerintah Kutai Barat. Teman-teman masih ada waktu untuk bisa melihat hasil karya-karya dari para designer ini dari tanggal 12-16 Nov 2019 yang semuanya menggunakan bahan Rayon dan semua peserta ini mendapat pelatihan serta diberikan fasilitasi izin usaha, Hak Kekayaan Intelektual (HKI) serta akses pasar.

Launching ii-motion 2020


Indonesia Kiblat Fashion Muslim Dunia
(Pameran untuk ii-motion 2020. Dokpri)

Lantai 1 FX Sudirman pada tanggal 9-11 April 2020 nanti akan ada ii-motion yang merupakan pameran tidak hanya soal fashion muslim saja, namun ada juga perkenalan dengan berbagai macam komoditi pangan seperti kopi dan gula palma untuk semakin dikenal di kancah internasional atau lebih dikenal dengan halal lifestyle.

Ibu Hati juga menjelaskan bahwa Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia yaitu mencapai 222 juta jiwa atau 87 persen dari total penduduk. Pada tahun 2030 sudah mampu diproyeksikan jumlahnya mencapai 238 juta jiwa. Sehingga tentunya, hal ini menjadi faktor utama dari demand akan industri fashion muslim nasional ini meningkat

Indonesia Kiblat Fashion Muslim Dunia
(Saat ii-motion. Dokpri)

The State of Global Islamic Economic Report menyatakan di tahun 202 tentang konsumsi fashion muslim dunia mencapai 270 miliar dolar AS dan pada tahun 2022 diproyeksikan konsumsi fashion muslim akan meningkat menjadi 373 miliar dolar AS.

Finalis dan pemenang dari MOFP ini akan dibina berupa pola bisnisnya, cutting, jahitannya dan mereka dianjurkan untuk gunakan produk lokal. Selain itu juga ibu Gati menjelaskan bahwa bentuk dari bimbingan teknis dan peningkatan capacity building bagi para pelaku IKM fashion muslim, bimbingan dan sertifikasi SKKNI pakaian jadi, pembuatan platform clothing line sebagai implementasi industri 4.0 serta uji coba pasar dalam dan luar negeri. 


Para designer yang telah berkiprah di industri fashion muslim selama 25 tahun pun menjelaskan mengenai efek dari ii-motion ini sudah beralih dari private order menuju ready to wear. Dan modest fashion yg bisa digunakan sebagai busana muslim, tahun ini jadi ke-2 nomor satu masih Turki dalam jangka waktu 1 tahun. Karena binaan banyak, cara daripada MOFP ini akan diaplikasikan pada komunitas-komunitas, yang mampu menilai dirinya naik kelas atau tidak dengan harapan tentu para designer ini mampu terus upgrade skill dan juga ilmunya. 




Indonesia Kiblat Fashion Muslim Dunia
(Menghadiri MOFP. Dok: Koleksi pribadi)