Sebagai pengguna setia produk perawatan wajah dan tubuh dari PT. Unilever Indonesia (Fair & Lovely, Citra, Vaseline, Pond’s, Lifebuoy, Dove, Pepsodent, dll), saya akan senang sekali jika ada produk make-up juga karena harga produk Unilever, biasanya terjangkau, bahkan untuk anak sekolah.



Cari punya cari, akhirnya saya menemukan review produk Fair & Lovely BB Cream dari salah seorang Youtuber asal India, yang mungkin berdomisili di luar India, dengan kulit khas perempuan India, yang barangkali tak jauh berbeda dengan kulit khas perempuan Indonesia, seperti saya. Saya terkejut juga, dengan reaksinya, di mana BB Cream Fair & Lovely ini, terlalu terang untuk kulitnya, tentu perempuan India pada umumnya, bukan aktris Bollywood.

Sejak setelah menonton tayangan tersebut, saya jadi semakin penasaran, apa yang membuatnya bereaksi negatif? Apalagi krim pencerahnya, sudah saya pakai sebagai moisturizer sehari-hari, seperti yang sudah saya tuliskan di sini.

Ya karena saya penasaran, saya cari-cari terus selama beberapa bulan ini, sampai akhirnya beberapa hari yang lalu, akhirnya saya temukan.

Berikut yang dapat saya tuliskan untuk produk ini.

Kemasan

Dilihat dari kemasan kotaknya, tentu Fair & Lovely BB Cream ini didominasi warna cokelat foundation, putih, pink serta hitam, dengan tulisan (font) khas nama produk Fair & Lovely di atas dan depan produk. Namun karena ini disebutkan BB Cream, ditulislah BB Cream, yang dilengkapi tulisan cerah seketika seperti memakai make up, dengan SPF 15. Tak lupa, dua wajah perempuan dan tulisan Foundation + Krim Pencerah.

Pada tampak samping kiri, terdapat beragam ingredients produk ini, yang diproduksi oleh PT Unilever Indonesia Tbk – Indonesia. Dikemas – PT Mitra Eramandiri – Indonesia. Semetara, untuk distribusi, PT Unilever Indonesia Tbk, Jl. BSD Boulevard Barat Green Office Park Kav. 3 BSD City, Tangerang 15345, Indonesia. Selain itu, ada nomor untuk suara konsumen, logo buang sampah, logo PAP, logo Unilever, juga label halal MUI serta nomor produksi.

Beralih ke tampak belakang, tertulis kegunaan produk dan gambar demo pemakaian, di mana ada seorang perempuan, sebelah wajahnya menggunakan produk ini, dan sebelahnya tidak. Digambarkan, yang setelah pemakaian, lebih cerah, dengan narasi & Lovely BB Cream membuat kamu terlihat cantik seketika dengan hasil seperti memakai make-up.



Pada samping kanan, tertulis lagi nama produk dengan tulisan berwarna merah jamu, di mana menyebutkan Fair &Lovely BB Cream merupakan produk ahli yang menggabungkan foundation dengan krim pencerah multivitamin, dengan kegunaanny yang akan saya sebutkan di bawah. Selanjutnya hanya ada gambar krimnya. Sedikit ke bawah, terdapat cara penggunaan. Sementara itu, untuk tanggal kadaluarsa, terdapat di bagian bawah kotak produk seberat 30 gram ini.

Tekstur, Warna dan Aroma

Fair & Lovely BB Cream ini, bertekstur krim seperti BB Cream pada umumnya. Tapi kalau saya perhatikan, tekstur krimnya ini, lebih ke powder cream seperti krim pencerahnya yang sudah saya tuliskan sebelumnya. Seperti yang sudah saya tuliskan, warnanya hanya dapat diperhatikan pada gambarnya, menurut penglihatan saya, cokelat terang, atau mungkin fair, ivory atau apa, saya juga tak tahu, karena tak ada tulisannya. Sejauh yang saya temukan, shadenya hanya ini. Mengenai aroma, tak ada bedanya dengan produk krim pencerahnya.

Kegunaan Produk 

Membuat wajah tampak cerah seketika.

Menyamarkan noda hitam.

Kulit wajah cerah merata.

Perlindungan terhadap sinar UV.

Matte, tampak  bebas minyak.
-

Cara Penggunaan

Seperti imbauan pada kemasannya, gunakan BB Cream seujung jari di area kulit wajah dan leher yang sudah dibersihkan. Ratakan dengan lembut dengan menggunakan jari.

Yang Saya Lakukan

Pertama sekali saya menggunakan produk ini, sesuai arahannya yaitu ke wajah yang sudah dibersihkan. Baik, langsung saya pakai, dengan menggunakan jari. Oles punya oles, tampak tidak merata, juga pecah. Lalu, di satu bagian tebal, di bagian lain, tipis. Tak lupa, susah merata, karena barangkali, powder cream (krim pencerahnya), sudah bereaksi.

Kalau pada kegunaan disebutkan wajah tampak cerah seketika dan matte, saya setuju. Tapi saya masih bingung dengan hasilnya. Kenapa tidak merata? Barangkali, mesti saya gunakan beauty blender. Hasilnya, sama saja. Percobaan pertama, menurut saya, gagal.

Selanjutnya, sebelum saya memakai produk ini, saya gunakan skin care saya seperti biasa. Tak lupa, saya campur Fair & Lovely BB Cream ini, dengan melebihkan moisturizer. Pikir saya agar tak cepat kering, supaya lebih mudah di-blend Fair & Lovely BB Creamnya.

Masih tak menyerah dan penasaran, saya gunakan jari lagi kali ini. Blend, blend, blend, sedikit menolong, meski tak rata. Lalu saya gunakan puff yang sudah dicuci bersih dari salah satu Cushion. Nah, pakai puff cushion ini, lebih enak diratakan, tapi tidak seperti laiknya foundation. Cracknya lebih cepat, walau memang hasilnya matte. Beruntung saya memiliki satu foundation Dewy Finish, yang akhirnya saya timpa di atas Fair & Lovely BB Cream ini, yang akhirnya dapat meratakan seluruh wajah. Hasil akhirnya, tidak dewy seperti bawaan foundationnya, tapi tetap matte seperti narasi awal produk Fair & Lovely BB Cream ini.

Bagaimana Hasilnya?

Setelah dipakai beberapa jam, minyak yang keluar tetap ada, tapi tak terlalu banyak, diserap dengan kertas minyak, juga akan bagus kembali make-up kita. Yang menurut saya juga baik, tak memberikan saya jerawat baru dan iritasi kulit lainnya. Efek mattenya benar-benar terasa.

Harga? Jualnya di mana?

Produk ini saya beli di Lazada dengan harga diskon. Tapi kalau harga aslinya Rp 41.500. Mungkin, di mini market juga sudah ada, tapi saya belum cek.

Kesimpulan

Menjawab pertanyaan saya sendiri di atas, Fair & Lovely BB Cream yang katanya memiliki kandungan foundation + krim pencerah, kesimpulannya:

Untuk kandungan foundationnya sendiri,  yang saya rasakan, masih kurang. Mau dibilang BB Cream, belum pas menurut saya, karena BB Cream biasanya, tak langsung matte. Produk ini, seperti krim pencerahnya sebelumnya, namun dengan krim berwarna cokelat terang.

Memang setelah di-apply,l wajah tampak cerah dan terasa sejuk, tapi kalau dibilang BB Cream, belum cocok. Menurut saya, cocoknya, ini merupakan krim pencerah, yang biasanya dipakai sebelum foundation. Bisa juga melembabkan kulit, sebelum memakai foundation, dengan pemakaian secepatnya setelah dioles ke satu bagian wajah, sebaiknya jangan dibiarkan lama, takutnya langsung ter-set, sebelum diratakan.

Kalau disebutkan dapat menyamarkan noda hitam, saya setuju, karena sekali oles dan diratakan, noda hitam saya agak tertutupi. Dengan kandungan SPF 15, barangkali sudah cukup baik. Tapi buat yang lebih banyak berada di luar ruangan, sebaiknya tambah krim SPF terpisah juga.

Jadi, produk ini akan tetap saya gunakan, tapi tak sendiri sebagai foundation/BB Cream, melainkan sebagai moisturizer, sebelum memakai foundation dan bedak.

Saran saya, lebih baik, kedepannya, produknya hanya disebutkan BB Cream atau sekalian foundation, tak usah dicampur krim pencerah. 

Salam,
Auda Zaschkya