Donat kentang kali ini harus anda coba, sebab rasanya lezat dengan topping cokelat yang melengkapi. Ketika mencobanya dijamin anda dan keluarga akan ketagihan. Selain itu, resep donat kentang dan cara membuatnya sederhana. Dengan panduan resep yang kami berikan ini tidak akan membuat anda kesulitan saat membuatnya di dapur.

Ingin tahu resep donat kentang topping cokelat dan cara membuatnya? Untuk mengetahuinya anda bisa simak pada pembahasan di bawah ini.

Bahan Utama yang Dibutuhkan Untuk Membuat Donat Kentang

200 gram kentang kukus
150 ml susu cair dingin
100 gram mentega tawar yang sudah dilelehkan
500 gram tepung terigu protein tinggi
50 gram gula pasir
1 bungkus ragi instan
1 sdt garam
1 putih telur
3 kuning telur
Minyak goreng

Bahan Topping Donat

100 gram rice crsipi atau meises sesuai selera
100 gram dark cooking chocolate yang telah dilelehkan

Cara Membuat Adonan Donat Kentang

1. Setelah semua bahan siap, anda bisa langsung membuat adonan donat kentang. Silakan sediakan wadah yang akan anda gunakan untuk membuat adonan. Lalu masukan beberapa bahan-bahan seperti misalkan tepung terigu, ragi instan dan gula pasir. Aduk-aduk semua bahan-bahan tersebut hingga tercampur merata.
2. Selanjutnya silakan tambahkan bahan yang lainnya seperti putih telur, kuning telur beserta susu dingin sedikit demi sedikit sambil anda uleni adonan hingga kalis.
3. Setelah itu, silakan masukan garam dan mentega tawar. Uleni adonan hingga elastis. Jika sudah seperti itu, diamkan adonan selama 15 menit.
4. Langkah berikutnya yaitu, silakan timbang adonan masing-masing sebanyak 40 gram.  Lalu anda bisa membentuknya menjadi bulat. Diamkan lagi adonan selama 10 menit.
5. Kemudian adonan dibentuk bulat pipih dan bagian tengahnya silakan lubangi.
6. Siapkan loyang, lalu taburi di atasnya dengan menggunakan tepung terigu secukupnya saja. Lalu simpan adonan yang sudah dibentuk di dalam loyang tersebut. Diamkan lagi selama 30 menit hingga donat menjadi mengembang.

Cara Menggoreng Donat

1. Jika donat sudah mengembang, anda bisa menggoreng donat.
2. Silakan sediakan wajan yang akan anda gunakan untuk menggoreng donat. Lalu masukan minyak goreng ke dalamnya. Panaskan minyak goreng.
3. Jika minyak goreng sudah panas, silakan masukan donat ke dalam wajan dan goreng donat hingga matang dan berubah warna menjadi kecoklatan. Goreng donat dengan menggunakan api sedang.
4. Setelah donat matang, anda bisa mengangkat donat dan meniriskannya terlebih dahulu.
5. Selanjutnya silakan bagian atas donat dicelupkan ke dalam dark cooking chocolate yang sebelumnya sudah anda lelehkan. Lalu di atasnya taburkan rice crispy.
6. Terakhir anda bisa menyajikannya pada tempat saji yang sudah anda sediakan dan sajikan untuk keluarga tercinta di rumah.

Donat kentang dengan topping cokelat spesial sudah selesai dibuat. Lembutnya donat berpadu dengan cokelat akan begitu memanjakan lidah. Nah, setelah mengetahui resep donat di atas, kini untuk menikmati donat cokelat anda tidak usah membelinya karena anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan panduan resep seperti yang sudah kami jelaskan di atas.
Itulah resep donat kentang topping cokelat yang lembut. Selamat mencoba.