Lembut dan enak, itulah yang akan anda rasakan ketika menikmati bolu kukus moka. Rasanya yang khas akan membuat anda dan keluarga ketagihan. Yuk buat di rumah, simak resep bolu kukus moka dan cara membuatnya di bawah ini.

Bahan Utama yang Dibutuhkan Untuk Membuat Bolu Kukus

275 gram tepung terigu protein sedang
50 gram cokelat keping kecil
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt moka pasta
2 butir telur
200 gram gula pasir
225 ml minuman bersoda tawar
1/2 sdm emulsifier

Cara Membuat Adonan Bolu Kukus Moka

1. Pertama-tama, silakan ambil wadah yang akan anda gunakan untuk membuat adonan. Ambil wadah berukuran cukup besar agar lebih mudah saat membuat adonan.
2 Kemudian masukan beberapa bahan yang sudah disiapkan seperti misalkan gula pasir, telur dan emulsifier. Kocok semua bahan tersebut kurang lebih selama 10 menit hingga adonan menjadi kaku.
3. Jika sudah seperti itu, silakan masukan baking powder dan tepung terigu bergantian dengan pasta moka dan soda tawar sambil anda ayak dan kocok hingga merata.
4. Langkah berikutnya, silakan tambahkan cokelat keping yang sudah anda sediakan. Aduk kembali hingga cokelat merata.

Cara Mengukus Bolu Kukus Moka

1. Silakan ambil cetakan bolu kukus yang sudah anda sediakan sebelumnya. Kemudian lapisi cetakan bolu kukus tersebut dengan dengan menggunakan kertas roti.
2. Lalu tuangkan adonan yang sudah anda buat ke dalam cetakan bolu kukus tersebut. Lakukan langkah yang sama hingga semua adonan habis.
3. Selanjutnya silakan siapkan alat untuk mengukus dan panaskan. Jika sudah panas, anda bisa mengukus adonan yang sudah dimasukan ke dalam cetakan dengan menggunakan api besar hingga matang atau selama kurang lebih 12 menit hingga bolu matang.
4. Jika bolu sudah matang dan merekah, anda bisa mengangkatnya.
5. Tunggu beberapa saat hingga sedikit dingin. Jika sudah seperti itu anda bisa menyajikannya pada tempat saji yang sudah anda sediakan.

Bolu kukus rasa moka yang lembut dan nikmat sudah selesai dibuat. Rasanya yang lezat tentu akan sangat memanjakan lidah. Anda bisa membuat sajian bolu kukus moka ini untuk acara-acara tertentu seperti arisan keluarga, hajatan ataupun sebagai cemilan untuk keluarga di rumah.

Penyebab Bolu Kukus Tidak Mengembang

Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan bolu kukus tidak mekar atau mengembang seperti berikut ini:

1. Sebagai pengembangnya biasanya bolu kukus menggunakan soda. Agar bolu kukus anda mekar dan cantik, sebaiknya jangan gunakan soda yang sebelumnya sudah dibuka lama. Anda harus memastikan soda baru dibuka ketika anda membuat adonan. Jika sudah dibuka terlalu lama soda biasanya cenderung cepat menguap akibatnya bolu kukus akan menjadi lebih sulit mekar.
2. Kukusan yang kurang panas juga dapat menyebabkan bolu kukus tidak mekar. Maka dari itu, anda harus memastikan kukusan sudah benar-benar panas ketika mulai mengukus bolu. Jika uap panasnya kurang, maka bolu kukus itu sendiri tidak akan mekar.
3. Terlalu banyak mengukus akan menyebabkan bolu kukus sulit mekar. Sekali mengukus bolu yang dimasukan harus sesuai. Anda harus memberi jarak antara bolu kukus yang satu dengan yang lainnya.
4. Ketika mengukus bolu, kukusan sebaiknya jangan dibuka. Jika di tengah-tengah mengukus anda membukanya justru akan menyebabkan uap hilang dan akhirnya bolu gagal mekar.
5. Selain itu, tidak meratanya uap dalam kukusan akan menyebabkan bolu kukus sulit mekar.

Itulah resep dan cara membuat bolu kukus rasa moka yang enak dan beberapa penyebab bolu tidak mekar yang harus anda ketahui agar bolu yang anda buat tidak gagal.