Lakukan ini ahar stressmu berkurang
Image : Visme

Stress adalah bagian dari kehidupan manusia dan semua orang pasti pernah mengalaminya. Meskipun stress adalah hal wajar, tapi pada kenyataannya masih banyak orang yang tidak bisa mengendalikan dan akhirnya stress naik tingkat menjadi depresi. Jika saat ini teman cantik sedang mengalami stress, cobalah praktekkan tigal hal berikut ini.

1. Olahraga.

Saat sedang berolahraga hormon endorfin atau yang biasa disebut hormon kebahagiaan meningkat dan mengurangi hormon kortisol yang memicu terjadinya stress. Itu sebabnya setelah berolahraga, biasanya tubuh kita terasa lebih fit dan juga pikiran rileks. (Olahraga betulan ya ... bukan yang hanya lari-lari kecil or ke gym terus lebih banyak berselfie ria timbang olahraganya).

2. Me time.

Ya ... me time lagi me time lagi! Mungkin ada yang berpikiran begitu. Me time ini bukan yang kita harus liburan ke Bali, atau ke luar negeri, shopping seabrek atau nongkrong di tempat mahal. Bukaaan! Bukan itu.

Me time adalah waktu yang kita habiskan untuk diri kita sendiri. Gak perlu lama-lama dan mahal kayak me time nya ala sosialita.

Baca juga: Me Time Bagi Ibu Rumah Tangga Sekaligus Pekerja, Mungkinkah?

Minum teh atau kopi sambil duduk dengan rileks, plus merendam kaki di ember berisi air hangat. Mmmm ... nyamannya. Ya, itu tadi adalah satu contoh me time yang murah meriah dan menjadi salah satu bentuk rasa terima kasih pada diri sendiri karena sudah bekerja keras selama ini.

3. Temukan seseorang untuk diajak cerita tentang penyebab stress yang dialami.

Menurut pengalaman pribadiku hal nomor 3 ini adalah hal yang paling sulit untuk dilakukan. Karena orang terdekat sekalipun seperti pasangan, seringnya tidak menyadari bahwa kita merasa stress, tertekan, dan tidak jarang juga saat kita bicara pada orang-orang terdekat, justru kita menjadi bahan tertawaan atau akan muncul perkataan seperti ini, "Oalah, itu mah masalah kecil. Ngapain dipikirkan? Kemarin aku habis dapat masalah lebih besar daripada itu, aku biasa aja tuh. Santai." ya. Mencari orang yang mau mendengarkan keluh kesah kita tanpa penghakiman adalah hal sulit.

Jika teman-teman sudah merasa melakukan apapun untuk mengurai rasa stress tapi kok justru stressnya makin bertambah, tidak ada salahnya kita meminta bantuan profesional.

Jangan takut, jangan malu untuk meminta bantuan. Please, kamu sangat berharga dan berhak untuk bahagia. Berikut aku sertakan video yang mudah-mudahan bisa menginspirasi kita semua.