Mengenai SEO sebenernya saya udah sering baca dari google. Teknik-tekniknya kaya mana dan apa pengaruh untuk blog kita. Ya kesimpulannya semakin baik penerapan SEO semakin baiklah prestasi blog tersebut.

Masalahnya… Praktek itu ngga seindah teori. SEO itu bagi saya adalah ilmu tingkat tinggi. Semakin dipelajarin malah semakin banyak yang ngga diketahui. Ibaratnya dari judul besar ada sub-sub judul yang beranak pinak. Makanya setiap kali belajar / praktek mengenai SEO yang ada semakin bingung. Mau nanya pun bingung, haha.

Beruntung Blog-M punya kelas khusus yang membahas mengenai SEO ini. Dibimbing oleh Bang Rudi Hartoyo salah satu Travel Blogger ngetop sekaligus praktisi SEO dari Blogger Medan.

Travel Blogger Medan
Rudi Hartoyo

Apa itu SEO

SEO (Search Engine Optimazion) menurut pendapat saya nih merupakan cara untuk membuat blog kita terindeks di pencarian (search engine) menjadi gampang terlihat, gampang dicari dan menjadi posisi teratas di mesin pencarian. Kira-kira begitu…

Jadi dengan penerapan teknik SEO yang baik semakin baguslah prestasi blognya. Bener ga sih?? Haha

SEO itu sendiri ada dua pembagian, diantaranya:

On Page

SEO On Page ini nih yang banyak menyumbangkan kepuyengan, haha. Karna bagian inilah kunci-kunci keberhasilan sebuah blog itu.

Apa-apa aja sih yang termasuk dalam SEO On Page ini?

Tittle Tags

Keywords

Alt Tag

Quality Content

Meta Description

H1 Tags

Penerapan untuk itu semua ada dipengaturan blog masing-masing. Ada beberapa yang bisa diterapkan diblog gratisan dan ada juga yang harus berbayar. Seperti template, Google Analytics dan juga google console.

Google Analytics merupakan fasilitas yang memungkinkan kita mengetahui statistik suatu blog. Berapa pengunjungnya, seperti apa kepuasan mereka, tulisan mana yang paling populer dan apa saja kelakuan pengunjung saat mereka masuk diblog tertentu.

Search Console ini sebuah tools untuk tahu seperti apa blog tersebut dimata mesin pencarian. Dari sini juga bisa diketahui ada broken link atau error dan segala plus minus dari sebuah blog.

Off Page

Yang Off Page ini lebih kepada perlakuan blog ke luar dari pengaturan blog itu sendiri. (ini apa sih maksudnya)?

Jadi kaya cara kita untuk memperkenalkan blog dengan cara di luar dari teknis-teknis tadi. Contohnya seperti

Blog Walking yang bisa dilakukan dengan saling mengunjungi blog-blog lain yang sejenis bisa juga ngga. lebih bagus lagi kalau meninggalkan komentar yang bagus beserta link blog kita di dalamnya. Hal ini memperbesar kemungkinan blog kita bertambah pengunjungnya. Disarankan untuk melakukan blog walking maksimal 10 blog per harinya.

Blog Forum bisa dilakukan dengan mengadakan kelas untuk membahas dan belajar tentang dunia blogging

Link Building adalah menyisipkan satu atau lebih link ke dalam satu tulisan. Hal ini bertujuan untuk memberikan referensi atau mengarahkan pembaca untuk membuka link tersebut. Dengan catatan semua tulisan tersebut masih dalam satu tema,ya..

Social Media. Setelah sebuah tulisan selesai dikerjakan, ada baiknya untuk langsung membagikan ke seluruh sosial media yang dimiliki. Supaya membuka peluang tulisan tersebut dibuka.

Nah itu tadi beberapa teknik dasar SEO yang cocok diaplikasikan untuk blogger pemula.

Berikut beberapa tools untuk cek SEO yang bisa dibuka

http://www.neilpatel.com/
https://seositecheckup.com/
https://smallseotools.com/website-seo-score-checker/
https://www.cekseo.com/

Tapi bersamaan dengan teknis-teknis di atas, jangan mengabaikan isi tulisan. Karna Content is King

so, apakah blogmu udah mantap SEO nya?

Larihan SEO
Latihan SEO