Beberapa minggu lalu, tepatnya tanggal 9 Mei 2018, aku hadir di acara "7 Secrets for Youthful Skin with Clinelle". Acara tersebut diadakan di Greyhound, Grand Indonesia, Jakarta. Aku sebenernya sudah pernah cobain skincare Clinelle Caviar Gold Firming Eye Serum, makanya aku excited banget untuk dateng ke event Clinelle ini. Acara itu membahas beberapa penyebab penuaan dini, dan DEMO skincare dari Clinelle. FYI, produk Clinelle ini aman dan tidak mengandung bahan berbahaya, sehingga tidak menyebabkan iritasi pada kulit. Clinelle juga RX3 yaitu Repair, Refine dan Reshield untuk mengoptimasi kesehatan kulit. Selain itu, produk-produk ini juga dermatology-tested ^^




Nah aku juga berkesempatan untuk nyobain rangkaian produk mereka, yaitu 7 step untuk wajah dan 1 step untuk body. Tentunya aku sudah konsultasi terlebih dahulu mengenai masalah kulitku, dan berhubung kulitku lagi jerawatan dan beruntusan, aku direkomendasikan beberapa skincare Essential Care khusus untuk kulit Normal to Oily Skin dan beberapa skincare Caviar Gold untuk firming. Aku mendapat seri Caviar Gold karna ada beberapa step yang baru ada 2 series (Pure Swiss Hydration untuk kulit kering dan Caviar Gold) ^^ Aku akan menjelaskan produknya sesuai step ya :D

1. Deep Cleansing Water (PRE-CLEANSE)

Step pertama adalah pre-cleanse atau membersihkan make up atau debu yang menempel pada wajah. Produk ini memiliki bahan Phyto-Enzyme, dimana Enzyme tidak hanya berfungsi untuk membersihkan makeup atau debu tapi juga membersihkan kotoran membandel yang tidak bisa dibersihkan oleh aksi mekanikal.

Produk ini dapat menghilangkan sebum, sunscreen, waterproof make up, polutan bahkan produk apapun yang menempel pada kulit, sehingga membuat cleanser selanjutnya dapat menembus ke lapisan terdalam dan membersihkan kulit dengan lebih baik. Produk ini tetap dapat digunakan meskipun tidak menggunakan make up ya ^^


Packagingnya flip top bottle gitu, dan cukup handy namun agak cukup besar untuk dibawa-bawa. Teksturnya bening seperti air ^^ Menurut aku produk ini cukup oke, bisa membersihkan kulit dari make up hingga benar-benar bersih. Yang aku agak kurang suka adalah wanginya, wanginya agak cukup strong menurutku, karna aku lebih suka cleanser yang ga ada wangi. Tapi mengingat kemampuannya yang oke, produk ini wajib banget kalian coba :D Oh ya, FYI kulit aku sempet sensitif banget, dan saat pakai ini aku ngerasa agak perih dan merah (sementara). Aku ga ngerti juga sih kenapa, tapi disaat itu emang sensitif parah, even pakai produk apapun, aku ngerasa perih. Akhirnya aku stop beberapa hari sampai kulitku normal, dan voilaaa ! Udah ga perih sama sekali hihi.

Rate : 4.2/5
Harga : IDR 159.000

2. Deep Cleansing Gel (CLEANSER)
Step kedua adalah menggunakan cleanser, disini aku menggunakan seri Essential Care yaitu Deep Cleansing Gel. Produk ini berfungsi untuk menghilangkan minyak, kotoran, dan debu juga berfungsi untuk menghidrasi dan menenangkan kulit. Selain itu, produk ini juga berfungsi untuk menguatkan pertahanan kulit ^^


Dengan RX3 Action, produk ini dapat :
- Repair (Memperbaiki) dengan Centella Asiatica Extract untuk meningkatkan produksi kolagen dan memperbaiki struktur kulit.
- Refine (Menghaluskan) dengan Ginseng Extract untuk mendorong micro sirkulasi agar kulit menjadi lebih kencang dan berseri.
- Reshield (Melindungi) dengan Green Tea Extract untuk mengurangi bakteri dan melindungi kulit dari radikal bebas.

How to Use :
Taroh produk secukupnya pada tangan, pijat lembut seluruh wajah dan leher, kemudian bilas dengan air.


FYI, produk ini ga terlalu banyak busa ya, bahkan hampir ga berbusa. Jadi teksturnya beneran gel bening gitu dan sedikit agak encer. Sensasinya kayak lagi pakai soothing gel, hehe. Hasilnya kulit jadi lebih lembut, ga kering dan sedikit lebih cerah :) Produk ini aman untuk kulit yang berjerawat.

Rate : 4.2/5
Harga : IDR 109.000

3. Soothing Skin Toner (TONER)

Setelah melakukan double cleansing, lanjut ke toner. Masih di varian yang sama yaitu Essential Care, aku direkomendasikan untuk mencoba Soothing Skin Toner. Produk ini berfungsi untuk :
- Meningkatkan kinerja skincare selanjutnya
- Menenangkan, menghidrasi, dan mempertahankan kelembapan kulit
- Membersihkan dan menyeimbangkan kulit.
- RX3 Action (Repair, Refine, dan Reshield)


Salah satu hal yang unik dari produk ini adalah kemasannya, kalau biasanya toner harus dituang ke tangan, produk ini tinggal semprot-semprot aja loh. Seperti menggunakan face mist. Sehingga lebih higienis hihi.

How to Use :
Spray ke seluruh wajah dan leher yang telah dibersihkan dengan mata tertutup. Tepuk-tepuk ringan toner agar menyerap sempurna.


Produk yang essential care sepertinya wanginya emang agak mirip, jujur aku agak kurang suka wanginya, lama-lama sedikit bikin eneg gitu huhu (tapi ini relatif ya, tergantung pribadi masing-masing). Toner ini agak sedikit lengket di awal, tapi kalau udah meresap di kulit jadi ga lengket sama sekali. Teksturnya seperti air. Hasilnya kulit jadi lebih lembab dan lembut hihi.. Btw produk ini semprotannya enak, halus gitu loh, ga bikin muka kaget XD

Rate : 4/5
Harga : IDR 129.000


Nah rangkaian essential care nya hanya sampai toner ya. Step-step selanjutnya aku mencoba rangkaian Caviar Gold. FYI, Caviar itu dikenal dengan "black gold" atau makanan termahal di dunia. Kenapa Caviar dipakai untuk skincare ?

Karna Caviar memiliki format sel yang mirip dengan kulit manusia, sehingga dapat meningkatkan kekencangan kulit, menghidrasi dan menutrisi (memperlambat proses penuaan). Tidak hanya itu, Caviar juga dapat meningkatkan produksi collagen untuk mengurangi tampilan kerutan. Selain itu, Caviar juga terbukti 80x lebih efektif dari Arbutin untuk melawan flek hitam, dapat memberikan nutrisi langsung dan memberikan keseimbangan pada kulit.


4. Caviar Gold Firming Eye Serum (EYE CARE)

Setelah toner, langsung lanjut ke eye serum. Disini aku direkomendasikan untuk mencoba rangkaian Caviar Gold Firming Eye Serum yang merupakan hero product mereka. Btw, aku sudah pernah cobain ini dan so far aku suka banget hasilnya ! Produk ini berfungsi untuk :
- Mengencangkan dan mengangkat kelopak mata
- Mengurangi garis halus dan kerutan
- Menghilangkan dark circles
- Mengurangi / mengecilkan kantong mata
- Ringan dan tidak lengket
- Daerah mata menjadi lebih lembut, dan terhidrasi.


How to use :
Aplikasikan eye serum (sedikit saja) ke bagian sekitar mata. Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukan eye-robic.


Produk ini adalah produk yang aku suka banget ! Teksturnya agak sedikit watery gitu dan gampang banget dibaurkan di kulit. Wanginya juga enak banget, dan di dalamnya ada goldnya (kayak glitter gitu) hihi. Saat digunakan beneran berasa efek firmingnya, saran aku emang jangan terlalu banyak aplikasiin produknya, cukup sedikit aja. Karna kalau terlalu banyak kesannya jadi lengket dan kenceng banget hehehe.



Karna no pic itu hoax, aku kasih before after kenapa aku suka banget produk ini. Eye serum ini instant eye lift gitu ! Asli dah, canggih bener. Lumayan banget kan naik 0.2~0.3 mm ? Cuma 1x pake aja kelihatan hasilnya, kebayang kan kalau berbulan" ? Aku sih ngerasa eye bag aku sekarang ga segede dulu hihi.

Rate : 4.5/5
Harga : IDR 339.000

5. Caviar Gold Firming Serum (SERUM)

In case kalian nanya "Loh kok pakai eye serum dulu sih baru serum ? Bukannya eye serum itu terakhir ya?". Aku juga sempet mikir kayak gini, akhirnya aku pun nanya ke pihak Clinelle, dan mereka bilang sebenarnya eye serum bisa digunakan setelah serum, namun kadang eye serum suka kelupaan atau ke-skip dan bahkan ada yang udah pakai serum di sekitar daerah mata. Jadi untuk menghindari hal-hal tersebut, disarankan untuk menggunakan eye serum terlebih dahulu, baru si serumnya hehe.

Produk ini berfungsi untuk :
- Meningkatkan regenerasi sel
- Membentuk contour-V
- Meningkatkan elastisitas dan mengencangkan kulit
- Meningkatkan produksi collagen
- Memudarkan flek hitam dan warna tidak merata
- Mencerahkan kulit

How to use :
Aplikasikan pada kulit wajah dan leher dengan lembut dan gerakan ke atas (untuk mengencangkan kulit). Kemudian pijat lembut hingga kapsul Gold meresap sempurna pada kulit.




Packaging produknya mirip banget sama firming eye serumnya, bedanya firming serum packagingnya lebih tinggi dan lebih ramping hehe (goldnya juga lebih banyaakk !). Tekstur dan wanginya firming serum ini juga persis sama dengan eye serumnya, yang berbeda hanya dari goldnya. Kalau firming eye serum lebih seperti glitter, firming serum seperti kapsul atau bola-bola kecil. Produk ini ga lengket dan cepat meresap ke kulit ^^ Suka banget sama hasilnya yang bikin kulit jadi super lembab, dan kenyel, tapi sayang aku masih belum cocok untuk menggunakan produk ini, karna kondisi kulitku yang lagi jerawatan (I will tell you why, just keep reading).


Harga : IDR 339.000

6. Caviar Gold Firming Cream (Moisturizer)

Setelah serum, langsung lanjut ke moisturizer, produk ini berfungsi untuk :
- Mengencangkan kulit
- Memperbaiki dan merevitalisasi kulit
- Memelihara dan melembapkan kulit
- Mengurangi garis halus dan kerutan
- Membuat kulit menjadi lebih kencang, terpelihara, dan terlindungi.


How to use :
Aplikasikan produk pada kulit wajah dan leher dengan gerakan ke atas. Gunakan pada pagi dan malam hari.


Packagingnya sih gausah ditanya lah ya, you can see how elegant it is. Produk ini ada spatulanya gitu, dan ada lid pembatas antara udara dan produknya (it means, produk ini beneran terjaga kualitas dan kehigienisannya). Teskturnya cream tapi ringan banget, sangat mudah dibaurkan dan langsung meresap. Wanginya entah kenapa agak mirip sama si essential care nya hehe. Berbeda dengan serumnya, produk ini ga keliatan goldnya, hanya warna putih saja. Setelah diaplikasikan kulit jadi totally smooth dan cerah.

Harga : IDR 329.000

7. Caviar Gold Firming Facial Mask (Sheet Mask)

Step terakhir adalah masker ! Masker ini mampu melembapkan dan mengencangkan kulit wajah, dilengkapi dengan kandungan ekstrak Caviar yang kaya akan nutrisi untuk meningkatkan elastisitas kulit. Produk ini juga mampu menyamarkan garis-garis halus dan kerutan. Eitss tidak hanya itu, kulit juga bisa menjadi lebih kencang dan cerah ^^


Jujur aja, aku belum coba produk ini, beneran. I'm so sorry :( kenapa ? Lanjut baca dulu ya sampai habis ^^

Harga : IDR 45.000

8. Bust Firming & Lifting Serum (Body)

Nah selain rangkaian skincare untuk wajah, Clinelle juga menghadirkan produk untuk body. Sebenarnya ada 2 varian, satu untuk mengencangkan kulit dan menghilangkan selulit, satu lagi yang aku pilih ini, yaitu untuk payudara.


Produk ini berfungsi untuk :
- Mengencangkan payudara yang kendur
- Membantu meningkatkan kekencangan dan kelembutan payudara
- Mengurangi produksi melanin dan mencerahkan area kulit pada puting susu
- Membentuk payudara dengan aroma yang menenangkan



Packagingnya mungil banget karna isinya juga hanya 50 ml, teksturnya kayak gel kentel tapi agak watery gitu hehe. Kalau ditanya ngefek atau ga, NGEFEK ! Payudara jadi lebih kencang gitu hihi, emang agak pegel dan males sih buat massagenya, tapi kalau rajin ada efeknya hihi. Gausah pake before-after LOL

Rate : 3.7/5
Harga : IDR 229.000

FOR YOUR INFORMATION
Disini aku akan jelasin kenapa aku ga kasih rate untuk seri Caviar Gold, dan belum coba maskernya.
Kalian yang follow instagram aku pasti tau lah ya kalau muka aku lagi bawel banget, jerawat ngumpul di pipi sebelah kanan aku. Nah ternyata si Caviar Gold ini tidak boleh digunakan pada saat kulit sedang berjerawat. Aku cobain produk ini pada saat jerawat aku udah nyaris ga ada (tinggal bekasnya gitu), dan karna produk ini fungsinya adalah untuk brightening juga, ku pikir yaa sekalian untuk ngurangin bekas jerawatnya. Ternyata beberapa hari kemudian, timbul lah jerawat baru. Akhirnya aku stop dan ku coba hilangin dulu jerawatnya, nah saat udah tinggal bekas, aku beraniin diri untuk coba lagi dan ternyata beberapa hari kemudian timbullah jerawat Papula (jerawat yang timbul dan ga ada isinya, biasanya ada ruam) sebanyak 3 biji ! BUKAN KARNA CLINELLE GA BAGUS, tapi karna muka aku sepertinya memang belum boleh kena si Caviar Gold ini dulu sampai kulitku benar-benar bebas jerawat (aku pakai yang essential care aman-aman aja hihi) ^^ Beneran deh, sebenernya aku suka banget hasilnya yang bikin kulit jadi lebih kenyel dan lembut, but not this time. I will try this soon saat muka aku udah bener-bener ready untuk pake brightening hihi.

Kenapa sih Caviar Gold ga cocok untuk kulit berjerawat ?
Karna seri Clinelle Caviar Gold memang bagus untuk pencerahan dan stimulasi collagen, sehingga pada saat kulit sedang berjerawat memang tidak disarankan untuk menggunakan rangkaian ini. Kondisi kulit yang sedang berjerawat biasanya lapisan kulitnya sedang mengalami inflamasi, jadi apabila di stimulasi dengan collagen, sel kulit akan bekerja double (2x lipat dari biasanya). Kulit yang lapisannya tidak kuat biasanya akan menjadi merah. That's why aku masih belum berani untuk coba sampai kulit aku bener-bener stabil ^^


Itulah kira" review aku mengenai rangkaian Clinelle di post kali ini, hasil bisa berbeda-beda ya, karna temenku yang ga jerawatan suka banget sama rangkaian Caviar Goldnya (Aku juga suka banget yang firming eye serumnya). Memang kondisi wajah itu sangat menentukan hihi.

Jadi gimana nih, pengen coba Clinelle Caviar Gold dan Essential Carenya ga ?
Share yuk di kolom komen ^^

MORE INFO :
WEBSITEINSTAGRAM
Thanks for reading and see you on my next post ! ^^