Cara Membuat Donat Kentang - Donat menjadi salah satu makanan yang disukai banyak orang, teksturnya yang lembut dengan rasa yang mantap begitu sedap dinikmati. Ada banyak varian donat yang menggugah selera, salah satunya donat kentang. Donat kentang menjadi sajian donat yang sederhana namun nikmat. Anda bisa menyajikan donat kentang di rumah untuk keluarga sebagai cemilan.

Untuk mendapatkannya anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah. Selain cara membuatnya yang mudah, bahan-bahan yang dibutuhkannya juga sederhana. Penasaran apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan dan seperti apa resepnya? Untuk mengetahuinya resep dan cara membuat donat kentang, anda bisa simak di bawah ini.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

400 gram tepung terigu dengan protein tinggi
35 gram gula pasir
150 gram kentang kukus
1 sdt garam
1/2 sdm ragi instan
30 gram margarin
115 ml air es
15 gram susu bubuk
1/2 sdt baking powder
1 butir telur
Minyak goreng secukupnya

Bahan Untuk Taburan

150 gram gula donat

Cara Membuat Adonan

1. Pertama kali langkah yang harus anda lakukan yaitu membuat adonan. Silakan haluskan kentang yang sudah anda kukus. Lalu ambil wadah yang akan anda gunakan untuk membuat adonan donat.
2. Kemudian campurkan beberapa bahan seperti tepung terigu, gula pasir, ragi instan, baking powder dan susu bubuk. Campur semua bahan-bahan tersebut menjadi satu dan aduk hingga merata.
3. Selanjutnya silakan tambahkan kentang yang sudah anda haluskan tadi. Lalu uleni hingga merata.
4. Setelah itu, masukan telur beserta air es sedikit demi sedikit, anda bisa sambil menguleni adonan hingga kalis. Lalu masukan garam dan margarin. Uleni kembali hingga adonan menjadi elastis. Diamkan adonan selama kurang lebih 15 menit.
5. Setelah 15 menit, silakan kempiskan adonan donat yang sudah anda buat tadi. Lalu timbang adonan masing-masing sebanyak 30 gram. Jika sudah, anda bisa membentuk adonan menjadi bulat. Diamkan selama kurang lebih 10 menit.
6. Langkah berikutnya, pipihkan adonan yang sudah anda bulatkan. Lalu di bagian tengahnya dibuat lubang. Simpan adonan yang sudah anda lubangi tersebut pada loyang yang sebelumnya sudah anda taburi dengan menggunakan tepung terigu. Diamkan selama kurang lebih 45 menit hingga adonan mengembang.

Cara Menggoreng Donat

1. Setelah adonan mengembang, anda bisa langsung menggoreng donat kentang.
Silakan sediakan wajan yang akan digunakan untuk menggoreng adonan. Lalu masukan minyak goreng secukupnya. Kemudian anda bisa memanaskan minyak goreng di atas kompor dengan api sedang.
2. Setelah minyak goreng panas dan meletup-letup, anda bisa menggoreng donat hingga benar-benar matang. Apabila sudah matang, anda bisa mengangkat dan meniriskannya terlebih dahulu. Goreng adonan sampai habis.
3. Ambil plastik dan masukan gula donat yang sudah anda sediakan. Lalu masukan donat yang sudah anda goreng ke dalam plastik berisi gula donat. Lalu kocok-kocok hingga donat terbalut dengan gula.

Jika sudah, anda bisa langsung menyajikan donat pada tempat saji yang sudah anda sediakan.
Sajian donat kentang yang lezat dan lembut sudah selesai dibuat. Rasanya yang nikmat tentunya akan sangat memanjakan lidah. Dengan mengetahui resep donat kentang, kini untuk menikmatinya anda tidak harus membelinya karena anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah. Nah. Semoga resep dan cara membuat donat kentang yang sudah kami sajikan di atas bermanfaat untuk anda.