(Cerelac hadirkan Risenutri. Difotoin mamih Babam)


Membuat MP-ASI Mudah - Suatu hari, di hari kumpul keluarga, aku mendengar percakapan dari kakak iparku yang anaknya kini sedang menjalani masa-masa MP-ASI.

Pengalaman MP-ASI 

Dari cerita bagaimana perjuangan memberikan MP-ASI yang terbaik untuk si kecil, tidak jarang malah memberikan waktu bonding dengan si kecil berkurang. Alasannya cukup logis dan terbayangkan juga, selain miliki si kecil, kakak iparku juga sudah memiliki 2 anak yang pertama sedang di bangku kelas 1 SD. 

Bukan sebagai tempat mengeluh, ketika sang ibu bercerita seperti ini, pasti inginkan solusi dan betapa bahagianya dia ketika aku nanti bisa sharing tentang membuat MP-ASI mudah dengan kehadiran dari Cerelac Resinutri ini.

Cerelac Risenutri bukan menggantikan MP-ASI utama

(Source: infografis cerelac release)

Hal ini cukup related ketika aku menghadiri release nya Cerelac Risenutri sebagai bubur pasangan  MP-ASI (homemade) yang sudah difortifikasi oleh zat besi yang mendukung tumbuh kembang si kecil makin optimal. 

Menghadirkan selebriti mos, Sarwendah yang membagikan pengalamannya dalam memberikan MP-ASI baik untuk Thalia dahulu dan saat ini waktunya untuk anak keduanya. Dan dari pengalaman memberikan MP-ASI bersama Thalia, ia merasa bonding time nya berkurang dan lebih banyak menghabiskan waktunya di dapur. Oleh sebab itu ketika Cerelac Risenutri ini hadir, rasanya seperti kegundahan ibu 2 anak ini sangat berkurang. 

(Source: infografis cerelac release)

Pada masa pertumbuhan terutama di usia masuk di 6 bulan, kebutuhan akan gizi anak-anak meningkat. Karena dari MP-ASI ini, anak-anak akan melatih anak-anak mengenal dasar-dasar rasa serta kemampuan motoriknya ditambah dengan kontrol bagian lidahnya. Oleh sebab itu, anak-anak harus mendapatkan asupan zat besi yang cukup. Faktanya, banyak anak-anak di Indonesia yang masih saja mengalami kekurangan dari zat besi ini, akibatnya mereka mengalami anemia.

Bukan sebagai perdebatan akan kehadiran dari Cerelac Risenutri  

(Source: infografis cerelac release)
Mengetahui bahwa kehadiran dari Cerelac Risenutri ini akan ditambahkan dengan ASI serta beberapa topping pilihan sesuai dengan pilihan para bunda-bunda di rumah, sehingga pada kesempatan ini pak Prof. DR. Dr. Saptawati Bardosono, Msc mengatakan:
"kecukupan gizi seimbang (kandungan mikro&makro nutrien, termasuk zat besi) itu berperan terhadap fungsi kognitif tumbuh kembang dan saya tahan tubuh anak. Berdasarkan Riskesdas 2018 (Riset Kesehatan Dasar) satu dari tiga anak balita mengalami anemia, karena kurangnya asupan zat besi ini."
(Prof Tati. Dokpri)

Mengkhawatirkan memang ketika putra-putri bangsa ini jika sampai kekurangan asupan zat besi karena proses dari MP-ASI ini tidak sampai pada mereka dan semoga membuat MP-ASI nya juga sesuai dengan ketetapan dari Kemenkes adalah 11 mg zat besi perhari. Oleh sebab itu kehadiran dari Prof Tati MP-ASI itu idealnya:
  1.  Tepat waktu (ketika 6 bulan) 
  2. ADEKUAT yaitu MP-ASI harus cukup kandungan protein, kalori dan makronutrien
  3. Higienis dan Aman adalah bahan baku pembuatan dari MP-ASI dan cara pengolahannya
  4. Diberikan sencara responsif sesuai dengan sinyal lapar dan kenyangnya anak 
Karena ketika anak-anak tersebut kekurangan akan zat besi, maka kurang optimalnya dari pertumbuhan ditandai dengan mudah lemas, penurunan IQ hingga 6-15 point, daya tahan tubuh rendah dan mudah terserang infeksi. Sedangkan beberapa karakteristik MP-ASI di Indonesia sendiri adalah berbahan dasar beras, dominan protein nabati daripada hewani, dan kandungan zat besi serta kalsium yang rendah, berpotensi anak-anak kekurangan hemoglobin dalam tubuhnya.

Cerelac Risenutri bantu kebutuhan asupan zat besi anak


(Source: infografis cerelac release)

Idealnya kandungan dari MP-ASI itu adalah 11 mg zat besi yang artinya ada 385 gr daging sapi, dan ga mungkin untuk memberikan daging sapi seberat itu dalam sehari untuk konsumsi MP-ASI mereka. Oleh sebabnya, menurut Ibu Intan Nurmala Ekowati (Category Marketing Baby Food PT Nestle Indonesia) bahwa kehadiran dari Cerelac Risenutri berbentuk bubur polos sebagai pasangan MP-ASI agar ibu dapat memberikan luapan kasih sayang terhadap setiap detail tumbuh kembangnya. 

Cerelac Risenutri ini terbuat dari beras berkualitas dengan kelengkapan 10 vitamin dan 6 mineral (kandungan zat besi tinggi) serta teksturnya konsisten dengan rasa yang netral. Oleh sebab itu para moms, bisa kreasikan sajian dari Risenutri ini bersama dengan topping pilihan.

(Demo membuat MP-ASI Mudah dengan Cerelac Risenutri. Dokpri)

Sama seperti demo cooking Risenutri bersama Sarwendah, betapa mudahnya memberikan aneka topping mulai dari yang asin hingga manis, hanya dengan melarutkan bubuk Cerelac Risenutri ini dengan air hangat lalu diaduk dan terakhir diberikan topping seperti yang dicontohkan ini adalah jeruk orange.
 
So, udah terjawab ya moms, untuk membuat MP-ASI mudah ini hanya dengan seduh Cerelac Risenutri aja, kebutuhan akan zat besi anak-anak semakin optimal untuk tumbuh kembangnya juga. 

(Membuat MPASI Mudah, Cerelac Hadirkan Risenutri . Dokpri)