04 November 2019





guys how are you?
Welcome to my blog

Adakah di sini pengguna Commuter Line atau yang bisa kita sebut KRL? Bagi pengguna setia KRL tentunya sudah paham bahwa di setiap rangkaian kereta terdapat kursi untuk penumpang prioritas seperti Wanita Hamil, Wanita Membawa Anak, Lansia dan Penyandang Disabilitas. Akan tetapi apakah kalian merasa, bahwa belum banyak pengguna kereta api yang peduli dengan ini? Begitu masuk gerbong, setiap penumpang berebutan mencari tempat duduk, tanpa memperhatikan himbauan yang terpasang di banyak tempat.

Bagi masyarakat yang belum pernah atau jarang menggunakan KRL mungkin tidak akan mengerti dengan situasi ini, namun bagi yang sudah terbiasa menggunakan KRL pasti sangat paham.

Setiap harinya bisa kita jumpai banyaknya penumpang prioritas yang harus berdiri sepanjang perjalanan, sedangkan penumpang yang sehat walafiat duduk dengan nyamannya. Meskipun setiap penumpang memiliki hak yang sama dan karena tidak sedikit yang mengeluarkan kata-kata "sama-sama bayar" namun kurangnya empati terhadap penumpang prioritas masih sangat rendah, hal ini sangat memprihatinkan.

Pada tanggal 04 September 2019 yang lalu, PT KCI (Kereta Commuter Indonesia) meluncurkan pelayanan terbaru mereka sebagai bentuk perhatian dan kepedulian terhadap ibu hamil yaitu pin ibu hamil.

Saat kehamilan 1 - 4 bulan, terkadangan kehamilan belum terlihat, sehingga penumpang di KRL banyak yang menghiraukan keberadaan ibu hamil yang justru sebenarnya sangat membutuhkan tempat duduk. Sulit bagi mereka untuk membedakan mana yang hamil dan yang hanya gendut. Dengan adanya pin ibu hamil ini, mempermudah petugas dan penumpang lain tentunya untuk membantu mencarikan tempat duduk bagi penumpang pengguna pin ibu hamil ini.

Pin ini bisa di dapatkan di stasiun Bekasi, Juanda, Duri, Tanah Abang, Sudirman dan Bogor di bagian customer service. Syarat untuk mendapatkan pin ini, penumpang harus:

  1. Mengisi formulir
  2. Membawa KTP Asli
  3. Menunjukkan Kart Multi Trip karena akan dicatat nomornya
  4. Membawa buku Pink (KIA atau kartu kontrol dari dokter)
Setelah persyaratan lengkap, penumpang akan diberi pin dengan keterangan tanggal expired date yang berupa HPL (Hari Perkiraan Lahir) dan formulir asli. Pin dan formulir asli harus dikembalikan di stasiun bersangkutan pasca melahirkan.

Jadi, kalau kalian melihat penumpang menggunakan pin ini, jangan segan untuk memberikan atau mencarikan tempat duduk untuk mereka ya, jangan malah berpura-pura tidak melihat atau malah tidur. Bantuan & perhatian kecil kalian sangat besar manfaatnya untuk mereka.

Betapa senangnya aku mendapat perhatian ini, mengingat saat ini kehamilanku belum terlihat namun sejauh ini aku selalu lemas dan mudah lelah. Pin ini sangat membantu aku untuk tetap nyaman selama perjalanan dengan KRL. Terima kasil PT Kereta Commuter Indonesia, I appreciate it so much.

Aku berharap semoga kedepannya bukan hanya KRL tetapi juga transportasi umum lainnya seperti Trans Jakarta & MRT juga menyediakan pin ini.

Thank you for reading, see you on my next post.