Make Over lagi-lagi mengejutkan kita dengan mengeluarkan varian terbarunya yaitu Make Over Powerstay Transferproof Matte Lip Cream. Melihat hebohnya para beauty vlogger ternama tanah air mereview produk lipcream ini secara serentak, bikin gue penasaran sama performance nya dan ingin secepatnya juga ngerasain lipcream yang banyak disukai oleh para beauty vlogger ternama. Sebagus itukah?

Hello beautiful!

Di tulisan kali ini gue akan nge-review performance lipcream keluaran Make Over yang masih fresh from the oven, dikeluarkan di tanggal 21 Oktober 2019 lalu. Gue mencoba sabar menulis review nya karena butuh beberapa hari untuk nyobain lipcream ini agar review nya gak biased dan betul-betul bisa dipercaya. Sejujurnya gue pakai lipcream ini di 5 hari yang berbeda dengan warna dan teknik pakai lipcream yang berbeda-beda dan baru sadar ternyata lipcream ini tuh banyak syaratnya! Untuk mendapatkan hasil yang flawless di bibir, harus menggunakan teknik yang baik pula terutama karena gue punya bibir yang kering, selain itu kualitas warna yang satu dengan yang lainnya agak berbeda ya, jadi gue bener-bener pelan-pelan banget bikin notes nya mengenai lipcream keluaran Make Over ini.



Kalau kalian pernah baca tulisan gue sebelumnya tentang lip stain keluaran Make Over yang Make Over Powerstay vivid Waterlite Lip Stain (kalian bisa klik ini untuk baca review lip stain nya), pasti kalian tau betapa gue sangat mencintai lip stain itu dan menyejajarkan Make Over Powerstay vivid Waterlite Lip Stain dengan lip cream high end keluaran YSL, that's how good the product is! Jadi gue punya harapan tinggi untuk Make Over Powerstay Transferproof Matte Lip Cream ini dan berharap performance nya akan sedahsyat lip stain nya. Tapi ternyata dihari pertama pemakaian lip cream Make Over ini gue agak kecewa sama performance nya dan akhirnya gue bener-bener ngeluangin waktu untuk review secara dalam dengan pemakaian teknik aplikasi bibir yang berbeda-beda.

Sebelum kita bahas tentang performance tekstur, formula, ketahanan dan lakinnya, seperti biasa gue akan bahas harga dan packagingnya dulu ya guys!

Harga 

Harga official di counter Make Over adalah Rp. 120.000,- utuk 7 gr dan gue beli di offline storenya Make Over ya. Menurut gue harga ini termasuk kategori menengah ke atas dan memang harga Make Over sudah standard nya segitu seperti harga Make Over Powerstay vivid Waterlite Lip Stain yang seharga Rp. 115.000 di official store nya Make Over. Jadi memang harga produk bibir nya Make Over berkisar segitu yaa...

Klaim Pada Kemasan

Tidak ada klaim apapun pada kemasannya, namun dari namanya Make Over lipcream kali ini transferproof dan berakhiran matte.




Pada ingredients juga bisa dilihat kalau Make Over Powerstay Transferproof Matte Lip Cream ini Paraben Free, Sulfate Free dan Alcohol free. 

Packaging

Lipcream ini hadir dengan balutan box karton hitam dengan tulisan Make Over berwarna metalic silver ditengahnya selayaknya semua kemasan produk Make Over. Saat box karton dibuka kemasannya berbahan sangat serupa dengan kemasan Make Over Powerstay vivid Waterlite Lip Stain, perbedannya hanya lipcream kali ini punya kemasan tube lebih panjang dan tidak selebar Make Over Powerstay vivid Waterlite Lip Stain. 



Menurut gue kemasan ini mirip banget sama kemasan tube Purbasari hi matte lip cream sehingga persepsi yang terlihat mahal dan premium yang ada dipikiran gue sudah gak ada lagi. Jika dibandingkan dengan Make Over Powerstay vivid Waterlite Lip Stain yang kemasannya lebih pendek, justru terlihat lebih classy dan cantik serupa dengan YSL Beauty Tatouage Couture. 



Aplikatornya standard aplikator lipcream yang memanjang, Make Over Powerstay Transferproof Matte Lip Cream ini pun mebgeluarkan aplikator yang menurut gue standard aplikator lain. Kekurangannya adalah, aplikatornya agak susah untuk dimasukan kembali karena dia terangkat secara natural terkena tekanan saat ingin ditutup.



Wangi, Tekstur dan Formula

Untuk wanginya gak terasa wangi apapun yang secara signifikan gitu, wangi hanya bisa tercium kalau kita benar-benar mengendus-endus aplikatornya (hehe), tapi kalau kita pakai biasa di bibir tidak ada sensasi wangi apapun. Untuk teksturnya, lip matte ini memiliki tekstur yang lumayan creamy dan cenderung padat ya. Mungkin karena tekstur itulah yang bikin lipcream ini berpigmenasi tinggi. Hanya dalam satu kali polesan, warnanya sudah keluar dengan sempurna. 

Seperti yang gue bilang di atas ya, gue mencoba lipcream ini dengan berbagai teknik untuk mendapatkan perfomance terbaik lipcream ini. Di awal pemakaian, gue hanya memoleskan lipcream ini langsung di bibir gue tanpa bantuan pelembap bibir maupun bantuan lipscrub. Selain itu gue pakai agak menumpuk (2 tumpuk) sehingga formulanya menjadi sangat tebal di bibir gue yang menyebabkan bibir gue agak patchy setelah pemakaian selama setengah jam. Ohya, formulanya sangat cepat kering di bibir menjadi transferproof matte. Ohya pada saat diaplikasikan dengan teknik bibir tanpa pelembap dan lipcream ditimpa menjadi lebih tebal, tidak ada masalah sama sekali pada saat lipcream ini diratakan. Formulanya dengan sangat mudah dipakai tanpa settle di garis bibir. Namun, setelah 10 menit, gue merasakan bibir sangat berat dan terasa tacky yang membuat bibir saling lengket saat membuka mulut.

lalu gue coba dengan teknik pemakaian pelembab bibir terlebih dahulu, baru lipcream ini diaplikasikan. gue berasumsi mungkin kemarin bibir terasa tacky dan patchy karena memang bibir tidak dikasih pelembap. Nah, gue pakai pelembap bibir yang juga biasanya suka gue pakai untuk lipcream dari brand lain dan hasilnya bikin kaget banget. Kalian bisa lihat dari gambar ini kalau formulanya itu tidak merata dan terlihat sangat streaky (bolong-bolong). lipcream sangat geser dan tidak bekerja dengan baik. Bisa dilihat dari gambar di bawah ini ya untuk hasil yang gue dapatkan pas pakai pelembap bibir. Foto ini diambil secara langsung sesaat setelah lipcream dipakai.

Foto menggunakan B04 (FEARLESS) dengan menggunakan pelembap bibir agar tidak kering

Nah, hari selanjutnya lagi, gue aplikasikan teknik bibir sehat dimana gue pakai lip scrub terlebih dahulu sehingga tidak ada kulit kering dan bibir jadi halus, setelah bibir halus baru gue pakai Make Over Powerstay Transferproof Matte Lip Cream ini dengan 1 kali polesan saja tanpa menumpuk menjadi 2 layers polesan. hasilnya jauh lebih baik dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya. Jadi menurut gue, lipcream ini banyak syarat pemekaiannya untuk mendapatkan hasil yang maksimal agar bibir terlihat flawless dan gak patchy.

Sesuai dengan namanya, lipcream ini juga transferproof dalam jangka waktu yang cukup cepat. Kalian bisa lihat foto ini diambil sesaat setelah lipcream diaplikasikan di bibir lalu gue kecup ke punggung tangan dan tidak ada bekas lipcream yang transfer. 



Pigmentasi dan Ketahanan Lipcream 

Untuk pigmentasi, seperti yang sudah gue tuliskan, dalam 1 kali polesan saja warnanya sudah keluar dan sangat pigmented. Sedangkan untuk ketahanannya cukup lama bertahan di bibir lebih dari 8 jam dengan dipakai makan dan minum (dipakai dari jam 8 pagi dan jam 5 sore masih ada warnanya). Untuk pigmentasi dan ketahanan lipcream ini tidak perlu diragukan lagi pokoknya.

Shades


Terdapat 8 shades varian warna yang bisa dipilih untuk lip crayon ini, dan gue hanya membeli 2 varian shade yang nomor 02 dan 04.

B04 (FEARLESS) bagian bawah dan B02 (LUCKY) bagian atas.

Shade B02 (LUCKY) – pinky-beige nude
Shade B04 (FEARLESS) – brick red. Terlihat agak orange, merah, dan coklat.

Untuk Shade B02 Lucky, gue merasa saat dipakai lebih patchy dibandingkn shade B04 Fearless. Mungkin karena warnanya lebih nude sehingga mengandung formula yang lebih banyak supaya warna berpigmentasi tinggi dan bikin bibir terasa berat (asumsi gue ya ini!). Ohya, untuk kalian yang suka pakai aplikasi ombre lips, sepertinya lipcream ini gak cocok dan gak bisa dipakai untuk ombre ya. Selain warnanya menjadi ngeblock dan gak menyatu secara seamless, karena dipakai menjadi beberapa layering saat ombre bibir juga menjadi sangat patchy, cenderung lengket dan terasa berat banget.

Formulanya cukup lengket jika dipakai lebih dari 1 layer dan ombre lips butuh setidaknya 2 layers bagian dalam bibir

Berikut swatches nya dan foto saat dipakai ombre lips ya:

 Shade B02 (LUCKY)

Shade B04 (FEARLESS) 

Ombre menggunakan Shade B02 (LUCKY) dan Shade B04 (FEARLESS)


Buy or Bye?

Sekarang kita bikin dulu pros and cons nya yuk sebelum meutuskan untuk beli atau gak lipcream matte keluaran Make Over ini.

Pros
1. Aplikatornya enak dipakai
2. Punya varian warna yang cantik-cantik dan khas Make Over sehingga cocok untuk semua jenis kulit perempuan Indonesia
3. Glides effortlessly 
4. Pigmentasinya sangat tinggi sehingga mampu menutupi warna bibir gue yang gelap.
5. Waterproof, smudgeproof, transferproof.
6. Long lasting jadi kalau dipakai makan pas meeting kita gak perlu khawatir lipstick kita hilang.

7. Paraben Free, Sulfate Free dan Alcohol free. 

Cons
1. Banyak syarat untuk mendapatkan hasil yang maksimal, karena gue termasuk orang yang malas lip scrub jadi ini merupakan kendala untuk gue
2. Harganya diatas harga rata-rata dengan kualitas yang mirip dengan Maybelline Sensational Liquid Matte yang hanya seharga Rp. 60.000,- an
3. Jika pemakaian berlayer, formulanya menjadi patchy dan brudulan
4. Tidak cocok untuk orang yang punya bibir kering

Despite cukup banyaknya kontra yang gue tuliskan, lipcream ini berwarna cukup cantik. Kalau kalian punya bibir yang sehat dan gak terdapat banyak garis bibirnya, kalian bisa nyobain untuk beli lipcream ini. 

Sekian tulisan gue, semoga bermanfaat untuk kalian yang lagi mencari tentang informasi Make Over Powerstay Transferproof Matte Lip Cream ini. Di tulisan selanjutnya gue akan ngasih tau perbedaan Make Over Powerstay Transferproof Matte Lip Cream ini dengan Make Over Powerstay vivid Waterlite Lip Stain ya.

Thanks for reading and talk to you soon!

XO,
Ola Ayu