Hei Beauties...

      Jerawat sering kali menjadi alasan kita jadi males keluar rumah, males dandan, males lihat kaca bahkan bisa merubah mood. tak jarang jerawat juga bisa bikin frustasi loh dear... lah, kok gitu? yapp.,.. aku bisa bilang gitu karena aku dulu pernah ngalami purging hampir dua tahun lebih. jerawatan sampai bernanah dan bikin mukaku kayak aspal landasan mobil. sedih bangetkan... emang sih, kalau orang bilang " udah bersyukur ajah", "nanti kalau dipikirin jerawat nya malah nambah banyak". Ahhhh bulsyittt... Emang ngerti perasaan cewek yang lagi jerawatan itu gimana? apalagi kalau kamu jalan bareng temen-temen yang mukanya mulus semua... tertekan batin gengss.. wkkwkwkwkkw.


       Dua foto diatas diambil sekitar bulan April 2017. dan itu udah sangat lumayan, karena tadinya di jidat aku juga penuh jerawatnya sama kayak dipipi. dan jerawat yang dipipi itu udah mulai membaik juga dari pada sebelumnya.

      Nah maka dari itu, sebagai sesama cewek yang pernah ngerasai gimana rasanya jerawatan parah. Aku mau berbagi tips buat kalian semua seputar menangani jerawat. banyak hal yang aku lakukan untuk mengobati jerawatku. mulai dari olahraga sampai dengan minum obat pengempis jerawat. tapi jujur, aku memang tidak menyentuh krim-krim dokter sama sekali yah... dan kali ini aku mau share penanganan jerawat dengan menggunakan bahan-bahan alami. 

1. BAWANG PUTIH

   Bawang putih mengandung antioksidan dan minyak atsiri yang memang dapat membantu menyembuhkan jerawat. waktu aku jerawatan, aku pernah mencoba bawang putih untuk mengempiskan jerawatku yang tiba-tiba meradang. 
Caranya :
kupas bawang putih lalu cuci bersih. kemudian potong-potong dan tempelkan di bagian jerawat yang membengkak. bisa dipotong bisa juga di geprek, karena yang diperlukan disini adalah cairan dari bawang putihnya. 
sumber : nakita.grid.id
Memang sih cukup ampuh karena besoknya jerawat entah kenapa memang kempes jadinya. tapi ini sedikit ekstrim menurutku. kenapa? karena kalau kamu gak tahan sakit. kamu jangan coba-coba deh gunain bawang putih sebagi pembasmi jerawat kamu. karena cairannya itu bikin perih. bekas jerawat kamu yang kering juga jadi hitam. tapi emang beneran bisa kempesin jerawat.

2. MADU

      Madu mengandung senyawa anti bakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. madu yang pernah aku gunakan itu, adalah yang dijual di apotik. disini aku menggunakan madu sebagai masker. tidak dicampur dengan bahan-bahan lain.
sumber : manfaat.co.id
Caranya :
pastikan wajah kamu dalam keadaan bersih. artinya sebaiknya kamu cuci muka terlebih dahulu. kemudian oleskan madu pada wajah dengan menggunakan sendok kecil atau kuas masker. kemudian diamkan selama beberapa saat. bisa sambil kamu bawa tiduran tapi jangan sampai ketiduran yah.. wkkwkwk.. 
        Setelah itu bilas sampai bersih. tidak perlu dicuci lagi dengan face wash yah. selain itu manfaat lain dari madu adalah dapat membuat wajah menjadi lebih rileks. 

3. JERUK NIPIS
  
      Jeruk nipis memiliki banyak manfaat untuk menghilangkan jerawat. diantara manfaat jeruk nipis pada wajah yang berjerawat yaitu :
- mengecilkan pori-pori
- mengangkat kotoran
- memudarkan bekas jerawat
- mencegah peradangan
- membunuh bakteri
- mencegah timbulnya jerawat baru.

      Kulit wajah dengan pori-pori besar, sangat mudah dimasuki oleh debu dan kotoran yang ada di udara. air dari jeruk nipis dipercaya dapat mengecilkan pori-pori. selain itu air jeruk nipis mampu mengatasi berbagai masalah jerawat seperti yang aku tuliskan diatas.
sumber :manfaat.co.id
Caranya: 
Cuci jeruk nipis kemudian potong atau di iris-iris. Untuk mengecilkan pori-pori wajah, jeruk nipis yang sudah dipotong bisa langsung di gosokkan. Tapi pelan-pelan saja yah. Sementara untuk memudarkan bekas jerawat hanya perlu menggunakan perasan air nya saja. untuk lebih praktisnya, bisa kamu peras dan kumpulkan airnya kemudian oleskan seperti menggunakan masker. Perlu diketahui jangan gunakan masker jeruk nipis setiap hari. Kemudian jika tidak tahan dengan rasa perih, kamu bisa campurkan jeruk nipis dengan bahan alami lainnya. Seperti madu, putih telur, dan minyak zaitun.

4. LIDAH BUAYA

     Lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang sangat ampuh untuk membasmi jerawat. pasalnya diantara semua bahan yang aku tulis. aku paling sering menggunakan lidah buaya. bahkan aku pernah membuat postingan khusus mengenai toner lidah buaya. bisa kamu baca disini. lidah buaya mengandung zat anti bakteri dan anti inflamasi yang dapat mengobati peradangan dan menenangkan wajah yang berjerawat. Lidah buaya benar-benar sangat bekerja pada wajahku sewaktu aku jerawatan. aku pernah menggunakan lidah buaya sebagai toner. yapp aku membuatnya sendiri.

sumber : kompas.com
caranya :
cuci bersih lidah buaya, kemudian kupas kulitnya. ambil daging buahnya dan blender sampai halus. ketika di blender jangan dicampur dengan air sama sekali.murni hanya daging buahnya saja. setelah halus saring sampai beberapa kali hingga tersisa sari nya saja.kemudian masukkan dalam botol dan simpan dalam kulkas, dikeluarkan jika ingin dipakai saja. namun perlu diperhatikan toner nya harus diganti setiap seminggu sekali biar terjamin kesegaran dan kualitasnya. 

     Toner nya bisa kamu gunakan saat bangun tidur ataupun sebelum tidur. tidak perlu dicuci lagi. bisa langsung dibawa tidur. kamu jugabisa gunakan tonernya saat baru dari luar rumah. jadi bisa kamu gunakan kapan saja. rasanya sangat adem dan tidak ada efek samping apapun.

5. BELERANG 

       Belerang adalah salah satu senyawa yang dipercaya dapat mengobati jerawat. jangankan jerawat , belerang juga bisa menyembuhkan alergi, iritasi pada kulit, kudis,dsb. Belerang dapat menyembuhkan jerawat yang meradang, karena mengandung anti bakteri. aku juga pernah mereview mengenai masker belerang. bisa dibaca disini.

sumber : cumabelajar.com

Namun banyak juga yang ragu mencoba masker belerang karena bau nya yang lumayan menyengat dan menusuk hidung. sehingga walaupun sudah dicuci masih meninggalkan bau diwajah kita. tapi jangan salah, khasiatnya tetep oke punya.

6. TOMAT

        Diantara bahan almi pembasmi jerawat Tomat adalah salah satu diantara yang pernah aku pakai. Tomat mengandung Likopen atau zat antioksidan yang dapat meregenerasi sel kulit mati, membantu produksi kolagen, serta membuat kulit tampak lebih cerah. jadi tomat juga bisa menghilangkan bekas-bekas jerawat ya dear. selain itu tomat juga mengandung zat inflamasi yang dapat mengurangi peradangan pada jerawat.

sumber: sindonews.com
caranya :
cuci berish buah tomat, potong-potong atau iris-iris. kemudian usapkan pada wajah dan diamkan selama beberapa saat. kemudian cuci wajah sampai bersih. gunakan setiap hari. 

7. TIMUN

         Timun mengandung antioksidan sama seperti tomat dan lidah buaya. buah mentimun juga dapat melembabkan kulit. mentimun adalah buah yang kaya fungsi serta dapat dikonsumsi dengan banyak cara. bisa dengan dijus atau dengan di oleskan secara langsung. kalau aku sih biasanya dulu dibuat sebagai masker.

sumber : manfaat.co.id
caranya :
cuci mentimun kemudian belah dua memanjang.keruk isi dalamnya dengan menggunakan sendok. kemudian haluskan dengan menggunakan sendok. tidak bisa menjadi terlalu halus tentunya kecuali kalau di blender. kemudian tinggal dioleskan saja dan tunggu beberapa saat . setelah selesai bilas wajah sampai bersih.

       Jadi itu dia tadi 7 bahan alami yang pernah aku gunakan dulu saat wajahku jerawatan parah. Memang hasilnya itu tidak akan instan seperti ketika menggunakan krim-krim racikan dokter. Namun lumayan membantu. Dan pastinya harus dilaukan dengan rutin dan sabar. Menggunakan bahan-bahan diatas tentunya juga harus dibarengi dengan olahraga teratur, banyak minum air putih, cukup tidur dan rilekskan pikiran. Okay, selamat mencoba.