Hei Beautiess...

      Jika kamu sering membuka situs jejaring sosial Instagram, pasti tidak asing lagi dengan yang namanya Beauty Blogger. Yappp, mereka adalah orang yang membagikan tulisan mereka lewat blog dan mempromosikannya di Instagram ataupun sosial media lainnya. Namun jangan sampai salah yah dear.. beauty blogger berbeda dengan beauty vlogger. Kalau beauty blogger mereka menuangkan ide dan pikiran mereka lewat tulisan di blog. Sedangkan beauty vlogger mereka menuangkannnya dalam bentuk video dan mengunggahnya di akun youtube atau Instagram.

       Aku sendiri mengkategorikan diriku sebagai beauty blogger, walaupun masih tahap pemula. Yang dimaksud beauty blogger disini menurutku, adalah orang yang membagikan pengalaman, tips, tutorial dan hal lainnya seputar Dunia Beauty. Aku sendiri mulai menulis blog sejak 2013, namun baru mengarahkan tulisanku ke ranah beauty pada awal tahun 2017. Dan disini aku ingin menjawab pertanyaan yang pernah ditanyakan padaku seputar,  bagaimana caranya menjadi seorang Beauty Blogger ? Apakah untuk menjadi beauty blogger memerlukan dana/modal awal yang besar? bagaimana cara agar bisa mendapat produk gratis? dsb. . Dan hal- hal apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Beauty Blogger terlebih jika kamu minim budget. Aku juga akan kasih tau nominal-nominal barang atau produk yang aku gunakan supaya kamu bisa memperkirakan berapa kira-kira budget yang kamu butuh dan yang harus dipersiapakan. semuanya akan aku kupas tuntas dari dasar. 

Hal- Hal yang dibutuhkan dan yang harus diperhatikan untuk menjadi seorang Beauty Blogger yaitu :

1. Niat

        Segala sesuatunya memang harus diawali dengan niat. bahkan untuk menjadi seorang beauty blogger. Niatkan dulu bahwasanya kamu memang ingin sharing dan saling berbagi dengan orang lain seputar dunia beauty. jangan hanya karena ingin eksis dan supaya ingin dikenal oleh banyak orang. atau supaya bisa dapat produk gratisan.

2. Memiliki Gadget.

      Gadget yang aku maksud disini adalah, bisa dalam bentuk Laptop/Komputer ataupun Hand Phone. Gadget disini berfungsi sebagai wadah tempat kamu menulis. kalau gak punya laptop/komputer gimana kak?. Tenang, kamu bisa gunakan HP sebagai gantinya. Namun sekedar saran untuk awal pembuatan situs blog, sebaiknya kamu menggunakan laptop/komputer. Karena kamu akan butuh tampilan lebih untuk membuat settingan template pada blogmu.  Kalau kamu gak punya, kamu bisa pergi ke warnet ya dear. modal Rp.3000/jam. Untuk pemula kamu bisa membuat blog mu pada situs ini . kemudian untuk menunjang keprofesionalan kamu bisa mengganti domain nya menjadi .com, .co.id dsb. Jika nanti kamu memang serius dibidang ini, kamu akan mengerti apa tujuan lebihnya mengganti domain mu menjadi domain pribadi. 


laptop yang sudah aku gunakan sejak tahun 2013

      Sebenarnya lebih asik menulis blog dengan menggunakan laptop menurutku. Disini aku menggunakan Laptop merk Acer. Aku beli sekitar tahun 2013 , harganya 5 Juta. Kalau sekarang beli laptop udah kaya beli kacang goreng ya kan. Kembali lagi ke masalah penulisan, terkadang ide-ide tidak muncul dalam waktu yang bersamaan. Sehingga ngeblog dengan menggunakan HP, membuat aku bisa menulis dan menuangkan ide-ide ku kapan saja dan dimana saja. Kalau kamu gak punya kuota, kamu bisa menulis nya di Note dulu. Jadi jangan selalu punya banyak alasan yang buat kamu ga jadi nulis. btw, aku serius yah.. kalau aku bisa nulis dimana saja.. 

3. Tunjukkan Ciri Khas / Keunikan

      Perlihatkan sesuatu yang jadi ciri khas dan keunikanmu. baik itu dari segi bahasa, tulisan, foto, template blog, dsb. karena ketika kamu terlihat berbeda dari yang lain, kamu akan memiliki readers dan pengunjung tetap yang akan terus menanti dan menunggu updetan blog mu. kamu bisa memulainya dari caramu menata template blog , kemudian teknik pengambilan gambar, gaya tulisan sampai feed instagram mu. percaya deh, terkadang brand ingin bekerja sama bukan hanya karena followersmu banyak. tapi juga karena feed mu menarik untuk dilihat.

4. Buat Foto yang menarik 

      Foto yang menarik akan membuat tampilan blog mu semakin kece, dan readers juga lebih terarik membaca tulisanmu jika foto-foto nya menarik untuk dilihat oleh mata. Lantas apakah menghasilkan foto yang keren dan menarik, harus dengan menggunakan kamera yang canggih? jawabannya, tidak selalu. kamu juga harus mengkondisikan dengan standart dan kemampuan kantongmu. Dan belajar memulai segala sesuatunya dari bawah. agar kamu mengerti artinya berjuang. okay, cukup ceramahnya. Nah, jika kamu tidak punya kamera digital untuk menghasilkan foto yang bagus, atau budget kamu belum cukup untuk membeli kamera impian kamu. kamu bisa menggunakan kamera Hp sebagai gantinya.

contoh hasil foto produk untuk blog
       Contohnya adalah aku sendiri. disini aku hanya menggunakan Kamera dari HP. Hand phone yang aku gunakan adalah Vivo Y69. fitur yang disediakan dari HP ini cukup menunjang kalau kamu ingin punya foto dengan kualitas bagus. selain dari kamera utama, ada juga 6 fitur bawaan yang dapat kamu gunakan untuk menghasilkan foto ala-ala kamera digital. fitur yang selalu aku gunakan untuk mengambil foto produk adalah Professional. harga HP ini juga cukup terjangkau, aku beli desember kemarin sekitar 3 juta. mungkin sekarang sudah turun. sebelum menggunakan hp ini aku menggunakan Vivo Y21. sejatuh cinta itu sama Vivo. and now,  aku lagi nabung buat beli kamera, yuk nabung bareng aku...

ini adalah 6 fitur yang ada di aplikasi kamera HP ku. Professional, adalah fitur yang aku gunakan untuk take foto produk. 

    Namun selain dukungan dari gadget, untuk menghasilkan foto yang bagus kamu perlu memperhatikan beberapa hal. yang pertama yaitu:

Cahaya ( Lighting ), kalau kamu gak punya Ringlight kamu bisa mengandalkan Cahaya Illahi alias sinar matahari. Pengambilan gambar yang aku sarankan adalah sekitar pukul 08.00-10.00 wib kemudian 15.00-17.00 wib . Kenapa? karena ketika siang hari, kualitas gambarmu akan sedikit jelek karena ada efek dari bayangan sinar matahari.  dan dipastikan ini gratis ga pake bayar. kemudian hindari mengambil gambar pada malam hari. aku bisa pastikan hasilnya tidak akan paripurna dear, terlebih jika kamu gak punya ringlight.

Background Foto, untuk menghasilkan gambar yang menarik background foto adalah salah satu kuncinya, disini segalanya tergantung selera kamu. Kalau aku menyukai background dengan dominasi warna yang terang seperti putih atau biru pastel. Karena kesannya gambar akan kelihatan lebih mewah dan terfokus dengan produk yang ingin kita tunjukkan. diluar sana mungkin sudah banyak beauty blogger yang menggunakan bakground dengan kain bulu-bulu atau rumput hijau buatan. kalau kamu belum punya yang seperti itu, atau ingin menekan budget dulu, kamu bisa ikuti cara yang aku gunakan.

      Disini aku biasa menggunakan kertas karton putih ( Rp.2500,-) kamu bisa beli di tempat fotocopy. Aku juga menggunakan kertas karton Linen warna putih/biru pastel ( Rp.13.000,-) kertas ini memiliki ukuran 2 kali lebih besar dari pada kertas karton biasa dan teksturnya itu seperti kertas jeruk. Kamu bisa membelinya di Gramedia. baru-baru ini aku juga membeli kertas daur ulang di gramedia, pict nya akan aku tunjukan dibawah. harganya sekitar Rp. 11.000,-.

ini adalah kertas daur ulang yang bisa digunakan sebagai background foto

 - Accesories / Properti kamu bisa menggunakan banyak benda mulai dari yang lucu sampai yang tampak elegant tergantung selera kamu. penyusunan tata letak properti juga harus diperhatikan ya dear.

- Aplikasi untuk mengedit gambar, nah terkadang untuk mendukung gambar terlihat lebih keren, kamu membutuhkan aplikasi untuk mengedit foto. kamu bisa mendownload nya di Playstore
/Appstore. Aku sendiri menggunakan beberapa aplikasi seperti : VSCO, Snapseed, Phonto dan Photoresizer. aku akan menjelaskan fungsi mereka dipostingan selanjutnya. namun dear, sekedar saran.. disiniyang aku edit adalah hanya seputar kontras, saturation, eksposur, atau bokeh nya. aku tidak mengedit pict agar terlihat tampak mulus atau terlihat berbeda jelas dengan gambar aslinya. terutama jika pict nya memiliki banyak variasi warna. kalau terlalu edit nanti bisa merubah warna aslinya.

beberapa aplikasi edit foto yang aku gunakan, biasanya aku paling sering menggunakan VSCO dan PHONTO
     So, apakah aku perlu membuat postingan khusus tentang metode pengambilan gambar ala tari ? kalau iyah, boleh komen dibawah yah...

5. Tetukan Tema Tulisan

         Seorang Beauty Blogger tidak hanya melulu membahas soal review produk ya dear.. kamu bisa kasih tips-tips kecantikan, tutorial makeup, event report mengenai sebuah acara kecantikan, bahkan rekomendasi dari berbagai hal beauty yang kamu ketahui. kenapa? karena untuk review produk sendiri biasanya hanya orang-orang tertentu yang ingin membacanya. terkadang readers lebih tertarik dengan tutorial dan tips-tips kecantikan. aku ambil sample  masalah yang sangat umum di alami wanita dan pastinya mereka akan search di google untuk mencarinya. "bagaimana cara mengatasi jerawat dan kulit berminyak?''. Nah, untuk permasalahan yang seperti itu pastinya readers akan mendatangi blog dengan judul postingan yang sesuai dengan apa yang dicarinya. So, kamu juga harus pintar-pintar membuat judul postingan ya dear...

6. Perhatikan Kualitas Tulisan / SEO Blog

        Ini adalah salah satu hal yang sangat penting ketika kamu menulis blog. Usahakan tulisan kamu adalah sebuah review yang jujur berdasarkan pengalaman kamu. dan bukan dari hasil copy paste blog orang lain. karena walaupun kamu dibayar untuk membuat review suatu produk, adalah hal yang sangat disayangkan jika ternyata review mu tidak jujur. Perhatikan juga tanda baca dan kalimat pada tulisan. Tulislah sebuah postingan dengan minimal 500 kata. karena jika kamu bekerjasama dengan suatu brand, brand akan menyukai review dengan ulasan yang banyak atau penjelasan yang lengkap. Jika kamu bekerja sama dengan brand, dan ternyata kamu tidak terlalu menyukai produk mereka. Gunakan lah bahasa yang sopan dan usahakan memberikan solusi setelah mengkritik. sehingga kerjasama yang terjalin tetap berjalan dengan baik.

7. Harus ada Produk ?

        Kenapa aku bilang harus? karena kalau tema tulisan kamu adalah review, ya kamu emang harus punya produk untuk dibahas. Nah disini aku akan menjelaskan sedikit, untuk beauty blogger pemula.. kamu gak harus punya barang-barang baru, atau produk-produk yang kamu beli hanya untuk di review. artinya kamu dengan sengaja beli cuma untuk mereview. gak harus ya dear, kamu bisa memulai dengan produk-produk yang emang kamu sudah punya dan kamu pakai sehari-hari. kamu bisa sharing dan kasih tau gimana pendapat kamu mengenai produk tersebut. jadi gak harus mengeluarkan biaya yang sia-sia.

kamu bisa review produk harian yang sering kamu gunakan. 
Trus gimana dong kak supaya bisa dapat produk gratisan? seperti Endorse gitu?

      Pertanyaan yang cukup sering didengar sana-sini kan yah... Nah, untuk mendapat produk gratisan kamu harus membangun nama kamu terlebih dahulu. Dibilang ngeksis juga bisa, tapi ngeksis yang berkualitas  ya dear.. Dimulai dari cara kamu mereview, seberapa bagus foto yang kamu ciptakan, kemudian kualitas tulisan kamu, dan tentunya tampilan blog/template blog kamu.

8. Harus Punya Sosmed

      Yupp, ini adalah pelengkap dari semua tulisan yang sudah kamu buat. Dengan menggunakan sosmed kamu bisa mengeshare dan mempromosikan tulisan yang sudah kamu buat di blog. Tulisan yang di share sosmed tentunya akan meraih jumlah pengunjung blog yang lebih banyak. Dan brand-brand kecantikan pun akan lebih mengenal kamu lewat tulisan-tulisan yang kamu promokan di sosmed. Terlebih lagi bila banner atau foto yang kamu buat menarik dan memiliki nilai jual. Beberapa sosmed yang perannya cukup menunjang untuk dijadikan wadah promosi yaitu : Instagram, Facebook, Twitter dll. Dan modal kamu disini cukup hanya dengan membeli kuota Internet. Saran aku untuk kamu  pengguna situs jejaring sosial Instagram buat lah feed IG mu yang menarik untuk dilihat karena itu akan jadi salah satu pertimbangan sebuah brand ketika ingin menjalin kerjasama denganmu. tentunya selain melihat jumlah followers dan kualitas tulisan/foto.

aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan tulisan kamu. 

salah satu contoh promo di akun Instagram
9. Membangun Relasi

      Kamu bisa memperluas pertemanan kamu lewat media sosial dengan cara sering ikutan kolaborasi makeup, atau kolaborasi dalam menulis blog. semakin sering kamu melakukan kolaborasi , maka semain banyak hal positif yang kamu dapatkan. mulai dari kemampuan yang terus meningkat, ilmu tentang makeup, ilmu tentang SEO Blog dsb. membangun relasi juga bisa kamu lakukan dengan cara sering mengikuti berbagai beauty event. kamu bisa mengecheck informasi mengenai beauty event di sosmed nya brand-brand kecantikan. kalau kamu khawatir soal harga, kamu bisa mengikuti free event , tinggal kamu yang harus rajin dan pintar-pintar memilih. oh iya, melalui relasi juga kamu akan sering mendapat info mengenai event tertentu. dan artinya, kamu juga gak boleh pelit informasi

        Over all, itu dia tadi beberapa hal yang dibutuhkan dan yang harus diperhatikan ketika kamu ingin menjadi seorang beauty blogger. dan semua hal yang ditulis diatas adalah murni dari hasil pengalaman aku dan tentunya versi aku. kalau ada yang terlewatkan olehku, please tolong koment dibawah yah.. semangat memulai segala sesuatunya dear, dan ingat jangan biarkan keterbatasan membatasi impian dan cita-cita kamu. seperti pepatah mengatakan tak ada rotan akar pun jadi. thankyou so much for reading, semoga bermanfaat untuk kamu semua yah..



Follow me on :

Fanpage : Miss Tariita
Instagram : @misstariita
Twitter : @tariitaas
Email : misstariita@gmail.com