Cuaca panas emang udah bener kalo minum es cincau ya ga ? Udah seger kaya akan serat dan bisa memperlancar pencernaan bicara soal cincau, dikutip dari wikipedia yang menjelaskan bahwa cincau merupakan gel atau agar agar yang berbahan dasar daun cincau yang diperas daunnya dan diambil airnya kemudiandiendapkan hingga menyatu  dan padatseperti agar-agar, cincau ini udah ada dari jaman dulu yang asal katanya xiancao yang dilafalkan oleh warga tionghoa di Asia Tenggara.


Cincau tidak hanya sebagai minuman penyegar tapi juga kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti yang dijelaskan diatas bahwa cincau bisa membantu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh, selain itu cincau juga membantu menenangkan dan meredakan sakit tenggorokan serta membantu mengontrol tekanan darah tinggi dan mencegah kolesterol dan masih banyak manfaat-manfaat lainnya.


Cincau bisa dicampur di berbagai minuman seperti es campur ataupun es teler. Semakin berkembang nya zaman cincau juga diproduksi dalam minuman kaleng yang dijual di pasaran, swalayan, supermarket dll. cincau juga dicampur dalam es santan dan gula merah, seger banget ga sih? Yang baca ikutan ngiler kan :D ga cuma itu cincau dicampur dalam es teh tarik cincau, bajigur cincau, es susu cincau dan terakhir es cappucino cincau atau a.k.a bahasa kerennya capcin  :D seperti yang aku buat ini, ini adalah contoh minuman es cappucino cinta hitam.


Cara membuatnya cukup mudah, cukup siapkan cincau, cappucino, air hangat dan es batu. Potong dadu atau serut cincau kemudian campur kedalam cappucino dan setelahnya di tambah es batu (biar makin seger) tips biar ga terlalu makan es batu atau ingin cepet dingin masukkan cappucino dan tuang air hangat sedikit saja lalu aduk rata, dan tambah air biasa atau air es terkahir baru tambah es batu. Cukup gampang dan bahan nya pun mudah ditemuin.


Cincau ga cuma ada di bulan puasa karena biasanya cincau ada di pasar-pasar tradisional atau kalian bisa tanam sendiri tanaman cincau nya dirumah, kebetulan dirumahku ada tanaman cincau namun yang hijau dan masih sedikit daunnya, jadi belum bisa diambil karena masih terlalu sedikit dan masih muda.

Jadi selain sehat, harga cincau juga murah dan bisa ditanem sendiri kalo mau dan ga males dan kalo pengen minum bisa bikin sendiri ala rumahan ga perlu repot" beli keluar ya :).