Pada masa kehamilan membuat banyak perubahan bagi ibu hamil termasuk pada pola tidur ibu hamil. Pada masa trimester pertama, ibu akan merasakan mudah sekali untuk mengantuk terutama pada siang hari. Perubahan pola tidur memang menjadi sangat yang melelahkan bagi ibu hamil karena ada kombinasi dari sebuah rasa emosi, serta rasa kelelahan.

1. Pola tidur pada trimester pertama

Hormon progesteron merupakan hormon yang membantu untuk mengatur alur reproduksi perempuan. Hormon progesteron yang tinggi pada awal-awal kehamilan menyebabkan ibu hamil akan terasa lebih mengantuk apalagi disiang hari.

Akan tetapi hormon itu pula yang mengganggu tidur kalian juga pada saat malam hari, hingga pada siang hari akan merasa kelelahan kembali. Hormon tersebut memicu kandung kemih kerja lambat sehingga meningkatkan kuantitas produksi urine dan hal ini menyebabkan kalian mondar-mandir ke kamar mandi pada waktu malam sehingga mengganggu kualitas tidur kalian.

2. Pola tidur saat hamil trimester kedua

Pada masa trimester kedua akan ada beberapa kondisi lain yang mengganggu tidur kalian seperti, heartburn dan restless leg syndrome.
Pada waktu sore dan malam di masa trimester kedua akan mengalami restless leg syndrome yang bisa terjadi pada saat ibu tengah duduk dan bebaring. Hal tersebut akan membuat ibu hamil merasa tidak nyaman dan bisa menjadi parah pada saat di trimester ketiga.

3. Pola tidur saat hamil trimester ketiga

Pada masa trimester ketiga rahim akan membesar dikarenakan janin sudah mulai tumbuh membesar. Dalam hal ini ibu akan lebih sulit dalam menentukan posisi tidur yang nyaman.

 

Baca juga : Manfaat daun pandan untuk wajah 
                   Manfaat kecantikan dari buah bit 
                   Kurangi makanan ini untuk detox wajah berjerawat
sumber : lingshenyao.id