Benalu atau kemladeyan lebih diketahui oleh warga jadi tumbuhan perusak tanaman perkebunan. Tanaman yang hidup pada tumbuhan berkayu ini bisa mematikan inang yang ditumpanginya. 

Jadi tumbuhan parasit, benalu hidup dengan ambil nutrisi fundamen yang dipunyai oleh inang untuk seterusnya diproses jadi makanan serta daya buat kebutuhan tumbuh benalu itu. Sebab benalu ambil nutrisi fundamen dari inang, karena itu beberapa kandungan senyawa yang ada di benalu mirip inang itu. 

Dibalik daya perusak benalu, nyatanya ada beberapa faedah yang mengagumkan. Di di dunia penyembuhan, terutamanya kanker, tumbuhan yang sejumlah besar penyebarannya dibantu oleh burung ini tidak asing . 

Salah satunya type benalu yang cukup diketahui oleh warga ialah benalu teh. Benalu teh tidak disangsikan faedahnya jadi tumbuhan yang bermanfaat anti kanker. Serta harga juga telah membumbung tinggi. Ada lebih dari satu spesies benalu teh. Diantaranya Macrosolen Cochincinensis serta Scurrula Atropurpurea. 

Manfaat benalu disangka datang dari manfaat senyawa inang yang diisap oleh benalu. Seperti misalnya benalu teh yang bermanfaat anti kanker, manfaat itu disangka didapat dari senyawa flavon yang ada pada tanaman teh. Hingga sebelumnya benalu yang tumbuh pada tanaman lain seperti benalu randu, benalu waru, dan lain-lain dipandang kurang bermanfaat. 

Baca Juga
Herbal benalu teh
Benalu teh mencegah kanker

Benalu teh dapat dibuktikan dengan in vitro bisa menghalangi tumor crown gall serta riset deteksi kegiatan asparaginase dalam benalu teh bisa menghidrolisa asparagin. Asparaginase ialah enzim katalisator yang bertindak menghidrolisa asparagin jadi asam aspartat serta amonia. Dengan begitu sel kanker kekurangan asparagin yang menyebabkan kematian sel. 

Apa sebetulnya rahasia benalu, hingga banyak digunakan orang jadi obat bermacam penyakit? 

Menurut Richter dalam Phytochemistry No. 31 (1992), benalu Loranthaceae serta Viscaceae memiliki kandungan banyak flavonoid, seperti chalcones, flavanones, c-glycoflavonols serta flavan-3-ols. Flavonoid sendiri berperan jadi pelindung si benalu dari kehancuran yang dikarenakan oleh dampak cahaya ultraviolet serta bertanggungjawab pada warna bunga, buah, serta daun. 
Dalam pengetahuan farmasi, flavaoid diketahui jadi senyawa antiradang, anti-oksidan, pereda sakit (analgesik), antivirus, anti-HIV, menahan keracunan hati, antikelebihan lemak, merangsang kebal badan, jadi vasodilator (membuat lancar saluran darah), menahan penggumpalan darah, antialergi, serta antikanker. 

Kehadiran flavanoid itu di dukung oleh beberapa zat lain yang ada pada benalu, seperti proline, hydroproline, myo-inositol, serta chiroinosotils. Sesaat benalu famili Loranthaceae dipercaya banyak terkandung tanin. Senyawa ini ada pada tanaman benalu, karena hasil kerjasama asam gallic dengan catechin, yang mengakibatkan padatnya kandungan tanin pada daun serta tangkai batang. Dalam pengetahuan farmasi, tanin sering dipakai jadi obat diare, penawar toksin, antivirus, antikanker, serta anti-HIV. 

helo herbal

Berikut beberapa manfaat benalu teh, diantaranya: 
Menolong menyembuhkan beberapa penyakit kanker atau tumor (kanker rahim, kanker payudara, kanker usus, kista). 
Menolong menyembuhkan penyakit batu ginjal, gondok. 
Menolong turunkan kandungan cholesterol serta gula darah. 
Menolong turunkan darah tinggi, sakit pinggang, rheumatic, encok, dan lain-lain. 
Melembutkan kulit muka serta jadikan awet muda.