Properti Tari Merak - Apa yang dimaksud dengan properti tari merak? Secara umum, Properti Tari Merak adalah perlengkapan yang sering digunakan oleh penari tari merak ketika tampil diatas panggung. Properti ini terdiri dari kostum, busana, aksesories dan lain sebagainya. Penggunaan properti-properti ini biasanya digunakan sebagai pendukung kesempurnaan dari sebuah koreografi pada saat pentas.
Properti Tari Merak yang Biasa Dipakai Saat Pentas

Jenis-jenis Properti Tari Merak


Properti Tari Merak yang Biasa Dipakai Saat Pentas
Properti Tari Merak / foto: mikirbae.com

Apa saja Properti Tari Merak? Properti yang digunakan pada tarian merak ini terdiri dari beberapa jenis, mulai dari segi kostum sampai aksesorisnya. Jenis properti ini bisa dibedakan menjadi 3 bagian yaitu bagian kepala, badan dan bawah. Berikut adalah penjelasan tentang properti-properti yang dibutuhkan dalam tari merak:

1. Bagian Kepala


Properti pada bagian ini biasanya berupa aksesoris yang digunakan pada bagian kepala penari. Adapun properti-properti ini antara lain:
  • Mahkota, yaitu properti yang digunakan pada kepala para penari. Mahkota ini juga kerap disebut dengan istilah siger.
  • Garuda Mungkur, yaitu sebuah hiasan yang dikenakan pada kepala bagian belakang yang berbentuk menyerupai kepala burung merak.
  • Sesuping, yaitu bagian dari kostum yang berfungsi sebagai hiasan di telinga para penari.

2. Bagian Badan


Properti ini meliputi kostum atau busana yang dikenakan pada tubuh penari. Jenis-jenis properti tersebut antara lain:
  • Baju Atas, yaitu baju atas atau penutup dada. Properti  tarian merak ini hampir mirip dengan kemben. Bedanya terletak pada corak dan warna yang dibuat sedemikian rupa hingga menyerupai seperti bulu burung merak.
  • Apok, yaitu kain yang dikenakan melingkar di bawah leher dan menutupi dada penari. Apok ini biasanya dihiasi dengan berbagai motif-motif yang mencolok.
  • Sayap, yaitu berupa kain menyerupai selendang yang berguna untuk mendeskripsikan bahwa pakaian tersebut merupakan kostum yang menggambarkan burung merak. 
  • Sabuk, yaitu kain yang berfungsi sebagai ikat pinggang serta mengencangkan busana merak.
  • Sampur, yaitu hiasan yang terbuat dari bahan tisue menyerupai bulu merak.
  • Kilat Bahu, Yaitu aksesories berupa gelang yang dikenakan pada bagian bahu sebagai hiasan penari. Gelang ini biasanya berbentuk lingkaran berwarna-warni senada dengan kostum yang dipakai penari.

3. Bagian Bawah


Properti bagian bawah dari tari merak ini meliputi busana berbentuk rok yang motifnya dibuat serasi dengan properti yang lain.
  • Rok, yaitu bagian bawahan dari kostum merak yang sangat identik dengan corak serta warna burung merak berwarna-warni.

Rekomendasi Artikel Terkait Properti Tari 



Selain tari merak, jenis-jenis tarian lain juga membutuhkan properti sebagai alat pendukung. Berikut beberapa properti tari-tarian yang ada di Indonesia.

Kesimpulan


Itulah beberapa properti yang perlu disiapkan dalam pentas seni tari merak . Yuk bagikan sebanyak-banyaknya materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.