Seneng ada produk drugstore yang memproduksi cleanser ala-ala step korean skincare. Iya cleanser buat double (triple) cleansing. Amazingnya lagi, cleanser ini bisa dibilang rilis bersamaan. Yaah mungkin Pond's sendiri sudah ngerasa kaliyah kalo kulit butuh banyaj cleanser ga cuma toner-toner an aja.


Akhirnyapun mencobanya, agak telat ya dari jadwal rilis. Sebenernya ga telat si. Cuma aku kan emang ga langsung review hehe. Pond's Cleansing Balm dan Pond's Vitamin Micellar Water Brightening Rose nya kupake sekitar satu bulanan lebih deh, baru aku berani rilis review ini.

OKEY langsung mulai aja, btw aku review keduanya serempak yaa, perbagian gitu, semoga lofies ga bingung bacanya.
Seperti yang lofies tau, aku adalah pendukung garis keras metode cleansing dengan double cleansing atau triple cleansing. Pada awalnya aku pengen hanya cobain Pond's Cleansing Balm nya aja. Tapi ternyata waktu cek official store nya eeeh muncul produk cleansing lain, Pond's Vitamin Micellar Water. Dan kupilihlah varian Brightening Rose , karena kurasa ini yang paling fit dan kubutuhkan. Biasanya varian yang mengandung embel-embel rose itu punya kegunaan membuat cerah dan segar, juga sekaligus ada efek lembabnya. 
Nah setelah mempertimbangkan ini itu, akhirnya kubeli keduanya dengan harga tidak sampai 150.000 rupiah. Terbilang biasa saja si, tidak murah dan tidak mahal. Mengingat produk ini meski produk drugstore tetapi sebenernya kan juga produk import.

Package
Keduanya memiliki kemasan tanpa box luar, jadi hanya dilindungi dengan segel saja. Its okay cukup aman kok kemasannya, tidak masalah. Bahannya packagenya juga bagus, dan ga bisa dipungkiri warnanya sungguh aku suka haha.

Pond's Vitamin Micellar Water memiliki netto 235ml dengan botol berbentuk ramping yang mudah dipegang. Ga seberapa makan tempat juga sih kalo dibawa bepergian. Karena aku beli varian Brightening Rose jadi warna tulisan dan tutup botolnya dominan pink, manis.


Dibagian depan bawah botol juga diberi keterangan lebih dari sekedar pembersih make-up dan sebelahnya juga tertulis 5x lebih cepat mencerahkan. Yaah intinya memang jenis micellar water atau sering kusebut termasuk salah satu jenis toner pembersih yang lumayan oke dipakai sehari-hari.


Tetapi aku pribadi, menurutku nih ya. Meski digadang gadang micellar water ini aman meski tanpa dibilas air, sebaiknya tetap dibilas menggunakan air ya. Buatku hal paling netral sekaligus membersihkan hingga tuntas hanya dengan bantuan air pada saat menggunakan facial wash.

Bagian belakang botol tertera komposisi dan keterangan mengenai produk. Termasuk juga dijelaskan Bebas alkohol dan Botol dapat didaur ulang , jujur banget suka konsep ini. Jadi inget produk korea, yang kemasannya memang mudah didaur ulang hehe.


Untuk bagian tutup botol kemasan Pond's Vitamin Micellar Water, seperti itu, normalnya toner pembersih sih yaa. Biar mudah waktu diaplikasikan dengan kapas atau sponge. Btew kelihatan rapuh ya, tetapi engga kok itu plastiknya kuat dan lumayan seret juga. Jadi tenang aja ga akan tumpah. Juga produk ini memiliki tekstur murni air atau watery dan tidak ada minyaknya sama sekali yah.

Baiklah lanjut ke, Pond's Cleansing Balm. Waktu iklannya bermunculan, tau gasih beneran aku kira ini produk korea. Karena selama ini produk drugstore sama sekali engga pernah ada bentuk cleansing balm kan. Jadi pasti para pecandu skincare kek aku, berlomba-lomba cobain bahkan bandingkan.

Pond's Cleansing Balm memiliki netto 44ml, dengan wadah berbentuk jar double penutup. Ga ada box juga dan ga dilengkapi dengan spatula. Tapi its okay. Warna dominan packagenya adalah pink dan tosca muda, lucuu bange. Hahahahaha. Poduknya juga ga gede amat, normalnya cleansing balm. Jadi mudah juga untuk dibawa bepergian.


Nah gambar dibawah ini adalah double penutup yang aku maksud tadi. Jadi kemungkinan untuk ngasih dua perlindungan, supaya produknya tidak mudah meleleh. Karena nih jujur aja kalau tipikal balm kena udara terlalu panas, pasti nanti sedikit meleleh hehe. Ini pengalaman pribadi beberapa kali loh ya.



Ohya...kelupaan, nah dibagian depan package Pond's Cleansing Balm ditulis sejelas-jelasnya ya kalau produk ini memang untuk meluruhkan makeup, yang bisa juga berarti, akan lebih tuntas jika dilanjutkan dengan micellar water aatau toner pembersih kemudian dibilas dengan sabun wajah. Satu lagi tertulis juga moiaturizing skin, yang dapat diartikan produk ini cocok untuk semua jenis kulit terutama kulit kering. Jadi memang pada dasarnya tidak membuat mengelupas.


Tekstur Pond's Cleansing Balm, bagi yang belum tau nih ya, mirip dengan cara kerja lip balm. Terlihat padat tetapi pada saat produk sudah menyentuh kulit akan berubah bentuk alias luruh alias melting menjadi seperti tekstur oily atau berminyak gitu. Nah saat tekstur sudah menjadi minyak, maka make-up dan kotoran pada wajah akan lebih mudah dibersihkan.


Pada samping package produk, juga sudah dijelaskan cara penggunaan  Pond's Cleansing Balm dengan gambar dan petunjuk yang mudah dimengerti.

Fungsi dan Kegunaan Produk
Semua sudah pasti paham kalau Pond's Cleansing Balm dan Pond's Vitamin Micellar Water adalah jenis pembersih wajah. Biasanya digunakan dalam metode double cleansing atau triple cleansing.

Nih aku beri sedikit tips ya buat penggunaan kedua produk Pond's ini supaya lebih maksimal dan tepat guna :
  • Untuk varian Pond's Vitamin Micellar Water nya, carilah yang memang benar-benar dibutuhkan kulit (karena micellar water-nya memiliki banyak varian)
  • Penggunaan cleansing balm sebaiknya digunakan untuk membersihkan makeup biasa atau makeup berat , bukan untuk penggunaan daily saat tidak menggunakan makeup
  • Sebaiknya gunakan sponge untuk membersihkan karena akan lebih bersih dan amat membantu hidrasi kulit sehingga juga tidak iritasi

Kesimpulan Setelah Penggunaan


Aku ulangi ya sebelum menulis review ini, kugunakan kedua produk ini selama satu bulan lebih. 

Oke jadi selama penggunaan aku tidak ada masalah ataupun efek buruk saat penggunaan. Tidak purging, tidak juga breakout. Dan normalnya aku menggunakan cleansing balm, kulitku selalu terasa terhidrasi dengan baik. 

Pond's Cleansing Balm ini juga terbilang tuntas dalam membersihkan sisa makeup dan tidak membuat perih daripada menggunakan makeup remover yang mengandung alkohol.

Emmm...mungkin karena sebelumnya aku sudah menggunakan cleansing balm merk korea, aku lebih cenderung menyukai cleansing balm merk korea (dengan berbagai alasan).
Tetapi untuk jenis cleanser yang beredar di indonesia, aku rasa Pond's Cleansing Balm ini bisa menduduki urutan yang terbaik bahkan jika dibanding cleansing oil merk lokal.

Kalau kesan penggunaan Pond's Vitamin Micellar Waternya pun kubilang termasuk lumayan dan membuat kulit bersih juga mampu membersihkan sisa-sisa cleansing balm. Cocok banget untuk digunakan sehari-hari, ada kesan segar juga setelah menggunakan micellar waternya.

Sekian review dari aku ya lofies, makasih sudah membaca tulisan yang agak ruwet ini hehehehe.

Aku sengaja ga fotoin saat penggunaannya yah, bisa kalian cek di instagram aku @verdinvee uda kubuatin videonya~

repurchase? maybe yes
sampai jumpa di review selanjutnya.

Terima kasih.