Tentu bukan hal yang asing apabila stress akan pekerjaan. Bergelut dengan dunia kerja setiap harinya menimbulkan kepenatan tersendiri bagi yang merasakannya. Salah satu cara untuk menghilangkannya adalah dengan liburan, yang tentu saja itu hanya dapat dilakukan sewaktu ada waktu dan cuti pekerjaan. Namun beberapa cara dibawah ini dapat menjadi alternatif anda untuk menghilangkan stress akibat pekerjaan yang dapat dilakukan sepulang bekerja dan disela sela waktu luang.

1.meditasi

sumber: pixbay.com













Hal ini mudah lakukan, asalkan anda memang benar ada niat menenangkan diri. Carilah tempat yang sepi untuk duduk. Fokus pada pernapasan. Anda dapat melakukannya untuk mengawali hari maupun di tengah hari anda. Manfaat dari meditasi ini, akan membuat anda lebih fokus.

2. Mewarnai
sumber: pixbay.com













Jangan malu jika terlihat kekanak kanakan. Karena efek dari mewarnai ini dapat membuat anda tenang dan rileks. Cobalah melakukannya antara 10 sampai 15 menit. 

3. Mengingat

sumber: pixbay.com                                                                                                                   
Cobalah untuk mengingat hal apa saja yang sudah anda lakukan sepanjang hari anda. Jangan lupa untuk menarik napas dalam-dalam. Hal ini akan membantu anda lebih rileks.

4. Menikmati alam

sumber: pixbay.com    
 












menikmati alam tidak mesti harus pergi ke suatu tempat yang jauh atau khusus untuk wisata. Wilayah tempat tinggal anda, dapat anda manfaatkan untuk menikmati alam. Anda bisa mencoba duduk diam, menyaksikan pemandangan alam hijau di sekitar anda. Hal ini akan membantu anda menghilangkan kepenatan dan stress kerja.

5. Tidur

sumber: pixbay.com    













Pilihan ini tentu tidak asing lagi. Istirahatkan diri dengan tidur. Usahakan jangan bermain gadget atau komputer sebelum tidur. Berhentilah menggunakannya minimal dua jam sebelum anda tidur. Sebab,  cahaya biru dari perangkat elektronik, dapat menunda pelepasan melatonin, yang merupakan bantuan untuk anda agar tidur nyenyak.