Hi dear, kita semua pasti selalu mengidamkan kulit yang cerah, bersih dan sehat tanpa jerawat. Tapi sayangnya ngga semua orang memiliki kulit yang bersih dan sehat, banyak yang memiliki masalah kulit berupa flek, komedo, jerawat dan masih banyak lagi. Nah untuk yang punya masalah sama jerawat, aku mau kasih tips buat ngurangin jerawat dan bekasnya secara alami loh. Gampang banget kok caranya, yuk simak artikelnya sampai selesai ya.
Sebelumnya aku mau ceritain sedikit pengalaman aku beberapa Bulan yang lalu. Jadi, kulit aku tuh manja banget. Salah pake produk dikit jerawat, makan seafood banyak dikit jerawat. Pokoknya gampang banget deh jerawatan, padahal kulit aku tuh jenis kullit normal loh. Jadi gini, kenapa aku bilang kulit aku tuh normal? Karena pas kemaren jerawat aku lagi parah-parahnya aku sempet ke Dokter kulit, Dokternya bilang kulit aku tuh jenis kulit normal karena pori-pori aku ngga besar dan tekstur kulit aku juga bagus (ngga kasar). Aku juga ngerasa sih karena kulit aku gak terlalu berminyak dan gak terlalu kering, pokoknya udah berbagai macam cara aku coba buat ngilangin si jerawat ini. Selain ke dokter aesthetic, aku juga coba beberapa produk drugstore mulai dari produk lokal sampe ke produk luar, bahkan aku sempet coba skincare abal-abal yang lagi hits saat ini (tolong maafkan dan jangan tiru kekhilafan ku).
Singkat cerita, aku sempet ketemu temen yang dulu mukanya jerawatan parah banget bahkan jauh lebih parah dari aku. Saat itu aku kaget, karena mukanya udah bersih dan ngga radang lagi. Jerawat dia yang dulunya radang banget sampe bikin mukanya tuh merah rata udah kayak pake blush on di seluruh muka, saat itu udah tinggal kayak bekas-bekas item aja. Setelah aku kepoin akhirnya dia bilang kalo dia pake madu asli setiap malem selama 30 menit, dia juga bilang kalo efeknya baru keliatan setelah 3 bulan. Maklumlah namanya juga bahan alami, ga bisa cepet-cepet. Dari situ aku coba juga pake madu karena saat itu aku memang ngga pake skincare lagi, di aku efeknya udah keliatan dari 1 minggu pemakaian. Aku bersyukur banget karena jerawat2 di pipiku yang lumayan besar, hitam dan cukup banyak numpuk sana sini perlahan kempes. Apalagi jerawat-jerawat di pipi kiri aku udah bener-bener ngilang sama bekas-bekasnya, tinggal bruntusan di kening aja yang agak lama hilangnya. Butuh waktu sekitar 1 bulan lebih buat ngilangin bruntusnya, tapi aku udah seneng banget karena perubahannya bener-bener keliatan dan gak memakan waktu lama seperti perkiraan aku. Mungkin karena jerawatku gak separah jerawatnya temenku tadi ya.
Jadi, madu memang bagus banget untuk kalian yang lagi nyari cara ampuh buat ngatasin jerawat dan kusam. Ngga heran kalo banyak banget brand kosmetik atau skincare yang menggunakan madu sebagai bahan utama dari produk mereka. Karena selain bagus untuk jerawat, madu juga terkenal bisa melembapkan dan mencerahkan. Itu semua udah aku buktiin karena kemarin aku ngga pake skincare apapun selain facial wash selama 6 bulan-an, bahkan ke kantor pun aku cuma pake loose powder sama lipstick aja. Tapi mukaku tetep ngga kusam, ngga kering dan jerawat juga udah jarang banget muncul. Kalo muncul pun paling betah 3 hari dan langsung kempes, itu semua karena aku rutin pake madu setiap malem selama 30 menit.
Selain madu, kita juga harus memperhatikan faktor pendukung lainnya. Misal dalam segi makanan, lingkungan sekitar dan pola hidup sehari-hari. Usahakan selalu menjaga kebersihan ya, kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Makanlah makanan yang sehat, kurangi junk food dan makanan berlemak lainnya. Serta sempatkan olahraga walau cuma jalan kaki selama beberapa menit. Gunakan produk yang sesuai sama kebutuhan kulit kita, jangan lupa untuk selalu pake sunscreen ya girls meskipun kalian beraktivitas di dalam ruangan, cari sunscreen yang sesuai sama kebutuhan kulit.
Selamat mencoba!
Selain aku, ada yang pernah coba pake madu juga? Share pengalaman kalian yaa^^