Cara Menghitung Diskon - Pernahkah anda melihat tawaran diskon harga yang sangat menggiurkan saat jalan-jalan di supermarket atau pusat perbelanjaan lainya? Strategi promosi dengan cara memberi diskon harga besar-besaran seperti ini ternyata sukses menarik minat pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan.

Eiits.. Tapi jangan langsung buru-buru borong barang diskonan ya, ketahui terlebih dahulu harga awal dan harga setelah didiskon. Ini berguna agar anda dapat mengetahui berapa harga setelah didiskon dan anda pun mendapatkan persentase harga yang lebih murah dari aslinya.

Cara menghitung diskon ini sangat mudah dan sederhana, anda bisa menggunakan rumus matematika untuk mengetahui besaran diskon. Berikut rumus diskon dan contoh soal lengkap dengan cara penyelesaianya.

Cara Menghitung Harga Diskon
Cara Menghitung Diskon: Rumus, Contoh Soal dan Cara Penyelesaianya
Cara Menghitung Diskon: Rumus, Contoh Soal dan Cara Penyelesaianya

Cara menghitung harga diskon dari suatu barang sebenarnya tidaklah terlalu sulit, anda bisa menggunakan rumus matematika seperti dibawah ini :

RUMUS
Harga diskon = harga awal x persentase diskon

Contoh soal: 

Misalnya anda ingin membeli sebuah baju dengan harga Rp. 300.000, kabar baiknya baju itu ternyata diskon 35%. Jadi, berapakah jumlah uang yang harus anda keluarkan untuk membeli baju tersebut?

Penyelesaian:
Dengan menggunakan rumus diatas, maka hasilnya akan seperti ini.
Harga diskon = harga awal x persentase diskon
Harga diskon = Rp. 300.000 x 35%
Harga diskon = Rp. 300.000 x 35/100
Harga diskon = Rp. 105.000

Jadi jumlah uang yang harus anda bayar untuk membeli tas adalah Rp. 105.000


Cara Menghitung Harga Awal Sebelum Diskon
Cara menghitung harga awal sebelum didiskon dari suatu barang pun sama mudahnya, anda bisa menggunakan rumus matematika seperti dibawah ini :

RUMUS
Harga awal = harga diskon + persentasendiskon

Contoh soal:

Misalnya diketahui harga jual telur ayam setelah didiskon Rp 4.800- adalah Rp.19.200,-/ kg. Maka harga semula telur ayam tersebut (sebelum didiskon) adalah sebagai berikut.

Jawaban:


Harga semula = 19.200 + 4.800 = 24.000
Jadi harga semula telur ayam sebelum diskon adalah Rp.24.000,-/ kg.

Cara Menghitung Persen Diskon

Untuk menghitung besaran persen diskon dapat anda lakukan dengan rumur seperti ini:



Contoh Soal:

Misal diketahui harga semula Celana levis adalah Rp.240.000,-, dijual dengan potongan harga Rp.48.000,-. Berapakah persentase diskon dari celana levis tersebut?

Jawaban:


Persen diskon = (48.000/240.000) x 100% = 20%
Jadi persentase diskon harga celana levis tersebut adalah 20%.

Kesimpulan

Jadi, untuk menghitung harga diskon sesuai penjelasan materi diatas, baik cara menghitung diskon: rumus diskon, contoh soal dan cara penyelesaianya tidak selalu sulit bukan. Rumus penghitungan diskon ini juga bisa anda terapkan dalam usaha anda untuk menarik calon pelanggan yang lebih banyak. 

Seperti itulah cara menghitung harga diskon, sangat mudah dan sederhana bukan? Jika anda rasa artikel ini bermanfaat, silahkan share keteman-teman anda sebanyak-banyaknya. Salam!

 Cara Menghitung Diskon