bawang putih

Bawang Putih Ternyata Mampu Menangkal Radikal Bebas
Bawang putih yang selama ini kita kenal ternyata mengandung beraneka ragam senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Bawang putih dapat diolah menjadi minyak, minyak astiri hasil ekstrak dari bawang putih mengandung banyak protein dan nutrisi yang dibutuhkan oleh manusia.
Salah satu manfaat bawang putih yang paling melegenda, pada zaman mesir kuno para pekerja firaun mengkonsumsi bawang putih untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan stamina, yang berarti bawang putih juga turut andil besar dalam pembangunan piramid di Mesir. Baru – baru penelitian ilmiah membuktikan bila bawang putih mengandung senyawa yang sama kuatnya dengan antibiotik temuan Sir Alexander Fleming yang bernama Pinisilin

Penasaran seperti apa, hal menakjubkan yang dapat kita ambil dari manfaat bawang putih ?

  • Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Manfaat bawang putih ternyata dapat diandalkan untuk melawan radikal bebas. Bekerja secara alami untuk mengurangi dan mencegah senyawa radikal yang berkeliaran dalam tubuh.

  • Membantu Meringankan Penyakit Diabetes Melitus

Saat ini penyakit degenartif menjadi momok menakutkan bagi manusia yang hidup dijaman modern. Berbagai macam jenis kuliner dapat kita temukan dengan mudah. Mulai dari yang sehat sampai yang tidak sehat pun dapat dikonsumsi oleh semua umur. Bahkan, ada seseorang yang tahu bila makanan tersebut dapat berdampak negatif bila dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang tetap saja diteruskan. Minum – minuman beralkohol yang berbahaya pun saat ini tidak terkontrol penyebarannya. Sehingga menyebabkan penyakit seperti Diabetes Melitus yang awalnya adalah penyakit keturunan kini menjadi penyakit yang dapat menjangkiti manusia walaupun tidak diturunkan oleh orang tua.

Konsumsi bawang putih dipercaya dapat membantu penderita DM untuk meningkatkan produksi insulin lebih banyak sehingga dapat mengubah gula darah menjadi energi dan meringankan penderita DM.

bawang putih

  • Mengontrol Kadar Kolesterol

Orang dewasa saat ini memiliki salah satu masalah dengan kadar kolesterol tinggi mencapai 40 persen. Kita tahu jika kolesterol berlebih dapat menyumbat sistem peredaran darah baik ke otak maupun ke jantung. Jika yang tersumbat menuju jantung maka gagal jantung siap menerkam kehidupan jika ke otak maka stroke siap mencabut nyawa seseorang. Manfaat Bawang Putih ternyata dapat mengurangi jumlah LDL atau kolesterol sebanyak 20 persen.

Sebenarnya masih banyak lagi Manfaat Bawang Putih yang belum dapat kami sampaikan secara rinci. Jadi, silahkan baca buku khusus yang membahasa seputar bawang putih. Salah satu kekurangan dari bawang putih adalah baunya yang tajam, bahkan dicerikan dalam sebuah cerita fiktir bila vampire takut menghisap darah orang yang mengkonsumsi bawang putih. Saat ini sudah banyak yang menjual bawang putih dalam bentuk bubuk maupun minyak sehingga baunya dapat diminimalisir.

Baca Juga

  • Menurunkan Resiko Terkena Kanker

Beruntunglah bagi orang yang saat ini masih bertahan dengan bumbu tradisional yang terbuat dari bawang putih. Terungkap bahwa seseorang yang mengkonsumsi bawang putih 1 – 2 kali seminggu dapat mengurangi resiko kanker. Berbeda dengan orang yang sama sekali tidak pernah mengkonsumsi bawang putih maka dua kali lipat lebih besar beresiko terkena kanker.