Apakah itu demam berdarah dengue (DBD) ? 
Demam berdarah dengue atau biasa dipersingkat DBD merupakan penyakit menyebar karena virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti. Penyakit ini dipicu oleh satu diantara empat virus dengue. 

DBD dahulu sempat disebutkan penyakit “break-bone” lantaran kadangkala memicu ngilu sendi serta otot yang membuat tulang merasa retak. 

DBD skala awal memicu demam tinggi, ruam, serta ngilu otot serta sendi. Sesaat demam berdarah yang kronis, dikenal juga jadi dengue hemorrhagic fever (demam dengue) , bisa memicu perdarahan serius, penurunan tekanan darah yang mendadak (shock) , serta kematian. 

Sebegitu umum demam berdarah dengue? 
Juta-an masalah infeksi DBD berlangsung tiap tahunnya di penjuru dunia. Keadaan ini bisa berlangsung pada siapa juga tiada mengetahui status, type kelamin, serta umur. 

Penyakit karena gigitan nyamuk ini kerapkali menyerang di ruangan tropis serta subtropis, sepanjang musim hujan serta seusai musim hujan : 

Afrika 
Asia Tenggara serta Tiongkok 
India 
Timur Tengah 
Karibia, Amerika Tengah serta Amerika Selatan 
Australia, Pasifik Selatan serta Pasifik Tengah 
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat jika masalah demam berdarah di penjuru dunia bertambah sangat cepat dalam beberapa dekade paling akhir. Diperhitungkan ada seputar 50-100 juta masalah demam berdarah tiap tahun, serta seputar 1/2 dari populasi manusia di dunia beresiko terserang penyakit ini. 

Pertanda & tanda-tanda 
Apakah saja pertanda serta tanda-tanda DBD? 
Ada 3 type demam dengue, demam berdarah dengue, serta dengue shock syndrome. Berikut penuturannya : 

Demam dengue 

Tanda-tanda demam dengue classic kebanyakan diawali terlebih dulu dengan demam tinggi (>40 ºCelsius) sepanjang 4-7 hari seusai digigit nyamuk, dan : 

Sakit kepala kronis 
Ngilu di bagian belakang mata 
Ngilu otot serta sendi kronis 
Mual serta muntah 
Ruam 
Ruam mungkin keluar di seluruhnya badan 3 sampai 4 hari seusai demam, lantas menyusut seusai 1 sampai 2 hari. Anda mungkin alami ruam ke dua sekian hari selanjutnya. 

Demam berdarah dengue (Dengue hemorrhagic fever) 

Tanda-tanda dari dengue hemorrhagic fever mencakup semua tanda-tanda dari demam dengue, ditambah : 

Muntah tak henti 
Sakit perut kronis 
Susah bernapas seusai demam awal berhenti 
Kehancuran pada pembuluh darah serta getah bening 
Perdarahan dari hidung, gusi, atau dibawah kulit, memicu memar berwarna keunguan 
Sepanjang 24 sampai 48 jam kedepan, kapiler darah di seluruhnya badan mulai bocor. Elemen darah yang bocor bisa mengalir serta membanjiri rongga perut (peritoneum) serta rongga paru-paru. 

Perdarahan dapat beresiko memunculkan kehancuran pada kelenjar getah bening serta pembesaran hati. Type penyakit dengue ini bisa memicu kematian. 

gejala demam berdarah
demam berdarah

Dengue shock syndrome 

Tanda-tanda dari dengue shock syndrome merupakan yang paling kronis. Tanda-tanda demam syok mencakup semua tanda-tanda dengue serta demam berdarah dengue, ditambah : 

Kebocoran di luar pembuluh darah 
Perdarahan kronis 
Shock (tekanan darah sangatlah rendah) 
Type penyakit ini kebanyakan berlangsung pada beberapa anak serta orang dewasa yang alami infeksi dengue ke dua kalinya. Type penyakit ini kerap menyebabkan fatal, terpenting pada beberapa anak serta dewasa muda. 

Peluang ada pertanda serta tanda-tanda yang tak dijelaskan di atas. Jika Anda miliki kegalauan akan satu tanda-tanda spesifik, konsultasikanlah dengan dokter Anda. 

Kapan aku mesti check ke dokter? 

Kalau Anda miliki pertanda atau beberapa gejala di atas atau pertanyaan yang lain, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Badan semasing orang berlainan. Selamanya tanyakan ke dokter untuk mengatasi keadaan kesehatan Anda.

https://tanduranherba.blogspot.com/2019/10/gejala-demam-berdarah.html