Udah jadi niatan saya dan D kalau Baby D ulang tahun pertama nanti kami akan mengajaknya ke kebun binatang. Bukan tanpa alasan, kami selalu melihat Baby D senang sekali jika berinteraksi dengan binatang. Kalau lagi nonton TV dan ada binatang pasti heboh manggil-manggil, nggak takut untuk pegang dan elus-elus kucing, nggak takut nyamperin anjing tetangga, dan yang terbaru berani ngelus-ngelus ayam!

Baca juga: Neko Cat Café Malang

Nah kebetulan nih saya juga penasaran banget sama Taman Safari Prigen yang ada di Pasuruan, Jawa Timur. Tempatnya ya ampun deket banget dari rumah! Cuma berkendara 20 menit aja saya udah bisa lihat baliho besar Taman Safari Prigen ini melambai-lambai di pinggir jalan. Cukup menggiurkan Karena rute ini selalu saya lewati kalau mau ke Surabaya.

Akhirnya berangkatlah kami tanggal 17 Agustus (pas ulang tahun D) jam 8 pagi. Saya kira lokasi Taman Safarinya nggak jauh dari baliho yang sering saya lihat di pingir jalan itu. Ternyata eh ternyata masih masuk lagi dengan jarak tempuh perjalanan 5km! Hahahaha.. Bhaiklah sepertinya kami berangkatnya kesiangan :p

Di perjalanan kami sempat beli wortel untuk ngasih ke binatang nanti. Sebenarnya saya sudah bawa bekal wortel juga dari rumah, tapi takut kurang. Setelah kurang lebih 20 menit berkendara, sampailah kami di Taman Safari Prigen. Antrian tiket masuk lumayan banyak, maklum saja karena hari Sabtu. Kami bertiga membeli tiket tipe Rusa dan dikenakan biaya Rp.260.000 (@Rp.130.000, Baby D masih gratis). Harga segitu sudah termasuk peta, jadwal pertunjukan, dan stiker. Kalau di hari kerja lebih murah lagi, hanya Rp.90.000 per orangnya. Kata petugas tiketnya malah ada harga diskon kalau kita reservasi tiket via online. Duh sayang banget saya main pergi aja tanpa perencanaan dan cari info tiket promo sama sekali (tumben, wkwk). Yaudah nggak papa lah ya kan sekali-kali ☺

Setelah membeli tiket, petualangan safari kami pun dimulai! Bisa ketebak lah siapa yang paling heboh sepanjang safari adventure ini: Baby D! Dia aktif banget teriak-teriak manggil-mangil singa, harimau, badak, rusa, semua binatang dia panggil! Sesekali juga dia mengaum menirukan suara harimau yang sering didengar melalui sound book favoritnya. Kami berdiam lumayan lama di dekat habitat singa karena Baby D masih amaze gitu melihat si raja rimba, sampai di klaksonin dari belakang karena antrian sudah mengular. Ups, sorry!

Sesampainya di area rusa dan hewan herbivora, barulah kami membuka jendela dan menyuapi binatang yang mendekat dengan wortel yang kami bawa. Wortel yang saya siapkan dari rumah langsung ludes dong di 5 menit pertama. Untung beli lagi! Ini aktivitas yang Baby D senangi! Uh, dia nggak berhenti teriak-teriak dan minta untuk menyuapi rusa dan zebra lagi dan lagi!

Ada tiga zona di safari adventure yang bisa kami nikmati, diantaranya: Zona Afrika (zebra, jerapah, kambing gunung, dll), Zona Amerika – Eropa (Llma, bison, kalkun, dll), dan Zona Asia (rusa, banteng, orangutan, siamang, dll). We’re really enjoy the moment dan satu setengah jam menyusuri safari adventure ini sama sekali nggak kerasa!





Overall buat yang pernah Safari Adventure di Taman Safari Bogor, di Taman Safari Prigen ini nggak beda jauh ya. Menurut saya perbedaannya hanya di rute jalan dimana Taman Safari Prigen lebih menanjak-menurun dan berkelok, dan pengunjungnya yang relatif sedikit dibandingkan dengan yang di Bogor (walaupun pas weekend).


Kami lalu sampai di area parkir dan istirahat sejenak. Baby D anteng tidur puleeeees banget saking seneng dan capeknya teriak-teriak hehe. Habis sholat dan makan bekal di mobil, kami melanjutkan perjalanan untuk melihat educational animal show sesuai jadwal yang sudah kami dapatkan sebelumnya. Ada banyak sekali education shows yang bisa ditonton sesuai dengan tiket yang kita miliki. Tapii tujuan kami tentu melihat Tiger Show!

Karena D masih pulas bobok, kami memindahkannya ke stroller dan jalan menuju tempat show. Oh ya tips lagi nih buat yang pengen ke Taman Safari dan bawa bayi/balita, mendingan bawa stroller. Ini ngebantu banget karena kalau bawa gendongan akan pegel banget, belum lagi track jalannya yang naik turun. Jalanannya sudah stroller friendly kok ☺

Kami agak telat masuk ke Tiger Show nya karena makan dulu (IYA MAKAN LAGI, MAKAN TEROOOOS). Baby D juga masih bobok pas sampai di lokasi show, tapi dengan mudahnya dibangunin dan super excited melihat atraksi dari si harimau: memanjat pohon, melompat tinggi, dan berjalan di atas alang setinggi 4 meter!

Setelah PUAS banget nonton tiger show, kami melanjutkan perjalanan untuk lihat-lihat binatang lainnya . Kami lihat gajah, burung, ular, dan orangutan, belanja di toko souvenir, dan melaksanakan puncak kewajiban berkunjung ke Taman Safari: foto bareng anak singa putih! Hehehe. Tadinya mau foto sama harimau tapi harimaunya lagi tidur. Petugas DENGAN TEGAS melarang pengunjung membangunkan binatang yang sedang tertidur. Di point ini saya merasa salut banget sih. Taman Safari benar-benar bebenah secara kualitas dengan memperhatikan mental/psikis binatangnya, apalagi binatang yang untuk difoto. Mereka juga beberapa kali menyebutkan ketika melatih hewan untuk show, sama sekali TIDAK ADA kekerasan yang dilakukan terhadap binatang tersebut. Semoga nilai ini tetap terjaga ya, supaya peran kebun binatang sebagai sarana edukasi makin terjaga!

Pulas bobok :p





Jam menunjukan pukul 15.30, kami bergegas menuju tempat show terakhir yang ingin kami tonton yaitu Temple of Terror. Ketika masuk arenanya, wuih ternyata besar sekali! Pertunjukan masih dimulai 30 menit lagi tapi area tempat duduk sudah penuh terisi. Untung tempat duduknya berundak ke atas, jadi walau tinggi dan agak jauh, kami tetap bisa menikmati show. Senang dan seru sekali deh pokoknya!

Setelah selesai menyaksikan Temple of Terror kami lalu bergegas pulang karena Taman Safari Prigen tutup jam 17.00. Walau awalnya sempet agak nyesel karena nggak mempersiapkan tiket jauh hari sebelum berangkat supaya dapat harga diskon, tapi pengalaman berwisata ke Taman Safari Prigen ini bener-bener membekas karena memang seseru itu!

Padahal biasanya sebelum traveling kemana pun saya selalu menyiapkan segalanya lho, termasuk backup plan akan kemana kalau misalnya destinasi yang kami pilih mendadak tutup atau kami di tengah jalan berubah rencana. Jadi sudah menjadi kebiasaan gitu untuk mempersiapkan sesuatunya. Biasanya saya bikin list dulu dari hasil riset sana-sini mau kemana dan ngapain aja yang di rangkum dalam notes handphone. 

Kadang ngerasa ribet juga sih tapi hal kayak gini tuh benar-bener berguna. Apalagi kalau udah dapet diskonan, beuh, merasa jadi orang paling beruntung di dunia! Hahaha..

Nah kok saya baru tahu kalau ternyata riset per-traveling-an ini sekarang bisa dipermudah dengan Traveloka melalui vitur terbarunya, Traveloka Xperience #XperienceSeru. Jadi di Traveloka Xperience ini kita bisa mendapatkan layanan kebutuhan traveling dan lifestyle seperti produk maupun aktivitas, baik di dalam maupun luar negeri. Semuanya ada dan selengkap itu lho, mulai dari kuliner, tiket atraksi wisata, sampai kursus dan workshop

Nggak cuma itu, di setiap atraksi yang ditawarkan juga ada diskon atau penawaran menarik yang tentunya juga didukung oleh sistem pembayaran online dan customer service 24/7! Jadi kalau pas mau pesan dan bingung, bisa tanya-tanya aja langsung ke CS nya. Hehehe..


Nih misalnya ya, ketika saya memasukan keyword dengan kota tujuan “Malang”, akan keluar tuh destinasi wisata apa saja yang bisa dikunjungi, bahkan ada rangkuman highlight nya loh sama Traveloka ini menjadi top attraction in Malang! Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, nggak cuma itu aja ya, ada juga rekomendasi kuliner, tempat bermain anak, event, hingga tempat spa! Lengkap ya.

Nah coba lihat juga harganya deh, DISKON DONG. Iya memang sebaik itu Traveloka buat kita-kita yang haus jalan-jalan ini.. Lumayan kan selisih diskonnya bisa dikumpulin buat jajan boba. Hehehe..







Dan yang mau ke Taman Safari Prigen juga ada paket tour nya dong! Super simple banget tinggal pesan di Traveloka Xperience buat yang mau pergi private atau rombongan supaya nggak ribet. Satu paketnya juga sudah termasuk ke wisata kebun teh wonosari! Super worth it!




Mau liburan ke luar negeri? Tenang...  cuma di Malang atau Indonesia aja nih karena Traveloka Xperience memiliki sebanyak lebih dari 10 ribu mitra rekreasi yang tersebar di 60 negara! Jadi sekarang membuat itinerary nggak sesulit itu lagi :’)

Inget banget dulu pas nyusun itinerary ke Jepang harus bolak balik kesana-sini buat beli tiket JR Pass, sewa modem WiFi, beli tiket museum doareamon, beli tiket one piece tower, dll di tempat yang berbeda dan ada yang on the spot juga bikin deg-degan banget takut nggak kebagian. Ini semua sekarang BISA diakses langsung di Traveloka Xperience! Ada diskon pula! Duh makin cinta sama Traveloka <3 Tapi kenapa nggak dari dulu aja sih adanya! Huhuhu

Baca juga: Japan Stories



In conclusion, merencanakan traveling memang kadang sedikit tricky dan membuat siapapun malas melakukannya (hayo jujur? :p). Padahal perencanaan adalah aspek penting lho. Dengan merencakan perjalanan, kamu bisa mengetahui seberapa banyak pengeluaran yang harus disiapkan atau bahkan mengerem pengeluaran yang tidak diperlukan. Dengan adanya Traveloka Xperience, pengalaman liburan dan traveling akan makin berkesan dan terencana karena semua bisa diakses dalam satu pintu. Nggak perlu ribet kesana kemari, semua data dan keperluan ada dalam satu genggaman! ☺