Dikecewakan seseorang memang suatu kepahitan tak terlupakan. Memang pernah dikecewakan sama siapa sih? Wah, banyak deh, sampai saya lupa siapa-siapa saja orangnya. Cuma segelintir orang saja yang saya ingat karena memang terlalu mendalam kekecewaan yang saya terima. Salah satu cara saya melupakan kekecewaan itu dengan menerima keadaan yang sudah terjadi. Apalagi ketika tahu kekasih yang dicinta menikah dengan wanita lain, padahal ia berucap janjinya sama saya. Hufftt..cinta deritanya tiada akhir. Lah, jadi curhat, LOL.

Tiap orang memiliki cara yang beda menyikapi pengalaman pahit dalam hidup. Ada yang santai saja, bodo amat atau bahkan terbawa terus selama hidupnya. Pilihan terakhir yang paling bahaya karena seperti nggak ada ruang bahagia lagi di hatinya. Benar-benar menyudahi keadaan yang telah berlalu memang perlu waktu bagi tiap individu. Kalau saya termasuk cukup lama melupakan rasa kekecewaan itu. Saat sadar saya telah membuang banyak waktu berharga, I can say done with it.

Penyanyi Kun Saraswati
Kun Saraswati

Dari suatu kekecewaan sendiri atau pengalaman orang lain bisa dijadikan sesuatu yang bisa dibagikan bersama. Salah satunya lagu yang dinyanyikan oleh pendatang baru Kun Saraswati berjudul "Done" yang baru saja dirilis pada tanggal 4 Oktober 2019 di Greenhouse Coworking, Jakarta. Bagi yang suka lagu Indonesia yang mendayu-dayu, bikin tenang pikiran dan diwakili perasaannya, pas banget dengar lagu Kun Saraswati ini.

Senangnya saya berkesempatan hadir di malam perilisan lagu Kun Saraswati bersama teman-teman BloggerCrony Community. Suasana yang nyaman, santai dan tentunya memberikan kesan tak terlupakan bagi gadis kelahiran 9 September 1998. Malam perilisan single lagu pertamanya dihadiri oleh orangtua, eyang, kakak, keabat, sahabat dan orang-orang yang terlibat langsung dalam pembuatan lagu 'Done'.

Cinta Musik Sejak Kecil

Bakat musiknya sudah terlihat dari kecil. Passionnya akan musik memang mengalir dari darah keluarga besarnya, terutama dari kakeknya (ayah dari papanya Kun Saraswati) seorang musisi dan pemain piano. Di usianya saat 3 tahun, Kun Saraswati sudah menunjukkan bakat di bidang musik. Dari kecil ia juga sering mendengarkan lagu jazz yang dinyanyikan oleh ibunya dan lagu-lagu yang easy listening. Makanya terbawa dalam lagu Kun Saraswati satu ini yang bikin santai pendengarnya. Di usia 5-9 tahun ia mengikuti les piano klasik, belajar bermain gitar secara otodidak ketika memasuki SMP, dan mengikuti beberapa kompetisi menyanyi ketika SMP dan SMA buat melatih rasa percaya dirinya.

Judul lagu Kun Saraswati
Kun Saraswati with BCC Squad

Dalam menjalani dunia musik ia tidak setengah-setengah. Ia buktikan di usia 18 tahun mengemban pendidikan di Fakultas Ilmu Seni Musik Universitas Pelita Harapan (Peminatan : Jazz & Pop Musik Performance; major : vokal). Ia sempat deg-degan tidak bisa lolos kampus tersebut karena tidak melakukan tes ke kampus lain. Kun Saraswati masuk ke dalam jajaran para pengajar vokal di Music School of Indonesia (MSI). 

Memilih musik sebagai jurusan kuliah karena sesuai moto hidupnya yaitu "I love what I do and I do what I love", asyik juga moto hidupnya. Memang benar lakukan sesuatu yang kita suka dan hasilnya juga bagus. Kalau nggak bikin happy ucapkan saja there is no I love you, I'm done with you. Bye...selesai...ke laut aja loh. Judul lagu Kun Saraswati ini simple, tapi dalem.

"Done" Cara Kun Saraswati Lupakan Masa Lalu


Sebagai pendatang baru di dunia musik, Kun Saraswati ingin memberikan warna lagu Indonesia yang beda. Melihat kecenderungan orang Indonesia yang senang mendengarkan musik, maka Kun Saraswati coba mengekspresikan jawaban dari pendengar yang resah  dengan permasalahan hidup yang tak kunjung usai. Pesan yang ingin disampaikan lagu Kun Saraswati ini adalah banyak orang yang tak bisa mewakilkan perasaan mereka, mungkin dengan lagu yang ia buat bisa relatable dengan kisah orang di luar sana.

Lagu Indonesia Kun Saraswati
Lagu Indonesia yang memotivasi diri 

Lagu ini berangkat dari pengalaman pribadinya yang sering dikecewakan oleh orang-orang sekitarnya, maka lagu 'Done' tercipta sebagai pesan motivasi bagi Kun Saraswati agar tak perlu takut menyudahi hal yang dianggap toxin atau buruk bagi diri kita semua. Mengakhiri sesuatu bisa jadi awal mula yang baik bagi masa depan kita yang lebih baik pula. Jangan takut dengan kenyataan yang tak sesuai harapan, kalau nggak kuat bisa ganggu kejiwaan. Sedih yang wajar saja, yang penting bisa bangkit dari kesedihan and life must go on.

Kun Saraswati dalam menggarap lagu ini mengajak Eko Sulistyo (Mixing Engineer), Irvnat (Vocal Director), Alvin Witarsa (Orchestrator), Steve Corrao (Mastering Engineer), yang sudah terkenal dan sering bekerjasama dengan para artis ternama Indonesia dalam bermusik. Harapannya dengan kehadiran lagu Kun Saraswati berjudul "Done" diminati oleh pendengar musik Indonesia. Liriknya dibuat sendiri oleh Kun Saraswati dan dibantu juga sama kakaknya, Gobin. Lirik musik Kun Saraswati mengalir begitu saja, berawal dari kalimat take me with you, lirik selanjutnya yang dibuat selama 2 menit saja terciptalah lagu dalam berbahasa ingris.

Lirik musik Kun Saraswati
Senang bisa hadir di malam perilisan single perdana
Kun Saraswati

Lirik musik Kun Saraswati memang dibuat dari tahun 2016, terhalang dengan waktu kuliah sampai 2018 dan prosesnya sempat terhenti. Merasa sudah yakin dan ingin mewakilkan perasaan-perasaan orang lain maka awal tahun 2019 ia mantap menuntaskan lagunya. Belum ada rencana berkolaborasi dengan penyanyi manapun karena ia ingin fokus dengan karirnya dulu. Proses rekaman dilakukan dari bulan Juli sampai Agustus 2019. Kenapa mastering-nya dibuat di Amerika? Karena Kun Saraswati ingin mendapatkan hasil yang memuaskan.

Judul lagu Kun Saraswati "Done" pertama kali didengarkan oleh mama dan papahnya sebelum diedarkan. Pertama kali diputarkan di dalam mobil oleh mamahnya, papahnya malah tak menyangka itu suara anaknya. Berhasil dong Kun Saraswati memberikan kejutan bagi keluarganya.

Lagu Done Kun Saraswati
Kun Saraswati bersama keluarga besar
Saat malam perilisan lagunya

Lirik musik Kun Saraswati yang ini...

The Sky starts raining, 
But my heart keeps tracing

The storms are raging 
But my heart keeps falling

But if we knew, I'm done with you

Lirik tersebut mengisyaratkan motivasi untuk "keluar" dari keterpurukan akan rasa dan pengalaman negatif yang dialami oleh pendengar, sehingga mampu menghadapi hidup dan menjalani masa depan lebih baik. Move on coooyyyy....!

Mulai tanggal 4 Oktober 2019 lagu Kun Saraswati berjudul "Done" bisa didengarkan pada beberapa platform online streaming sepeti Spotify, Joox, iTunes, Deezer,Google, dan melihat lirik musik Kun Saraswati di YouTube Channelnya. Check  this out the video below. 





***