Ciplukan merupakan buah yang sering kita temukan di jalanan atau di tetangga kita. Tanaman ini bisa dibilang liar dan tumbuh di negara tropis. Buah ciplukan ini memiliki bentuk yang sangat unik. Tidak banyak orang mengetahui tentang buah ciplukan ini, yang memiliki manfaat yang cukup baik.

Tanaman liar ini memang sudah tidak asing lagi buahnya berwarna hijau dan ciplukan ini berbeda nama kalua didaerah tertendu kopok-kopokan di daerah bali, cecendet di jawa barat, nyurnyuran dalam Bahasa madura.

Rasanya yang manis asem ketika sudah matang, namun jika belum matang akan terasa getir rasanya. Ciri khas dari buah ciplukan ini adalah memiliki kelopak yang mengembung dan buahnya berwarna hijau. Namun manfaat dari ciplukan ini sangat baik untuk kecantikan.

1 . Mencegah penuaan dini
                Untuk tampil tetap muda merupakan dambaan semua orang terutama untuk kaum wanita. Hal ini memang membutuhkan waktu yang cukup pada untuk merawat wajah agar tetap terlihat muda walaupun umur yang semakin bertambah. Dengan pencegahan tersebut kalian perlu memilih untuk perawatan yang alami seperti dari buah cuplikan ini.
Kandungan yang ada pada buah ciplukan berupa vitamin C dan antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat membentuk kolagen yang bisa membuat anda terhindar atau lebih terjaga dari keriput yang datang sebelum waktunya.

2. Meremajakan kulit
                Dari kandungan yang ciplukan tersebut juga akan meremajakan kulit sehingga akan lebih cepat mengganti sel kulit mati menjadi sel kulit baru.

3. Membuat kulit halus
                Dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada cuplikan ini tidak hanya mencegah penuaan dini akan tetapi bisa membuat kulit wajah juga menjadi lebih halus.

4. Mengatasi kulit kering
                Manfaat yang ada pada buah ciplukan ini  sangat banyak tidak hanya pada kesehatan saja ini merukan dari sebuah perawatan kulit kering. Dan ini tidak terjadi pada wajah saja akan tetapi untuk semua anggota badan.

5. Memutihkan kulit
                Kulit hitam yang Nampak kotor  mungkin sangat tidak menarik untuk dilihat orang-orang. Dengan buah ciplikan yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan menggantikannya dengan sel kulit baru sehingga dambaan seorang wanita bisa sangat tercapai.
Baca juga : Manfaat daun mangga untuk kesehatan 
                   3 Makanan yang membuat Anda menjadi semangat di pagi hari 
                   Manfaat dan Bahaya daun sirih 

sumber : https://lingshenyao.id