Rasa-rasanya baru kemarin saya mengenal teknologi bernama komputer. Saya inget banget jaman saya masih SD, tiap abis pulang sekolah langsung buka komputernya kakak buat main game Feeding Frenzy. Rasanya udah paling gahul deh seantero sekolahan soalnya dirumah ada komputer, bisa maen game pula, padahal mah kalo dibandingin sama zaman now beeuuuhhhh kagak ada apa apanya tuh komputer saya dirumah.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat kita harus mampu mengikuti agar tak ketinggalan zaman. Kecepatan dalam mengakses informasi juga menjadikan diri ini tak perlu capek capek untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Tentunya hal ini juga membuat kita untuk terus mengupgrade diri agar dapat beradaptasi dengan sistem yang terus menerus mengalami pembaharuan.

Kehidupan dikantor selain menjadi staff IT, saya juga dituntut untuk bisa membuat konten kreatif guna memberikan edukasi kepada masyarakat dengan lebih interaktif melalui media gambar ataupun video. Tentu senjata utama saya agar bisa mengolah data tulisan menjadi visual haruslah ditunjang dengan laptop yang mumpuni. Selama ini untuk menunjang produktivitas, saya menggunakan Asus X441U yang mempunyai spesifikasi lumayan namun memiliki bobot yang lumayan berat untuk dibawa kemana-mana.


Seolah menjawab pertanyaan saya sekian lama, Asus menghadirkan VivoBook Ultra A412 yang memiliki design slim, stylish dan kemampuan yang mumpuni. Laptop yang mempunyai bodi yang sangat ringkas ini ini merupakan laptop dengan performa terbaik di kelasnya.
Hal ini dapat dilihat dari spesifikasi singkatnya yaitu di dukung dengan Intel Core generasi ke-8 dengan varian tertingginya ialah Intel Core i7-8565U serta di dukung oleh grafis Nvidia GeForce MX250 dan RAM hingga 8Gb.


Hal pertama yang menjadi perhatian saya ketika mendengar laptop mumpuni dengan spesifikasi tinggi adalah ukuran bodi laptop yang gede dan berat. Namun stigma saya akan hal tersebut dipatahkan dengan kehadiran laptop Asus VivoBook Ultra A412 yang memiliki panjang 32cm dan lebar 21cm atau seukuran laptop 13inc. Laptop yang memiliki ukuran 14inc ini terlihat seperti laptop berukuran 13inc karena memiliki NanoEdge Display yang memiliki ukuran 5,7mm atau bisa disebut bezel ultra slim. Saking rampingnya laptop ini, bahkan bisa masuk ke totebag yang biasanya saya bawa kemana-mana loh.

Kenyamanan lain yang bisa saya temukan pada laptop ini adalah beratnya yang cuma 1,5kg saja. Pekerjaan saya sebagai pembuat konten kreatif yang mengharuskan saya untuk stand by dan bawa laptop kemana-mana bikin saya agak kerepotan ketika membawa laptop yang memiliki ukuran besar serta berat. Namun hal tersebut sudah tidak menjadi hambatan karena ada laptop kecil nan gahar ini.


Design stylish juga dihadirkan pada Asus VivoBook Ultra A412 ini loh, dengan berbagai pilihan warna yang menarik, konsumen bisa memilih warna laptop sesuai dengan kepribadian masing-masing. Terdapat 4 pilihan warna yang bisa di pilih, yaitu Peacock Blue, Transparent Silver, Coral Crush dan Slate Gray.

Nggak heran laptop ini berhasil menyandang gelar "The World's Smallest Colorful 14-inch Ultrabook" karena memiliki ukuran 20% lebih kecil dibanding dengan laptop berukuran sejenis yang ada di pasaran.


Kecil-kecil cabe rawit mungkin pantas disematkan pada laptop satu ini karena memiliki design mungil dan spesifikasi tinggi. Dukungan Intel generasi 8 mulai dari Intel Core i-3, Intel Core i-5, Intel Core i-7 yang mampu dengan kecepatan hingga 4,6GHz.

Semakin keren lagi karena laptop ini dilengkapi dengan grafis Nvidia GeForce MX250 yang memiliki kecepatan 300-1050MHz, dengan mengusung 24 execution unit (EUs) dan diperkuat memori VRAM 2GB GDDR5 yang berkecepatan 7GHz. Serta sokongan RAM tertingginya 8GB dengan menggunakan sistem operasi Windows 10 64-bit yang berjalan pada penyimpanan 512GB PCIe x2 SSD.


Laptop ini juga memiliki resolusi layar Full HD (1920x1080) yang pastinya semakin memanjakan mata untuk nonton film, drakor maupun menunjang pekerjaan sehari-hari.
Tak hanya itu, kenyamanan lain yang ditawarkan laptop ini juga dihadirkan melalui keyboardnya yang memiliki backlit sehingga memudahkan kita untuk mengetik dalam kondisi minim cahaya atau gelap. Memiliki design engsel ErgoLift membuat body laptop ini sedikit terangkat dengan kemiringan mencapai 2 derajat sehingga aktifitas mengetik lebih nyaman serta membuka sirkulasi udara sehingga laptop tidak cepat panas.


Si kecil nan kece ini juga dibekali dengan penyimpanan SSD yang membuat kinerja laptop 25 kali lebih cepat dibandingkan laptop yang menggunakan HDD, kelebihan lain dari laptop yang menggunakan SSD yaitu laptop memiliki konsumsi daya yang rendah serta proses booting windows yang cepat.


Kelebihan lain yang juga ditawarkan dari Asus VivoBook Ultra A412 ialah sudah memiliki ports dengan generasi baru, mendukung teknologi fast charging dan baterai yang tahan lama. Fitur fast charging yang ada pada laptop ini mampu mengisi baterai dari 0% sampai ke 60% hanya dalam waktu 49 menit aja loh. Manteebb banget kan gaes?


Paket komplit yang dihadirkan pada laptop ini yaitu dengan adanya Windows 10 Original Pre-Installed gratis, jadi kalian nggak perlu nih merogoh kocek lagi buat beli Windows 10 Original karena ketika kalian membeli laptop Asus VivoBook Ultra A412 sudah dibekali dengan adanya Windows 10 Original yang sudah terintegrasi dengan fitur terbarunya yaitu Windows Hello.

Windows Hello disini merupakan fitur unggulan terbaru yang dihadirkan untuk menjaga keamanan data user atau pemilik laptop melalui autentivikasi sidik jari tanpa perlu repot mengetikkan password saat login ke Windows. Tak hanya itu, Windows Hello juga menyediakan fitur pemindai wajah untuk membuka Windows sehingga perangkat laptop dan data user hanya dapat diakses oleh pemiliknya saja.

Kalau ibarat kata, laptop Asus VivoBook Ultra A412 ini memanglah paket komplit untuk menunjang produktivitas serta mobilitas kerja melihat bahwa spesifikasi yang ditawarkan begitu menggiurkan dan mumpuni untuk kegiatan komputasi.