To tell you the truth, aku punya love-hate relationship sama yang namanya lipstik matte. Bibirku ini kering banget. Jadi, jangankan lipstik matte, dipakein lipstik biasa aja bibirku sering ngelopek gitu. Tapi, itu nggak menghentikanku buat beli lagi, beli lagi lipstik-lipstik matte. Secara ya warna-warnanya itu loh, nggak nahan banget kalo nggak diangkut pulang #girlproblem 😑😅

Godaan untuk beli-lagi-beli-lagi lipstik matte ini semakin menggila sejak brand-brand lokal memborbardir pasar dengan produk lipstik matte mereka. Sejak tahun lalu sampai sekarang, lipstik matte masih menjadi racun terdahsyat. Ya mau gimana lagi sih ya. Produk-produk lokal ini udahlah murah, gampang dicari, kualitasnya bagus pulak. Sapa juga kan yang nggak kalap. Huhuhu... 😓

Salah satu brand yang baru-baru ini ngeluarin lipstik matte adalah Pixy. Sebelum ini, Pixy sudah menghebohkan jagad per-lipstik-matte-an (?) dengan produk matte lip cream mereka yang highly recommended. Aku sendiri sudah nyoba satu warna lip cream mereka, dan memang kualitasnya bagus. Dan kali ini, alhamdulillah, aku berkesempatan nyobain sepuluh warna lipstik dari seri terbaru mereka, Pixy Matte in Love.



Pixy Matte in Love Lipstick mengklaim bahwa dia adalah lipstik yang menjawab kebutuhan para wanita Indonesia dengan hasil matte finish dan packaging yang slim sehingga mudah dibawa ke mana pun. Lipstik ini juga memberikan hasil yang lebih matte, mudah diratakan di bibir dan blendable. Pixy Matte in Love Lipstick ini cocok banget buat kita-kita para wanita muda yang chic, feminin, loveable, dan selalu ingin terlihat cantik.

Sejak pertama kali pegang bayi-bayi ini, aku sudah gemesh banget sama pekejingnya. Gimana enggak? Lihat deh desain dus luarnya, cakep banget. Warna dasar dusnya hitam yang dihiasi dengan kerlip bintang, nama produk dan logo Pixy yang cantik.



Di separuh atas dusnya diberi warna sesuai warna masing-masing lipstiknya, sedangkan di bagian atas dan bawah dus terdapat nomor dan nama warna lipstik. Ini memudahkan karena kita jadi nggak perlu buka-buka dulu buat tahu warna isinya.




Di bagian belakang dus terdapat klaim, sedangkan di bagian samping dus terdapat keterangan komposisi lipstik, tanggal kedaluwarsa, No. BPOM, info-info yang perlu kita ketahui, dan yang paling penting, logo HALAL dari MUI. Jadi, buat kita para muslimah, nggak perlu khawatir lagi kalau mau pakai Pixy Matte in Love Lipstick 😊




Next, kita lanjut ke pekejing bagian dalamnya. Pixy Matte in Love Lipstick ini dikemas dengan tabung berbentuk persegi yang dapat diputar seperti lipstik kebanyakan. Warna tabungnya didominasi oleh warna hitam dan ungu yang cantik banget. Di tengah tutupnya yang berwarna ungu terdapat logo Pixy, sedangkan di bagian bawah tabung terdapat beberapa keterangan serta nomor dan nama warna lipstiknya. Badannya sendiri polos tanpa keterangan apa-apa. 

Tabungnya ini kokoh dan tutupnya secure banget. Jadi, nggak perlu cemas tutupnya bakal kebuka sendiri. Bodi tabungnya juga langsing dan mungil sehingga cocok banget kalo mau dibawa traveling karena nggak makan banyak tempat.



Isi lipstik ini 4.4 gram. Isi segini menurutku sudah banyak banget ya. Setahun pun belum tentu aku bisa ngabisin deh kayaknya 😆

Secara tekstur, Pixy Matte in Love Lipstick ini walaupun diklaim memberikan hasil yang matte, tapi ternyata dia cukup creamy loh. Sewaktu dioleskan ke bibir, dia nggak kerasa kering dan seret walaupun aku nggak pakai lip balm dulu sebelumnya. Meski demikian, mengingat kekeringan di bibirku ini bisa dibilang parah, aku lebih suka pakai lip balm dulu sih sebelum pakai lipstik apa pun demi meminimalisir kelopekan (?) kulit kering yang nggak cantik banget itu 😓

Lipstik ini juga blendable banget seperti klaimnya. Ketika dioleskan, dia nggak menggumpal dan warnanya langsung kesebar merata di bibirku. Paling aku cuman ngerapiin tepi-tepinya aja, sebab aku memang suka belepotan kalo pake lipstik 😅 Setelah nge-set, lipstik ini memberikan hasil matte tapi nggak dead matte. Dia juga nggak bikin bibirku kering. Mungkin karena ada kandungan vitamin E-nya sehingga lipstik ini bikin bibir tetap lembap. Lipstik ini juga terasa ringan banget di bibir. Aku bahkan sering lupa kalo lagi pake lipstik ini.

Selain teksturnya yang enak, wangi lipstik ini juga asik. Baunya tuh manis macem permen Sugus. Aku kalo pakai lipstik ini, bawaannya kepengin ngacir aja ke toko tetangga buat beli permen Sugus rasa jeruk. Ish, paporitku banget dah itu. Lah, kok jadi ngomongin Sugus sik 😆

Untuk warnanya jangan ditanya lagi deh. Cakep semuaaaaa. Range-nya lengkap. Dari pink, merah, plum, oranye, sampai nude yang bener-bener pucat. Pigmentasinya juga oke banget. Sekali oles, warnanya langsung opaque.

Gimana dengan ketahanannya? Kalo di aku, Pixy Matte in Love Lipstick ini bisa bertahan sekitar enam jam tanpa makan dan minum. Aku tahu karena selama Ramadan ini nyaris tiap hari aku pakai lipstik-lipstik ini. Sedikit transfer pas kena air wudhu, tapi sebagian besar masih tetap di tempat. Lipstik ini bakal luntur kalo dibawa makan yang berat-berat, tapi masih nge-stain dikit. Jadi, menurutku, daya tahan Pixy Matte in Love Lipstick ini termasuk bagus.

Nah, sekarang kita sampai di bagian yang paling asik, yaitu full swatches. Penasaran? Do scroll down, Ladies!

Hand Swatches

Hand swatches for 104-211
Hand swatches for 310-507

Lip Swatches


Ini bibirku yang polosan, tanpa pewarna. Aku cuma pakai lip balm aja. Bibirku warnanya pucat di bagian dalam, sedangkan tepi luarnya hitam. Jadi ya belang gitu. Kalo dipakein lipstik yang kurang pigmented, bakal jelek banget jadinya. Nah, sekarang kita lihat, gimana performa Pixy Matte in Love Lipstick di bibirku yang belang ini.


Warna pertama di seri ini adalah Pop Pink. Seperti namanya, ini pink yang nge-pop banget. Warnanya pink cenderung coral dan lumayan neon kalo dipakai siang-siang bolong. Tapi, warnanya ini, aselik!, cakep banget. Langsung bikin mukaku kelihatan cerah tapi nggak berlebihan. Aku biasanya pake ini tipis-tipis aja buat ngasih kesan bibir pink alami.


Divine Rogue ini adalah warna merah dengan warm undertone. Bias oranye-nya kenceng banget. Nama bekennya, merah cabe 😁 Warna ini menurutku cocok buat segala occasion. Mau resmi atau cuman sekadar hang out bareng teman-teman, no problemo.


Masih di range warna merah, Red Fusion adalah warna merah cool tone yang punya dasar biru. Warna ini elegan banget dan kelihatan mahal. Aku ngerasa kalo pake warna ini, mukaku jadi ikutan elegan gitu deee 😆 Red Fusion ini cocok banget buat acara-acara di malam hari atau yang sifatnya resmi.


Blushing Rose ini warna pink nude yang kalem banget. Awal dipulaskan ke bibir, kukira bakal jadi pink barbie, yang mana aku kurang suka karena menurutku bikin mukaku kucel. Tapi, ternyata enggak loh. Setelah nge-blend, Blushing Rose ternyata cakep-cakep aja di mukaku. Trus, biar kata ini warna nude, ternyata dia mampu banget nutupin garis hitam di tepi bibirku. Keren banget 💗


Nah, kalo si Vibe Pink ini adalah pink fuschia. Ada sedikit bias ungunya. Terus terang, aku belum pede pakai warna fuschia macam ini, tapi ini cantik banget sih warnanya, dan mamaku bilang warna ini bikin mukaku kelihatan lebih cerah, yang aku setuju banget.


Dari namanya udah bisa dibayangin dong ya kalo ini warnanya pasti berbau plum atau ungu. Dan si Deep Plum ini memang unsur ungunya kenceng banget. Dari semua warna dalam seri ini, Deep Plum adalah warna yang paling kereng menurutku. Warna ini terlihat sophisticated, misterius, seksi, dan... nggak bakal berani aku pake keluar rumah 😅


Merry Orange ini warnanya unik banget deh. Dia oranye tapi bukan jenis yang nyolot gitu. Ada sedikiiit bias cokelatnya yang bikin dia wearable banget buat sehari-hari. Aku kalo pake si Merry Orange ini, mukaku langsung kelihatan segar. Me likey!


Exotic Nude ini warnanya mirip banget sama Merry Orange, tapi yang ini bias cokelatnya lebih dominan. Jadi, dia ini warnanya cokelat nude keorenan. Cocok banget deh kalo dibuat no-makeup makeup look. Dan menurutku, ini jenis warna yang bakal banyak digandrungi, secara dia memang jenis warna yang aman gitu buat semua skin tone. And again, seperti halnya Blushing Rose, warna nude yang satu ini juga bisa banget nutupin garis hitam di bibirku.


Ini warna kekinian nih. Serene Brown ini warna mauve pucat dengan bias cokelat dan abu-abu. Ini salah satu warna yang paling bikin aku terpana. Secara ya dilihat dari kotaknya aja udah ketauan banget kalo ini warna pucat banget. Aku udah su'udzon aja tuh, yakin kalo warna ini bakal jelek di aku. Eh, setelah dipake langsung di bibir, aku kok malah jatuh cinta. Pigmentasinya bagus banget untuk ukuran lipstik warna pucat. Bisa dilihat, kan, kalo dia bisa banget nutupin garis hitam bibirku? Dan warnanya ternyata cocok di skin tone-ku. Ah, keren banget nih si Pixy bisa bikin warna kayak gini 😍

 

Ini adalah warna terpucat di seri ini. Ginger Ale ini warnanya beige pucat. Jujur aja, dari semua warna di seri ini, Ginger Ale yang paling bikin aku "ngeri." Secara warnanya tuh pucat banget. Tapi, setelah aku coba, ternyata warnanya lumayan cakep dan nge-blend dengan oke di kulitku. Mungkin kalo di kulit yang lebih putih dari aku, warna beige-nya bakalan lebih nyata. Pigmentasinya pun sama bagusnya dengan warna lain. Dia bisa dipake sendiri atau sebagai campuran dengan warna lain. Kalo aku lebih sering pake dia buat bikin kalem lipstik-lipstikku yang warnanya bold supaya nggak terlalu nyolot 😄

🍋🍋🍋

Menurutku, semua warna Pixy Matte in Love Lipstick dalam seri ini nggak ada yang gagal di aku. Semua warna cocok di kulitku. Memang aku harus sedikit lebih usaha untuk pakai warna pucatnya, seperti Serene Brown dan Ginger Ale, tapi secara keseluruhan, warna-warnanya cantik banget. 

Teksturnya yang cukup creamy dan ringan nyaman banget di bibir. Warnanya juga punya pigmentasi dan daya tutup yang tinggi sehingga mampu menutup warna hitam di tepi bibirku. Bahkan, warna-warna pucatnya pun pigmented banget.

Aku suka sekali sama semua warnanya, terutama warna-warna nude-nya. Tapi, kalo memang harus milih satu aja, aku pilih Merry Orange. Akhir-akhir ini aku memang lagi seneng pake blush on dan lipstik warna peach untuk makeup sehari-hari, dan aku selalu ngambil si Merry Orange ini untuk melengkapi riasan yang segar dan santai.

Kamu tertarik juga mencoba salah satu warna Pixy Matte in Love Lipsticks? Atau mau mencoba seluruh warnanya? Cuss langsung ke toko kosmetik terdekat di kotamu. Atau kalo kamu mager keluar rumah, kamu bisa juga beli via online loh. Harganya pun nggak bakal bikin dompet menjerit, cuman Rp. 43.000,-.


Pixy Matte in Love Lipstick bisa dibeli di:

Offline Store
1. Alfamart (selected store)
2. Alfamidi (selected store)
3. Hypermart
4. Lottemart
5. Dan+Dan
6. Watson (selected store)
7. Guardian
8. Ramayana (selected stores)
9. BEAU
10. Lokal chain & lokal store

Online Store
1. Bibli
2. Lazada
3. Shopee


Pixy's Social Media
Instagram: @pixycosmetics
Twitter: @pixyindonesia
Facebook: Pixy Indonesia
Youtube: Pixy Indonesia
Official website: pixy.co.id