Cara Membuat DIY BB Cushion

'Sup, guys!
Kali ini aku update bukan tentang review, tapi tutorial (yeeayy~). Jadi, disini aku mau kasih tau ke kalian gimana sih cara bikin BB cushion yang sesuai dengan warna kulit kita? Dan bahan-bahannya bisa banget pakai yang sudah kalian punya sebelumnya, lho! Penasaran~? Yuk, lanjut baca ke bawah ya, guys!

DIY BB Cushion

"Karena sesungguhnya produk jenis ini masih belum banyak yang cocok dengan warna kulit yang lebih gelap dari orang Koreyah"

Kalian pasti tau dong kalau cushion ini pertama kali dipopulerkan oleh industri kosmetik dari Korea? Yep, mereka memang inovatif banget kalau tentang urusan kecantikan. Tapi, karena inilah jadinya shade untuk kulit gelap masih kurang banyak beredar di pasaran, karena (kebanyakan) orang Korea masih banyak yang tidak suka kalau kulit mereka terlihat gelap.

Ada sih, brand western dan beberapa brand kosmetik Korea (example: Laneige) yang punya shade untuk kulit orang Indonesia, tapi itu pun harganya bisa dibilang mahal (dan aku ga sanggup beli 😅). Jadi, untuk mensiasati agar tetap bisa punya BB cushion yang sama dengan warna kulitku, aku bikin sendiri deh pakai foundation yang sudah biasa aku pakai dan kita tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak uang untuk membuatnya 😁.

Dan.. Semua bahan yang aku pakai aman untuk oily to acne-prone skin which is nggak nyumbat pori-pori jadi tidak menimbulkan jerawat baru 🙆.

Bahan-Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat DIY BB Cushion

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Cushion Case:
- Tonymoly X Mighty Atom Luminous Goddess Aura Angel Glowring CC Cushion SPF50+ PA+++
Karena ini isinya sudah habis, aku akan pakai casenya aja yang ini karena lucu haha.

Cushion Sponge: 
- Bioaqua Snow BB Cream Air Cushion
Karena aku gasuka sama dalemannya si Tonymoly diatas, jadi kuganti dengan sponge dari cushionnya Bioaqua ini.

BB Cream:
- Missha M Perfect Cover BB Cream SPF 42/PA+++ (23)
Aku pilih pakai BB cream ini karena sudah ada SPF-nya (walaupun aku bakal pake sunscreen lagi sebelum makeup-an) dan coverage-nya bagus banget untuk sebuah BB cream, ringan juga dipakainya jadi cocok untuk sehari-hari.

Foundation:
- Purbasari Alas Bedak (Sawo Matang)
Aku akan tambahkan foundation ini karena kulit tangan aku lagi lebih gelap warnanya dari muka gara-gara kena sinar matahari terus 😅.

Primer:
- Maybelline Baby Skin Instant Pore Eraser.
Aku tambahin primer ini biar hasilnya lebih flawless, poreless, dan tahan lama.

Kalau kalian mau hasil yang dewy kalian bisa tambahkan dengan illuminator dan moisturizer. Kalian juga bisa tambahkan lagi sunscreen bila perlu.

Harga Bahan Untuk Membuat DIY BB Cushion

- Tonymoly X Mighty Atom Luminous Goddess Aura Angel Glowring CC Cushion SPF50+ PA+++
GRATIS! Aku dapet ini dari giveaway 0.8 Liter Korea, guys. Kalian juga bisa baca review aku tentang cushion ini disini.

- Bioaqua Snow BB Cream Air Cushion
Aku waktu beli ini sekitar Rp 39.000,- an kalau ga salah di Elevenia. Murah banget ga sih?! 😱

- Missha M Perfect Cover BB Cream SPF 42/PA+++ (23)
Ini aku beli pas lagi ada diskon di Shopee, waktu itu Missha baru buka di Shopee Mall dan kasih diskon yang gila banget! Aku beli seharga Rp 49.500,- untuk yang ukuran 20ml.

- Purbasari Alas Bedak (Sawo Matang)
Aku juga beli di Shopee dengan harga Rp 9.405,-.

- Maybelline Baby Skin Instant Pore Eraser.
Aku beli ini di Guardian, waktu itu baru keluar disini jadi dikasih diskon. Harganya Rp 79.000,-.

Kalau di total, jumlah uang yang aku keluarkan untuk bikin BB cushion ini cuma sekitar Rp 176.905,- lho, guys! Lebih hemat dibandingkan dengan membeli yang sudah jadi di pasaran, kan? 😁

Cara Membuat DIY BB Cushion

Sekarang, saatnya campurkan semua bahan yang ada!


Step 1

Step 1: tuangkan BB cream/foundation kamu ke container yang sudah tersedia. Jangan lupa di cuci + desinfeksi terlebih dahulu cushion case dan cushion sponge-nya ya!

Step 2

Step 2: tambahkan primer, moisturizer, illuminator, dan sunscreen ke dalam container. Sesuaikan dengan kebutuhan, hati-hati kalau kebanyakan bisa luber 😅.

Step 3

Step 3: Aduk sampai merata.


Step 4

Step 4: Jika sudah mendapatkan warna dan consistency yang diinginkan, berarti saatnya kita masukkan cushion sponge ke dalam container-nya. Kamu bisa tekan-tekan sponge-nya agar produknya bisa terserap sampai ke permukaan.

Step 5

Step 3: Final step! Saatnya masukkan container-nya ke dalam case. Jangan lupa untuk masukkan juga cushion puff-nya, ya, hihi..

Kalau kalian masih bingung gimana caranya aku bikin DIY BB Cushion ini, kalian bisa tonton video aku di bawah ini.



Bagaimana? Gampang banget kan bikin BB Cushion sendiri? Komen di bawah ini kalau kamu juga pernah atau baru mau coba membuat DIY BB Cushion kaya gini. Semoga tutorial ini membantu kalian.


Luvvv 💓