Perkembangan teknologi emang nggak main-main canggihnya, ya. Inget nggak aku pernah nulis tentang tes DNA beberapa waktu lalu? Nah, sekarang aku sendiri udah cobain teknologi tes DNA untuk tahu jenis dan kondisi kulitku sendiri. Hebatnya lagi, semuanya aku lakukan SENDIRI di rumah, lho. Penasaran nggak sih? Well, sebelum kita masuk step-step Test Kitnya, ada baiknya aku jelasin tentang ERHA.DNA dulu ya :)
Menurutku, pada tau lah sama ERHA Clinic, salah satu klinik dermatologi yang udah 20 tahun hadir di Indonesia dan punya banyak cabang juga. ERHA selalu berinovasi dalam perkembangan perawatan kulit, makanya setelah ERHA Skin dan ERHA Apothecary pun mereka kembali menghadirkan inovasi terbaru, yaitu ERHA.DNA.

Jadi, apa itu ERHA.DNA?

ERHA.DNA adalah sistem perawatan kulit pintar yang dapat membantu merawat kulit dengan tingkat akurasi yang tinggi karena diformulasikan sesuai dengan hasil tes DNA kita. Kemudahannya adalah kita bisa melakukan tes DNA dari rumah dengan layanan antar jemput dari ERHA.DNA.
Smart Skin Solution ERHA.DNA memiliki 3 raingkaian yamg tidak terpisahkan, yang terdiri dari:
- ERHA.DNA Mobile App (Smart Assistant)
- ERHA.DNA Test Kit (Smart Innovation)
- ERHA.DNA Skincare Products (Smart Treatment)

Gimana cara kerjanya?

Step 1.  ERHA.DNA Mobile App (Smart Assistant)
Pertama-tama kita harus download dan install aplikasi ERHA.DNA di Playstore/ App Store. Nanti setelah sign up kita akan diberikan beberapa pertanyaan untuk mengetahui jenis kulit. Setelah itu, kita bisa order ERHA.DNA Test Kit.

Step 2. ERHA.DNA Test Kit (Smart Innovation)
ERHA.DNA Test Kit ini terdiri dari Moisture Tester, DNA Swab, dan Skin Lens. Aku akan jelasin satu per satu ya kegunaan dan cara pakainya. Sebelum memakai Test Kit ini, kita bisa masuk dulu ke ERHA.DNA Mobile App terlebih dahulu, karena nantinya kita akan input hasil tes ke aplikasinya.

- Skin Lens
Step pertama untuk Skin Test ini adalah penggunaan Skin Lens untuk mengambil foto kulit kita dari dekat. Pastikan untuk membersihkan wajah (jangan berkeringat, kotor, basah, berambut) sebelum pake alat ini ya supaya hasil foto lebih optimal. Pasang Skin Lens pada kamera belakang handphone, lalu mulai foto dari dahi, pipi kanan, pipi kiri, dagu, dan hidung. Oh iya, jangan lupa nyalain lampu Skin Lens supaya hasil foto terlihat. Setelah beberapa menit hasilnya bisa langsung dilihat di aplikasi.

- Moisture Tester
Setelah selesai dengan tahap Skin Lens, aplikasi akan langsung mengarahkan kita untuk melakukan Moisture Tester. Sama dengan tahap selanjutnya, kali ini wajah juga harus bersih ya. Cara menggunakan alat ini lumayan mudah, tinggal dinyalain dan tunggu sampai bunyi "beep beep" terdengar, lalu tempelkan ke daerah dahi, pipi kanan, pipi kiri, dagu, dan hidung. Hasil pengukuran akan keluar setelah bunyi "beeep" panjang. Tiap bagian wajah akan diulangi pengukuran hingga 3x. Setelah selesai, tinggal lanjutkan ke step selanjutnya.

- DNA Swab
Step paling deg-degan menurutku karena ini pertama kalinya ngambil sample DNA sendiri dan takut banget sampai terkontaminasi, hehe. Ternyata sih lebih mudah dan nggak semenakutkan yang aku bayangin sih. Sebelum menggunakan DNA Swab ini, wajib gosok gigi terlebih dahulu dan beri jeda 30 menit tanpa makan/ minum. Caranya, keluarkan DNA Swab yang berbentuk seperti cotton bud panjang ini dari tabung, lalu tekan ke bagian pipi bagian dalam dengan agak kuat, lalu diputar sebanyak 30-40x. Setelah itu, biarkan mengering selama 1 menit dan pastikan nggak terkena benda apapun di sekitar kita karena bisa menyebabkan kontaminasi, nanti hasilnya jadi nggak akurat :") Setelah 1 menit, masukkan kembali ke tabung dan ulangi lagi untuk pipi sebelahnya. Next, tinggal minta Pick Up deh, masukin alamat dan pilih tanggal + waktu pengambilan. Tinggal tunggu 2-3 hari kerja, hasil tes DNA nya akan keluar di aplikasi.
Nanti kira-kira kaya gini deh hasil tes DNAnya, aku cukup terkagum-kagum karena hasil tesnya akurat banget. Kulit aku emang super kering, tapi di sisi lain aku juga sedih kulitku separah itu T.T Semoga dengan rangkaian ERHA.DNA Skincare Products yang aku dapatkan, kondisi kulitku bisa lebih baik :")

Step 3. ERHA.DNA Skincare Products (Smart Treatment)
Dalam waktu 2-3 hari kerja setelah DNA Swab di-pick up, aku langsung dapet rangkaian skincare ERHA.DNA yang udah dipersonalised sesuai kondisi dan kebutuhan kulit aku. Bahagia :")) ERHA.DNA Skincare Products ini terdiri dari 5 produk, yaitu Cleanser, Essence, Sunscreen, Day Moisturizer, dan Night Moisturizer. Review tentang produk-produk ini bakal aku tulis di next post, ya! Stay tuned~

Untuk nonton video unboxing dan cara pakainya, kalian bisa juga nonton di IGTV aku yaa di sini:
Oh iya, di ERHA.DNA Mobile App ini juga ada fitur Skin Journal, di mana kita bisa upload selfie setiap hari untuk melihat perkembangan kondisi kulit wajah kita. Penasaran? Pengen coba? Cus kepoin website ERHA.DNA atau instagramnya, lalu kalian juga bisa langsung download aja aplikasinya di Playstore atau App Store!