Kulit kering dan kusam menjadi salah satu masalah yang sering dialami kaum wanita terutama. Hal ini menjadi penyebab utama seorang wanita tidak percaya diri. Untuk mengatasi kulit kering dan kusam memang sudah banyak produk yang di jual di market terdekat. Produk nya banyak dan harganya sangat mahal, Namun yang di khawatirkan produk tersebut mengandung zat kimia.

Sebenarnya perawatan kulit kering dan kusam bisa dilakukan dirumah saja menggunakan bahan yang alami. Tentunya ini menjadi lebih efektif dalam menutrisi dan melembapkan kulit kering menjadi sehat kembali. Bahan apa saja yang dapat menjadikan kulit kering dan kusam menjadi sehat ?

Bahan untuk Mengatasi Kulit Kering dan Kusam
1. Susu

mengatasi kulit wajah kering dan kusam

Susu yang mempunyai kandungan antiradang mampu membuat kulit menjadi lebih cerah. Sensasi pada susu mampu menenangkan kulit sehingga menyembuhkan kulit kering dan gatal-gatal. Tidak hanya itu susu juga mampu melembapkan kulit yang dimana dapat meremajakan sel kulit mati dari kandungan asam laktat.

Kalian bisa menggunakannya secara rutin setiap hari. Usap wajah kalian dengan lap yang telah di celupkan ke dalam susu hingga 7 menit secara merata. Lalu lap kembali wajah kalian dengan lap yang sudah di celupkan ke air hangat.

2. Madu

mengatasi kulit wajah kering dan kusam

Madu merupakan salah satu pengobatan tradisional yang mampu memberikan manfaat pada kesehatan tubuh. Namun madu juga dapat membuat mengatasi kulit kering dan kusam. Banyak orang yang sudah mempercayai bahwa madu menjadi pelembap alami yang terbaik dan mengandung antioksidan. Kandungan yang ada dalam madu sangat membantu kulit menjadi lebih halus dan lembut.

Sebelum mandi kalian bisa oleskan madu tersebut pada kulit wajah atau tubuh kalian. Tunggu hingga 10 menit dan lakukan secara rutin sehingga meraih hasil yang maksimal.

3. Olive oil

mengatasi kulit wajah kering dan kusam

Minyak zaitun ini dapat memberikan kesehatan yang baik untuk mengatasi kulit kering. Kandungan antioksidan dan asam lemak nya sangat berpengaruh bagi kulit.

Oleskan minyak zaitun dengan rata pada kulit kalian dan lakukan sebelum kalian mandi. Pijat area yang ingin di oleskan atau bagian yang kering pada kulit kalian.

4. Minyak kelapa

mengatasi kulit wajah kering dan kusam

Tidak hanya pada minyak zaitun namun minyak kelapa juga bisa mengatasi kulit kering dan kusam. Kandungan asam lemak pada minyak kelapa mampu memberikan kelembapan pada kulit.

Oleskan minyak kelapa pada kulit yang kering, lakukan hal ini pada waktu sebelum tidur dan ketika kalian bangun langsung cuci. Lakukan secara rutin setiap hari.

5. Lidah buaya

mengatasi kulit wajah kering dan kusam

Tanaman lidah buaya sudah banyak yang merawat karena mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan salah satunya untuk mengatasi kulit. kandungan lidah buaya antifungal dan antiseptik yang mampu mengatasi kulit kering, gatal, dan mencegah kulit pecah-pecah.

Pilih lidah buaya yang nampak segar, potong lidah buaya, lalu oleskan pada kulit kalian. Biarkan dalam waktu 10 menit dan sesudah itu bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin dalam waktu 2 kali sehari.

Baca juga : Manfaat daun pandan untuk wajah 
                   Manfaat kecantikan dari buah bit 
                   Kurangi makanan ini untuk detox wajah berjerawat
sumber : fungsiherbal.com