Setiap wanita termasuk saya pasti berharap memiliki wajah yang cerah dan bebas dari jerawat. Produk skincare pun berlomba-lomba demi mewujudkan impian para wanita. Sebenarnya, merawat diri sendiri itu ga perlu mahal-mahal kok. Karena setau saya, semahal atau sebagus apapun produk skincare yang digunakan, akan sia-sia jika kita malas membersihkan wajah terutama setelah menggunakan makeup. Ditambah lagi kuas yang digunakan jarang dibersihkan. Kuas makeup yang kotor, lama kelamaan akan menjadi sarang bakteri yang akan menyebabka pori-pori wajah menjadi tersumbat. Tertutupnya pori-pori ditambah dengan pulasan makeup menimbulkan masalah kulit, salah satunya jerawat. Bahkan, akan mengalami keriput dini. Who wants that? Nah, berikut ini cara yang biasa saya lakukan untuk membersihkan kuas makeup :

1. Menggunakan facial wash/shampoo bayi
Ini gampang banget caranya, cukup siapkan mangkuk atau gelas, air secukupnya, dan sedikit facial wash atau bisa juga menggunakan sampo bayi (tergantung yang tersedia di rumah yang mana). Setelah diaduk, celupkan kuas (cukup hanya bulu-bulu kuasnya) dan putar-putar dengan lembut. Setelah kotoran sisa makeupnya terangkat, bilas dengan air hingga bersih. Kemudian serap sisa air menggunakan tisu bersih atau bisa juga dengan handuk yg lembut, ditepuk lembut dan diamkan kuas sampai kering kembali. Cara ini, biasanya saya pakai untuk kuas-kuas yang berukuran besar.

2. Menggunakan minyak zaitun/olive oil
Selain menggunakan sabun muka, minyak zaitun juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kuas makeup. Biasanya saya gunakan untuk kuas yang berukuran kecil seperti kuas untuk gel eyeliner atau alis. Caranya, cukup beri minyak zaitun pada ujung kuas dan gosokkan di telapak tangan kamu. Lalu bilas dengan air hingga bersih. Keringkan kuas menggunakan tisu atau handuk yang lembut.

Btw, saya punya beberapa tips agar kuas yang dibersihkan tidak cepat rusak. Hindari pemakaian air panas atau merendam kuas terlalu lama, karena kedua cara ini bisa merusak bentuk kuas dan membuat bulu kuas cepat lepas dari pegangan logamnya. Jadi mulai saat ini, selain rutin untuk merawat diri yuk jangan malas untuk membersihkan kuas makeup kamu 😊