Langkah Menangani Maag dengan Obat Medis 

Obat untuk menangani maag dapat dibeli tanpa atau dengan resep dokter. Obat bebas untuk maag ialah antasida. Bila maag tidak lebih baik dalam dua minggu sesudah konsumsi obat bebas, cepatlah berobat ke dokter. Sedang obat resep yang akan diberi dokter bila Anda alami maag ialah obat kelompok H2 receptor antagonist (H2RA), proton pump inhibitors (PPI), atau prokinetik. Dokter kemungkinan memberi antibiotik bila diduga ada infeksi bakteri pada lambung. 

Antasida

Ini adalah obat bebas yang disarankan untuk menetralkan asam lambung. Type antasida diantaranya mencakup kalsium karbonat, aluminum hidroksida, magnesium hidroksida, simethicone, serta sodium bicarbonate.
 
H2 receptor antagonist (H2RA) 
Ini adalah kelas obat yang bisa kurangi produksi asam lambung. Type obat yang terhitung kelompok H2RA mencakup cimetidine, famotidine, nizatidine, serta ranitidine. 

Proton pump inhibitors (PPI) 
Ini ialah kelompok obat yang efisien menangani maag, khususnya bila Anda alami ngilu ulu hati. Obat kelompok PPI dapat kurangi asam lambung. Paling tidak ada lima type obat yang terhitung dalam kelompok PPI yakni omeprazole, lansoprazole, rabeprazole, pantoprazole, serta esomeprazole. 

Antibiotik 
Antibiotik akan diresepkan oleh dokter untuk menangani maag yang dikarenakan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori. Antibiotik kerja dengan membunuh bakteri itu. Type obat yang terhitung kelompok antibiotik untuk menangani maag diantaranya ialah amoxicillin, clarithromycin, metronidazole, tetracycline, tinidazole. 

Obat prokinetik 
Obat ini menolong menangani maag lewat cara percepat proses pengosongan lambung. Yang terhitung dalam kelompok obat ini ialah bethanechol serta metoclopramide. 
Merubah Skema Makan serta Style Hidup 
Langkah menangani maag tidak hanya memakai obat-obatan medis dengan perbaikan skema makan, misalnya: 

helo herbal
obat herbal terpercaya

Pergantian menu makanan 
Jauhi konsumsi makanan pedas serta makanan yang memiliki kandungan banyak asam, seperti tomat serta jeruk. Jauhi minuman bersoda, cafein, serta minuman mengandung alkohol, dan makanan penyebab sakit maag seperti cokelat serta mint. 

Aplikasi skema makan yang lebih baik 
Anda dianjurkan konsumsi makanan dalam bagian kecil tetapi lebih Konsumsilah dengan pelan-pelan. Lakukan tidak untuk langsung berbaring sesudah makan, nantikan paling tidak 2 sampai 3 jam sesudah makan. 
Mengaplikasikan gaya hidup sehat butuh dikerjakan jadi langkah menangani maag, yakni dengan: 

Berhenti merokok. 
Tidak konsumsi cemilan saat telah tengah malam. 
Rajin olahraga serta kurangi berat tubuh bila dibutuhkan. Tetapi ingat, jangan olahraga sekejap sesudah makan. Paling tidak nantikan satu jam sesudah makan. 

Menghindarkan serta mengurus depresi. 
Tidak kenakan pakaian ketat, sebab bisa mendesak lambung serta membuat makanan naik ke kerongkongan serta menyebabkan penyakit asam lambung. 
Jauhi konsumsi obat-obatan yang dapat mengakibatkan sakit maag, seperti obat antiinflamasi non-steroid (OAINS). 

Therapy Psikologis untuk Menangani Maag 
Biasanya dokter akan menyarankan therapy psikologis atau psikoterapi bila pemicu maag terkait dengan permasalahan psikologis, seperti stres atau masalah kekhawatiran. Bila dikarenakan oleh depresi, karena itu dokter akan menyarankan untuk lakukan meditasi, latihan rileksasi, serta konseling jadi langkah menangani maag. 

Maag yang tidak segera diobati dapat makin kronis serta jadi tukak lambung. Serta, maag dapat memunculkan komplikasi seperti perdarahan, jaringan parut, kebocoran lambung, serta kanker lambung yang bisa meneror jiwa. Aksi operasi mungkin dibutuhkan untuk keadaan komplikasi yang kronis. 

Anda perlu tetap konsultasi ke dokter selanjutnya untuk tahu langkah menangani maag yang sesuai keadaan sebabnya. Dokter butuh lakukan kontrol fisik, ditambah kontrol pendukung seperti endoskopi lambung untuk memastikan pemicu maag. 

Anda butuh selekasnya konsultasi ke dokter bila maag dibarengi dengan mual muntah, muntah darah, susah menelan, kotoran berwarna hitam, sampai penurunan berat tubuh.

https://heloherbal.com/