Mengatasi Kulit Kering dan Kusam dengan ERHA TruWhite Activator Body Scrub & Body Moisturizer
Sebagai pengguna hijab dan pelanggan setia ojek online, kulit yang tidak tertutup seperti punggung kaki dan punggung tangan cenderung kusam dan belang karena paparan sinar matahari dan polusi. Apalagi di bagian tumit, sangat kering dan pecah-pecah. Eeww, tidak enak dilihat, kalau pakai heels atau sepatu yang terbuka, bikin gak percaya diri. Selain itu, meski pakai baju tertutup, penggunaan sabun non liquid membuat kulit jadi kering dan bersisik. Keringat juga menyebabkan sel kulit mati menumpuk. Ternyata permasalahan kulit perempuan berhijab ini banyak juga ya, hmmm.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, aku mencoba dua produk dari ERHA TruWhite Activator Series yaitu ERHA TruWhite Activator Body Scrub & TruWhite Activator  Body Moisturizer, ini merupakan produk OTC (Over The Counter) yang bisa dibeli di ERHA Apothecary tanpa menggunakan resep dokter, di mall-mall terdekat. Hingga kini sdudah ada 36 cabang Erha Apothecary yang tersebar di Indonesia loh.

Namun sebelum masuk ke reviewnya, mungkin ada beberapa dari kalian yang belum kenal dengan brand Erha, aku jelaskan sedikit ya.

Tentang ERHA


ERHA Skin, Hair and Laser Expert adalah klinik kecantikan yang diinisiasi oleh dr. Ronny Handoko, SpKK(K) sejak tahun 1999 di Kemanggisan Jakarta. Tersebar di 39 kota dan sudah membuka lebih dari 95 cabang di seluruh Indonesia, sebagai Erha DermaCenter, Erha Clinic, Erha Apothecary, dan Erha Skin.

Nah, untuk yang ingin konsultasi dan treatment di ERHA, bisa datang ke clinic terdekat di kotamu, karena sudah ada 19 cabang ERHA Clinic di Indonesia, tidak perlu khawatir karena didukung oleh dokter spesialis kulit yang menangani aesthetic sekaligus clinical dermatologist.
Mengatasi Kulit Kering dan Kusam dengan ERHA TruWhite Activator Body Scrub & Body Moisturizer
Karena ERHA ini basic-nya adalah klinik, tidak sedikit yang mengira bahwa untuk menggunakan produk-produk ERHA harus berdasarkan resep dokter. Padahal tidak ya, ada beberapa produk yang bisa dipakai tanpa resep dokter seperti ERHA TruWhite Activator Series. Datang saja langsung ke ERHA Apothecary di mall-mall terdekat. Sudah BPOM, jadi aman.
Mengatasi Kulit Kering dan Kusam dengan ERHA TruWhite Activator Body Scrub & Body Moisturizer
Nah, berikut ini caraku mengatasi kulit kering dan kusam dengan ERHA TruWhite Activator Body Scrub dan TruWhite Activator Body Moisturizer.

ERHA TruWhite Activator Body Scrub


Mengatasi Kulit Kering dan Kusam dengan ERHA TruWhite Activator Body Scrub & Body Moisturizer
Tahap pertama, aku menggunakan ERHA TruWhite Activator Body Scrub. Dikemas dengan botol plastik lunak berwarna putih, tutupnya mode flip top terbalik dan ada segelnya. Posisi tutup di bawah memudahkanku untuk mengeluarkan produk tanpa harus merotasi botolnya. Dilengkapi dengan bacaan berwarna hitam dengan design pelengkap warna silver, memadukan akses minimalis ekslusif.
Mengatasi Kulit Kering dan Kusam dengan ERHA TruWhite Activator Body Scrub & Body Moisturizer
Mengatasi Kulit Kering dan Kusam dengan ERHA TruWhite Activator Body Scrub & Body Moisturizer
Pada kemasan depan tertulis bahwa produk ERHA TruWhite Activator memiliki Active Whitening System yang membantu kulit terlihat lebih cerah dalam 7 hari pemakaian rutin. Dapat digunakan oleh semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif karena mengandung bahan anti inflamasi yang bisa  mengurangi iritasi, scrub lembutnya mengangkat sel kulit mati dan menjadikan kulit halus dan sehat. Sedangkan pada kemasan belakang dilengkapi informasi klaim, cara pakai, ingredients, produksi, POM dan Exp. Sangat lengkap memenuhi standard informasi produk.

Kandungan utama ERHA TruWhite Activator Body Scrub ini adalah Niacinamide yang terkenal baik untuk  mengurangi hiperpigmentasi dan mencerahkan kulit. Hiperpigmentasi itu sendiri disebabkan oleh produksi melanin yang berlebihan pada kulit, khususnya saat kulit terkena paparan sinar matahari. Penggunaan niacinamide berfungsi untuk memperlambat proses perpindahan melanin pada epidermis akibat sinar UV. Risiko pembentukan hiperpigmentasi pun akan berkurang.

Selain itu, niacinamide juga mampu meningkatkan sintesis kolagen. Kenapa sih kolagen itu penting untuk kulit? Kolagen adalah protein yang paling umum ditemukan dalam tubuh manusia. Kulit dengan kadar kolagen yang sehat tak hanya tampak lebih muda, tetapi juga lebih kuat. Menggunakan produk yang mengandung niacinamide mampu menstimulasi kulit kita agar tetap terlihat awet muda. Tentu mau dong kulit awet muda?

Ada lagi nih, nicinamide juga bisa meningkatkan fungsi barrier kulit. Skin barrier terdiri dari sel kulit terluar dan lemak yang mengandung ceramide, kolesterol, dan asam lemak. Gabungan lemak ini mengikat sel-sel kulit terluar dan membuatnya kuat. Skin barrier-lah yang menjaga agar kulit tetap terhidrasi dengan baik dan penghalang agar debu serta polusi dari udara tidak masuk lebih jauh ke dalam pori-pori kulit. Gimana? Makin cinta gak sama kandungan Niacinamide? Gak main-main loh efeknya.

Kandungan lainnya ada D-panthenol dan Shea Butter yang menjaga kelembaban kulit. Juga mengandung Menthol yang memberikan rasa sejuk dan segar selama pemakaian.

Tekstur ERHA TruWhite Activator Body Scrub ini cream putih ber-scrub kecil dan sangat halus, tidak menyakiti kulit sama sekali. Aromanya sangat relax, seperti aroma vanilla yang manis. Menenangkan banget saat me time dengan body scrub pencerah kulit ini.
Mengatasi Kulit Kering dan Kusam dengan ERHA TruWhite Activator Body Scrub & Body Moisturizer
Cara pakai ERHA TruWhite Activator Body Scrub, bisa digunakan saat kulit dalam keadaan kering ataupun basah. Untuk hasil maksimal aku saranin sih dalam keadaan kering. Gosokkan secara merata dengan gerakan melingkar ke seluruh tubuh, lakukan pijatan lembut. Scrub yang tadinya berwarna putih akan berubah warna menjadi abu-abu, sel kulit mati akan luruh bersama scrub yang digosok. Kemudian bilas dengan air hingga bersih. Gunakan secara teratur 1-2 kali seminggu. Gunakan pengganti sabun saat mandi, itu artinya tidak perlu menggunakan sabun lagi setelah pakai body scrub ini.
Mengatasi Kulit Kering dan Kusam dengan ERHA TruWhite Activator Body Scrub & Body Moisturizer
Sebelum - Saat Pakai Scrub - Setelah
Mengatasi Kulit Kering dan Kusam dengan ERHA TruWhite Activator Body Scrub & Body Moisturizer
Setelah dibilas, seketika kulit yang tadinya kering kerontang langsung lembut dan lembab banget. Bahkan efek cerah di pemakaian pertama pun terlihat. Aromanya yang relax lumayan tahan lama di kulit. Rasanya pengen pegangin kulit terus, kenyal gitu jadinya.
Mengatasi Kulit Kering dan Kusam dengan ERHA TruWhite Activator Body Scrub & Body Moisturizer
Kaki kiri sebelum pakai scrub, kaki kanan setelah pakai scrub
POM NA18180701011
Exp Januari 2021
Isi: 220g
Harga: Rp 199.000,-

ERHA TruWhite Activator  Body Moisturizer

Mengatasi Kulit Kering dan Kusam dengan ERHA TruWhite Activator Body Scrub & Body Moisturizer
Tahap selanjutnya, menggunakan ERHA TruWhite Activator  Body Moisturizer. Dari segi kemasan tidak ada yang berbeda dnegan body scrub-nya, sangat mirip. Yang membedakan hanya tulisan Body Moisturizer-nya saja. Untuk menjaga kelembaban kulit, bukan wajah saja yang butuh moisturizer dan krim pencerah kulit, badan juga butuh brightening moisturizer.
Mengatasi Kulit Kering dan Kusam dengan ERHA TruWhite Activator Body Scrub & Body Moisturizer
Mengatasi Kulit Kering dan Kusam dengan ERHA TruWhite Activator Body Scrub & Body Moisturizer
Selain Niacinamide, TruWhite Activator Body Moisturizer memiliki kandungan lain seperti Mulberry Extract yang menghambat pembentukan melanin sehingga dapat mencerahkan kulit, ada Allantoin sebagai anti iritasi dan memberikan efek soothing pada kulit. Sodium Hyaluronate mampu meningkatkan kelembaban dan menghidrasi kulit. Nah, kandungan lain yang bikin aku super excited adalah AHA (Alpha Hydroxy Acid) yang efektif mengangkat sel kulit mati sehingga kulit tampak lebih halus dan cerah, serta membantu regenerasi sel kulit baru dan kolagen untuk menjaga elastisitas kulit.

Tekstur TruWhite Activator Body Moisturizer ini cream putih gading agak seperti gel, sekali tekan produknya sebesar biji jagung saja sudah bisa menyeluruh ke dua telapak tangan hingga lengan. Mudah meresap dan tidak lengket. Aromanya enak dan tidak menyengat.
Mengatasi Kulit Kering dan Kusam dengan ERHA TruWhite Activator Body Scrub & Body Moisturizer
Cara pakai TruWhite Activator Body Moisturizer keluarkan moisturizer ke telapak tangan, kemudian olehkan ke seluruh tubuh. Gunakan pagi dan malam hari rutin setiap hari setelah mandi. Kenapa digunakan setelah mandi? Dalam keadaan lembab, produk akan dengan maksimal meresap pada kulit. Namun moisturizer ini juga bisa digunakan kapan saja kulit membutuhkannya. Semisal saat sedang dalam ruangan ber-AC kulit telapak tangandan tumit jadi kering, penggunaan moisturizer ini tentu akan membuat kulit seketika lembab kembali.
Mengatasi Kulit Kering dan Kusam dengan ERHA TruWhite Activator Body Scrub & Body Moisturizer
Sebelum - Sesudah
POM NA18180103407
Exp Maret 2021
Isi: 250g
Harga: Rp 199.000,-

Secara keseluruhan kedua produk ini benar-benar mampu mengatasi permasalahan kulitku yang kering, kusam dan belang. Terutama bagian kaki, punggung kakiku yang tadinya belang karena sering terpapar sinar matahari, terlihat lebih cerah alami dan perlahan mulai merata warnanya. Tumit yang pecah-pecah dan terlihat keriput karena kering, sekarang jadi lembab dan lembut. Aku jadi lebih percaya diri dengan. Kulit badan yang tadinya mengeluarkan sisik putih saat digaruk, sekarang enggak lagi tuh, kulit sehat banget. Super lembab dan kenyal banget. Aku merasa kulitku lebih awet muda dari usiaku sebenarnya haha.
Sekarang, aku tidak khawatir lagi naik ojek online dan seharian di ruangan ber-AC. Penggunaan produk Double Brightering dari ERHA TruWhite Activator Body Scrub & TruWhite Activator Body Moisturizer ini bakal jadi produk andalanku dan benar-benar Stay True bikin kulit Cerah dan Lembab.

Apakah kamu punya permasalahan kulit tubuh sama sepertiku? dua produk ini sangat aku rekomendasikan untuk kamu coba.


Info lengkapnya cek di:
Instagram: @erha.dermatology

Taken with mood & written with love

Agnesiarezita