MAKEUP_20180511170217_save

Sebagai orang yang aktif traveling, tetapi memiliki kulit sensitif, memang jadi problematika yang dilematis. Antara cuek bersenang-senang kapan pun, di mana pun, tetapi juga tetap ingin menjaga warna kulit supaya tidak gosong. Kulit wajah dan badan saya ini memang mudah gosong atau belang. Alhasil, selalu berurusan dengan perawatan untuk mencerahkan kulit, yang prosesnya cukup lama. Seandainya dari dulu mengenal rangkaian perawatan #DuoCerahCepat Garnier Light Complete Krim Siang dan Malam, pasti proses pencerahan kulit kusam bisa dipercepat!

 Dulu, saya punya cara mencerahkan wajah menggunakan bahan-bahan alami:

Lemon

Lemon mengandung vitamin C dan asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas penyebab kulit kusam.

Lemon juga agen bleaching alami untuk mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan kekusaman yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Yogurt

Yogurt mengandung vitamin B5 yang bermanfaat menyamarkan spot hitam bekas jerawat dan juga membantu mencerahkan kulit wajah. Asam laktat dan kalsium yang terkandung di dalamnya pun mampu melembabkan kulit wajah.

Tetapi dengan waktu luang yang semakin sedikit, sekarang, sih, sudah susah waktunya untuk membuat bubuk masker dari bahan-bahan alami tadi, ribet, lebih pilih yang praktis dalam bentuk sunblock dan pelembab.

Ya, sunblock dan pelembab wajib digunakan,  karena fungsinya yang berbeda.

Sunblock hanya berfungsi sebagai pelindung dari UV, bukan pencegah, mengobati jerawat, tetapi bisa melindungi jerawat supaya tidak meradang.

Sunblock juga tidak mencerahkan wajah atau menghilangkan flek hitam di wajah, tetapi bisa mencegah pembentukan melanin yang membuat wajah gosong, atau mencegah warna kulit tidak rata.

Nah, yang mampu mengobati jerawat, mencerahkan kulit, menghilangkan flek hitam atau bekas jerawat adalah tugas pelembab wajah, baik krim pagi dan krim malam.

Pelembab berfungsi untuk..tentu saja sesuai namanya..melembabkan, menghidrasi, dan menutrisi kulit.

Tapi jika kamu tetap ingin memakai pelembab atau krim pagi tanpa fitur tabir surya, maka kamu bisa menambahkan tabir surya pada tahap skin care terakhirmu sebelum memakai foundation atau bedak.

Waktu penggunaan krim malam dan krim pagi tentu disesuaikan dengan sebutannya, karena kebutuhan kulit di siang dan malam hari sangat bertolak belakang.

1. Krim pagi atau siang

Didesain untuk digunakan sebelum memakai make up, jadi teksturnya lebih lembut dan cepat diserap oleh kulit, tanpa menutup pori-pori kulit. Juga untuk memberikan perlindungan dan memperkuat kulit selama kita beraktivitas di siang hari.

Komposisi:
Umumnya krim pagi/siang mengandung moisturizer dan SPF, untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, photoaging, dan radikal bebas.

2. Krim malam

Didesain untuk merawat, memperbaiki, meregenerasi kulit wajah yang rusak setelah seharian terpapar sinar matahari dan polusi.

Komposisi:
Kandungan moisturizer-nya lebih kaya daripada krim siang, karena bertugas untuk melembabkan kulit sepanjang malam, supaya proses regenerasi sel-sel kulit tetap dapat berjalan lancar.
Juga dilengkapi oleh bahan-bahan yang penting untuk mencegah penuaan kulit.

Jadi, krim mana yang lebih penting? Keduanya tidak diciptakan untuk dipilih, tapi saling melengkapi!
Krim pagi atau siang bertugas untuk melindungi, krim malam bertugas untuk merawat.
Mau kulit bersih, sehat, cerah? Ya harus mau sedikit ribet memang. But worth.

Nah, sekarang ada solusi pas untuk mencerahkan kulit kusam yang komposisinya mencakup bahan-bahan alami di atas, tetapi berupa pelembab yang sudah mengandung SPF. Lebih praktis lagi, kan?!

Yang saya maksud adalah rangkaian perawatan #DuoCerahCepat Garnier Light Complete Krim Siang dan Malam untuk mendapatkan wajah cerah lebih cepat.

20180511_170524

Krim siang: Garnier Light Complete White Speed Day Cream

Garnier Light Complete White Speed Day Cream with SPF19 ini untuk semua jenis kulit. Fungsinya untuk mencerahkan dan melindungi kulit dari sinar UV dan polusi di siang hari.

Kemasannya didominasi oleh warna kuning terang. Tersedia dalam ukuran 20ml dalam tube kecil pipih dan 50ml dalam kemasan jar.

Cara pemakaian:
Bersihkan dahulu wajah sebelum mengoleskan krim pagi, karena akan lebih baik hasilnya pada wajah yang sudah bersih. Oleskan krim pada pada seluruh wajah dan leher. Biarkan beberapa detik untuk meresap ke dalam kulit, sebelum ditimpa make up.

Krim berwarna putih ini teksturnya agak padat, jadi perlu sedikit waktu untuk membaurkan. Saat diaplikasikan di kulit wajah, kulit terlihat lebih putih tipis-tipis, mungkin sisa residu dari krim. Finishing-nya cenderung matte. 3-4 jam kemudian, warna kulit jadi normal lagi.
Karena kulit saya cenderung berminyak, awalnya kulit berasa agak keset setelah diaplikasikan krimnya, tetapi 4 jam kemudian jadi oily, namun tidak berlebihan. Kulit wajah saya memang mudah oily begitu.

20180511_170457

Krim Malam: Garnier Yoghurt Sleeping Mask

Garnier Light Complete memiliki krim malam yaitu Garnier Yoghurt Sleeping Mask yang mencerahkan dan memperbaiki sel kulit, serta melembapkan dan menutrisi kulit wajah di
malam hari saat kita tidur. Sleeping mask ini jadi alternatif pengganti krim malam yang wajib hukumnya, karena kulit beregenerasi secara optimal justru terjadinya pada malam hari.

Komposisinya mengandung prebiotik yogurt dan Vitamin C dari ekstrak lemon, yang menutrisi kulit untuk membantu memperbaiki sel yang rusak, sekaligus mencerahkan dan mengangkat sel kulit mati. Teksturnya mudah meresap ke kulit.

Sebelah kiri adalah krim siang, sebelah kanan adalah krim malam

Sebelah kiri adalah krim siang, sebelah kanan adalah krim malam

Kebetulan saya mendapat kemasan produk yang berbentuk tube dan sedikit pipih dengan isi 20ml. Kemasannya didominasi oleh warna kuning terang dengan kombinasi sedikit warna biru yang menjadi highlight. Di pinggiran kemasan, ada pengukuran warna kulit.

Lemon essense yang terkandung di dalamnya, berfungsi untuk mencerahkan kulit wajah sehingga tampak lebih bersih dan cerah keesokan harinya. Vitamin C dan white speed serumnya bertugas untuk menyamarkan noda hitam di wajah secara cepat.

Cara pemakaian:
– Aplikasikan dan ratakan ke seluruh wajah dan leher.
Krim ini memiliki tekstur agak cair, ringan, dan mudah meresap pada kulit, serta tidak membuat kulit lengket. Suka aromanya, mewah, wangi khas lemon.

O ya, Garnier Light Complete Night Yoghurt Sleeping Mask ini bersertifikat halal, loh.

Klaim-nya, sih, Lebih Cerah Dalam Semalam! Saya baru menggunakan selama 2 malam, so far..hasilnya tentu saja belum kelihatan memutih, tetapi pagi hari sejak pemakaian pertama, kulit tampak lebih halus, bersih, dan lebih kenyal.

20180511_170433

Kesimpulan:

Secara keseluruhan saya suka dengan rangkaian #DuoCerahCepat Garnier Light Complete White Speed ini karena tidak bikin alergi dan break out sama sekali, justru kulit jadi halus dan tidak kusam. Maklum permasalahan kulit sensitif, kalau tidak cocok dengan produknya, bisa bikin kulit gatal, berjerawat atau bruntusan.
Tapi untuk efek mencerahkan, mungkin harus menggunakannya sekitar seminggu, secara rutin dengan krim pagi/siang dan krim malam, baru kelihatan hasilnya. Atau seperti klaimnya, ‘Tingkat Lebih Cerah Dalam 28 Hari’.

O ya, harganya cukup terjangkau, yaitu Rp59.000,- untuk ukuran jar 50ml.

Untuk keterangan lebih lengkap tentang produk, bisa dibaca di http://www.garnier.co.id/perawatan-wajah/beauty/garnier/light-complete

Yang perlu diperhatikan, gunakan krim pagi/siang dan krim malam yang saling melengkapi fungsinya. Karena berdasarkan pengalaman, kalau hanya menggunakan salah satu saja, kemungkinan kegagalan lebih besar. Misalnya hanya menggunakan day cream saja. Kulit cerah tapi tidak kenyal atau lembab, kan, tidak bagus juga. So, jangan malas merawat kulit wajah secara lengkap.

Selamat mencoba #24JAMLEBIHCERAH bersama Garnier Light Complete Day & Night Cream!😉