Menjaga pakaian untuk sama sekali enggak terkena noda itu sulit, ya. Ada aja hal yang bisa membuat pakaian kita bernoda: mulai dari terkena bumbu makanan, minyak gorengan, sampai keringat di area tengkuk. Makin sulit, terutama, kalau kita termasuk orang yang banyak bergerak.
 
Parahnya, saat noda itu datang, kita jarang bisa segera membersihkannya. Jadilah ia menempel cukup lama dan bakal lebih sulit dibersihkan. Penggunaan deterjen pun belum tentu ampuh buat mengusirnya. Namun tenang, ada tips yang bisa kamu intip berikut ini.
 

Lawan noda minyak dengan bedak
Memasak atau menyantap sesuatu yang berminyak sering bikin pakaian kita terciprat minyak. Kalau itu terjadi dan kebetulan kita lagi enggak sibuk banget, siapkan bedak bayi. Namun pertama-tema, coba lap bagian yang ternoda dengan tisu kering.

 

Setelah itu, kita bisa menggunakan bedak bayi untuk ditaburkan ke bagian yang sama. Kemudian lap lagi dengan tisu atau angkat dengan sendok. Pastikan kita berhati-hati nih saat melakukannya, biar noda minyaknya enggak malah melebar.
 
Setelah noda sedikit memudar, kita bisa langsung menyikat sisanya dengan sabun pencuci piring dan sedikit air. Luar dan dalam. Kemudian jemur di tempat terbuka hingga kering, deh. Catatan: bedak bayi bisa diganti tepung maizena atau garam.
 

Spiritus juga bisa ‘membakar’ noda
Eits ... cuma karena noda yang membandel, bukan berarti pakaian kita harus dibakar pakai spiritus, ya. Cairan beralkohol sederhana ini, secara ajaib, juga bisa dipakai buat membersihkan pakaian. Enggak percaya?
 
Coba oleskan sedikit spiritus ke bagian pakaian yang terkena noda, setelah direndam. Diamkan beberapa saat, lalu cuci pakaian kita itu … secara biasa atau dengan mesin. Kalau kamu sudah coba, jangan lupa cerita di kolom komentar, ya.

 


Cerahkan pakaian dengan cuka putih
Sudah pernah mencuci pakaian dengan cuka putih? Kalau belum, coba deh dan lihat kalau cuka putih enggak cuma bisa dipakai buat memasak. Cuka putih bisa banget dipakai buat mencerahkan warna pakaian dan aman untuk serat kain.
 
Untuk menggunakannya, kita cuma perlu menuang setengah cangkir cuka putih ke bilasan terakhir pakaian. Setelah itu, kita bisa melanjutkan proses mencuci seperti biasa. Oh iya, hindari penggunaan jenis cuka yang lain; cuka yang bisa kamu gunakan hanya cuka putih.

Hal ini dikarenakan cuka putih enggak mengandung tanin—yang bakal bikin noda bertambah.
 

Itulah tips buat membasmi noda yang membandel. Ketika pakaian mulai terserang oleh noda, jangan panik dulu, karena ada banyak opsi yang bisa kamu lakukan untuk segera membasmi noda bandel di bajumu.