Kalau boleh jujur, tahun lalu aku tidak tahu bedanya First Essence dan Essence dalam skincare routine. Menurutku kedua produk itu sama aja, tapi ternyata beda ya. Gampangnya saja, First Essence mostly memiliki konsistensi encer / watery , sedangkan Essence biasanya lebih kental (thicker that water concsistency) & dipakai setelah slot toner.

First essence juga merupakan step penting dalam skincare sehari-hari, dan mencari first essence untuk kulit kering itu gampang-gampang susah karena kadang efek lembab nya tidak bertahan lama.

Memang ngaruh banget ya peran first essence ini untuk wajah?

Truth be told, ngaruh banget. Salah satu cara membuat wajah glowing ya sebenernya dengan menambahkan first essence ini juga ke skincare rutin kalian.

Selain itu, kalau kalian menemukan “jodoh” produk yang pas , first essence itu (selain melembabkan) bisa mem-boosting wajah cerah dan menghaluskan tekstur kulit dengan hasil signifikan.

Bagi yang masih bingung dengan first essence mana yang harus dipilih dan dengan harga yang masuk akal, disini aku mau share ke kalian tentang produk baru dari L’oreal Paris yang sedang aku pakai beberapa minggu belakangan yaitu L’oreal Paris Revitalift Crystal Micro-Essence. Adanya Centella Asiatica adalah salah satu yang membuatku tertarik, karena selain sedang hype, manfaatnya banyak sekali untuk kulit, yaitu untuk soothing, sebagai anti-inflammatory, dan mempercepat wound healing.


PACKAGING
Produk ini hadir dengan box bernuansa silver dengan sedikit sentuhan merah, khas dari L’oreal Paris Revitalift Crystal Micro-Essence. Aku suka semua penjelasan detail sudah tertera jelas di box, sangat informatif.

Botolnya sendiri terlihat mewah karena terbuat dari kaca transparan berat dengan tutup berwarna silver. Pokoknya sekilas terlihat mahal banget, karena desain nya juga simple & kokoh banget dipegang.

Opening the cap, dia berupa shaker-top biasa dengan lubang yang pas, jadi produk yang keluar tidak akan berlebihan dan masih dalam kontrol kita.

INGREDIENTS
AQUA/WATER, BUTYLENE GLYCOL, ALCOHOL, HYDROXYETHYLPIPERAZINE ETHANE SULFONIC ACID, PROPANEDIOL, PPG-6-DECYLTETRADECETH-30, CAPRYLYL GLYCOL, SALICYLIC ACID, SODIUM HYDROXIDE, P-ANISIC ACID, ADENOSINE, CAPRYLOYL SALICYLIC ACID, ACETYL TRIFLUOROMETHYLPHENYL VALYLGLYCINE, DISODIUM EDTA, PARFUM/ FRAGRANCE, MADECASSOSIDE, BENZYL SALICYLATE, LIMONENE, LINALOOL, BENZYL ALCOHOL, PENTYLENE GLYCOL FAEX EXTRACT/ YEAST EXTRACT, TOCOPHEROL

Seperti biasa aku akan break down sedikit tentang ingredients nya juga. Sesuai dengan tekstur yang aku jelaskan di atas, dia sangat watery karena bahan utama adalah aqua/water. Bahan kedua butylene glycol, merupakan humektan yang memiliki kemampuan melembabkan kulit dengan cara menarik air dari lapisan kulit lebih dalam ke lapisan permukaan (seperti magnet) . Namun aku stop di urutan ketiga karena alkohol hehe. Sebagai pemilik kulit kering ,terus terang aku menghindari alkohol. Namun, alkohol yang terkandung di L’oreal Paris Revitalift Crystal Micro-Essence ini bisa saja fatty alcohol , bukan bad alcohol seperti ethyl alcohol atau denat .

ADA SALICYLIC ACID NYA! Keren sih menurutku. Jadi ini adalah first essence yang selain melembabkan ada efek mild exfoliation nya. Jadi bagi yang kulitnya berminyak pasti suka, dan gak perlu khawatir juga karena dugaanku presentasi nya kecil jadi gentle kok.

Selain itu juga ada Adenosine, yang merupakan rahasia awet muda karena bagus untuk treating aging.
Kekurangan nya disini dia ada kandungan limonene atau perfume yang terkadang tidak semua kulit sensitive mampu menerima.
Dia juga free paraben, jadi preservatives nya diganti lainnya tapi aku tidak bother meneliti jauh, karena ya udah lah gimana-gimana memang butuh pengawet juga.

TEKSTUR & FORMULA
Seperti first essence pada umumnya, konsistensi nya sangat watery, encer seperti air lah pokoknya. Formulanya sama sekali tidak lengket, dan penyerapannya ke dalam kulit juga cepat. Tapi lembab nya cukup awet, tidak langsung hilang poooof gitu aja.

CARA PEMAKAIAN

Namanya juga first essence, jadi pemakaian nya pada awal setelah melakukan double cleansing. Anggap saja kayak toner. Setelah pakai first essence ini, kalian bisa langsung lanjut hydrating toner dan seterusnya.
Tidak usah dituang ke kapas ya gengs, jadi langsung aja taruh di telapak tangan dan apply ke wajah dengan di tepuk-tepuk lembut.

CONCLUSION
L’oreal Paris Revitalift Crystal Micro-Essence ini cukup melembabkan di kulit keringku. Dan dia ini sama sekali tidak lengket walaupun aku pakainya kadang bisa berlayer-layer. Belum lagi aku selalu tambahkan hydrating toner lainnya setelah ini.

Seperti yang aku bilang di atas, first essence ini ada kandungan alkohol yang aku belum yakin apakah itu fatty alcohol atau bad alcohol. Despite all that, selama pemakaian beberapa minggu ini wajahku tidak terasa semakin kering. Jadi kemungkinan itu adalah fatty alcohol.

Bukan hanya untuk kulit kering saja, produk essence ini juga merupakan skincare untuk kulit berminyak ya, karena daya serap nya yang oke dan tidak membuat wajah greasy. Hal ini karena produk ini menggunakan Micronized Technology yang bisa membantu penyerapan lebih cepat dan menembus 10 lapisan.
Apalagi ada kandungan BHA nya — ini ampuh untuk mengurangi sebum, treating pores dan blackheads. Ya walaupun persentasi nya kecil, tapi lumayan lah untuk exfoliation ala-ala

Aku sih pakai pagi dan malem, tidak masalah asal tetep pakai sunscreen dan kulitnya tidak berontak aja. Kebetulan kulitku ayem-ayem aja soalnya.

Overall, aku tidak ada keluhan selama pemakaian produk ini. Jadi akan aku teruskan hingga habis.

Untuk informasi lebih lanjut cek disini http://bit.ly/LOREAL-WEBSITE

Harga L’oreal Paris Revitalift Crystal Micro-Essence
65ml – Rp 115.000
130ml – Rp 199.000
Offline Store: Dept. Store atau Drugstore (Watson’s & Guardian)
Online Store: : Lazada, Tokopedia, Sociolla, Shopee