Menjalankan ibadah puasa selama 30 hari membuat keadaan tubuh dan kulit wajah menjadi kurang baik ya, ladies. Selama menjalankan ibadah puasa tubuh kamu pasti kekurangan cairan, karena hanya diperbolehkan minum dan makan ketika sudah tiba waktu berbuka puasa. Tetapi meskipun sedang menjalankan ibadah puasa, kamu pasti ingin tetap terlihat cantik dan segar kan. Yuk, simak rahasia tetap terlihat cantik dan segar meskipun sedang berpuasa di artikel ini.





https://www.google.com/url?sa=i&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwiJ8t-u8ZHbAhVKErwKHbmvCeMQjRx6BAgBEAU&url=%2Furl%3Fsa%3Di%26source%3Dimages%26cd%3D%26cad%3Drja%26uact%3D8%26ved%3D%26url%3Dhttps%253A%252F%252Fwww.pinterest.co.uk%252Fpin%252F386254105535313790%252F%26psig%3DAOvVaw2ERlvqk_YVFy73ERzKZoqc%26ust%3D1526823043826071&psig=AOvVaw2ERlvqk_YVFy73ERzKZoqc&ust=1526823043826071















1. Tetap Mengonsumsi Air Putih 8 Gelas Sehari

       Meskipun sedang menjalankan ibadah puasa kamu tetap harus mengonsumsi air putih 8 gelas sehari ya, ladies. Air putih sangat bagus untuk kesehatan dan kesegaran tubuh maupun wajah. Kamu bisa menggunakan metode 2-4-2, yaitu 2 gelas air putih ketika berbuka, 4 gelas di malam hari dan 2 gelas ketika sahur.



2. Berbuka Dengan Buah-Buahan Terlebih Dahulu

       Tips yang kedua yang bisa kamu lakukan, adalah dengan memakan buah-buahan terlebih dahulu ketika berbuka puasa. Buah-buahan yang dikonsumsi ketika perut sedang kosong, sangat baik untuk pencernaan.



3. Menggunakan Eye Cream

       Selama menjalankan ibadah puasa kamu pasti kurang tidur dan menyebabkan kantong mata atau daerah di sekitar mata kamu menjadi hitam. Nah, untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan eye cream di area mata kamu sebelum tidur ladies. Eye cream mampu mengurangi bengkak akibat kamu kurang tidur. Saat menggunakan eye cream gunakan jari manis, karena jari manis memiliki tekanan ringan untuk di aplikasikan di daerah sekitar mata. Tekanan yng terlalu kuat di daerah mata kamu , justru akan membuat mata kamu makin menghitam. Itulah mengapa disarankan untuk menggunakan jari manis.



4.  Mengompres Mata Dengan Sendok

       Metode lain yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi kantong mata kamu adalah dengan mengompres mata menggunakan sendok. Caranya, kamu dapat meletakan dua sendok di dalam frezer semalaman, dan gunakan pagi harinya untuk mengompres mata kamu.



5. Gunakan Moisturizer

       Menjaga kelembaban kulit wajah saat berpuasa sangatlah penting. Kamu gak boleh mengabaikan penggunaan moisturizer saat sedang berpuasa.



6. Gunakan Lipbalm

       Saat menjalankan ibadah puasa pasti bibir menjadi kering dan sedikit pecah-pecah. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengaplikasikan lipbalm di bibir kamu ketika merasa bibir kamu mulai kering. Gunakan lipbalm yang tidak mengandung rasa atau wewangian ya, supaya puasa kamu tidak batal.



7. Menggunakan Make-up Yang Soft atau Natural

       Saat berpuasa sebaiknya kamu menggunakan make up yang soft agar kulit wajah tetap bisa bernafas. Mungkin kamu bisa menggunakan loose power atau compact powder dan blush on untuk menambah efek segar di wajah kamu.



8. Tetap Gunakan Sunblock

        Sunblock sangat penting untuk mencegah kulit terkena paparan sinar matahari secara langsung. Kalau kamu tidak ingin kulit kamu menjadi hitam, gunakan sunblock yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Kamu pasti tidak ingin dong terlihat menghitam saat lebaran nanti.



9. Berpikiran Positif

       Berpikiran positif yang aku maksud disini adalah, kamu tidak boleh berpikir hal yang buruk terhadap sesuatu atau orang yang kamu temui. Karena dengan berpikiran buruk tentang sesuatu itu akan menguras energi kamu untuk berpikir dan membuat kamu jadi semakin haus dan lapar. Selain itu juga, hal ini dapat mengurangi pahala ibadah puasa kamu lho (ini aku sok tau). Jadi mulai sekarang biasakan untuk mulai berpikiran positif ya, tidak hanya saat berpuasa saja tetapi seterusnya ya ladies.




Jadi itu dia tips tetap cantik dan segar saat berpuasa versi aku😄. Kalau kamu punya tips yang lain, kamu bisa komen di bawah. Dan semoga tips ini bermanfaat ya untuk kalian semua. Selamat menjalankan ibadah puasa untuk semua umat muslim di seluruh dunia, semoga puasa tahun ini menjadi puasa yang jauh lebih baik dari tahun sebelumnya.