Kalau dengar kata jerawat tuh apa sih yg kalian pikirkan? pasti muka ada bintik-bintik merah menonjol, meradang atau wajah yang kotor, kusam, merah-merah, jelek, dsb. pokoknya kalau ada yg bilang jerawat kalian udah kebayang tuh bentuk nya gimana. Karena orang indonesia hampir rata-rata bermasalah dengan wajah yang  berjerawat, bahkan gw sendiri sampai saat ini masih berjuang untuk melawan jerawat.
Wajah yang berjerawat ngebuat gw tuh gak percaya diri. Rasanya gw ingin menghilang dari keramaian, atau bahkan gak mau ketemu orang-orang.

Jerawat adalah suatu keadaan dimana pori-pori tersumbat dan mengakibatkan kantung nanah yang meradang. Pada saat pori-pori tersumbat, tumbuh dan berkembang sejenis bakteri propionibacterium acnes yang merupakan bakteri penyebab jerawat.
Nah, propioniumbacterium acnes ini lebih cepat tumbuh dan berkembang di kulit berminyak, makanya kenapa kulit berminyak itu lebih mudah berjerawat. Jerawat biasanya muncul pada muka, leher, punggung, dan dada.
Sebagai orang yang udah menahun jerawatan gw tau banget gimana rasanya punya jerawat. bahkan gw sampe bilang gini, ya allah cobaan apa ini? sangking pusingnya. Pokoknya rasanya tuh gak enak banget punya jerawat, suka gak percaya diri kalau mau jalan sama temen, kalau temen ngajak ngobrol terus fokusnya malah ke muka kita bukan ke mata kita tuh rasanya gw pengen langsung selesaiin ngobrolnya.
Belum lagi setiap ketemu orang, pasti selalu aja ada yang bilang "kok muka lo sekarang jerawatan?" "gak pernah dibersihin ya mukanya?" "makanya pake produk ini deh, gw aja bersih mukanya."
kalau ada yang bilang kayak gitu tuh, gw rasanya mau bilang ke dia "eh, lo belum aja jerawatan.. ntar juga lo pasti ngerasain apa yang gw rasain, dan gw juga tuh udah rajin membersihkan muka tapi ya memang si jerawat ini belum mau pergi dari muka gw",  tapi sayangnya gw hanya bisa diem menerima keadaan.
lah kok jadi curhat??? padahal di artikel ini kan gw mau bahas hubungannya gula dengan jerawat???

Udah coba berbagai macam produk dari a,b,c, sampai d tapi blum ke z ya😀😀 tapi jerawat belum sembuh juga. Nah mungkin itu karena kamu gak perhatiin pola makan kamu terutama terhadap gula. loh emang apa hubungannya gula sama jerawat?? 
Jadi, gula adalah termasuk salah satu bentuk makanan yang banyak mengandung glukosa. Diketahui bahwa makanan yang mengandung glukosa tinggi dapat memicu terjadunya jerawat, hal ini disebabkan glukosa yang tinggi akan merangsang meningkatnya hormon insulin, yaitu salah satu hormon yang berfungsi dalam mengolah glukosa di tubuh kita.
Kenaikan kadar hormon insulin di dalam darah ini memicu peningkatan jumlah sel kelenjar minyak dan kelenjar keringat pada wajah. Hal inilah yang memicu timbulnya jerawat.
Seperti yang aku bilang tadi kalau wajah berminyak itu lebih mudah berjerawat diandingkan dengan wajah yang kering.

Buah-buahan merupakan makanan yang mengandung gula alami, sehingga tidak terlalu meningkatkan kadar glukosa di dalam darah.
Gula akan berubah menjadi faktor bagi jerawat jika sudah berubah bentuk ke bentuk sederhana. 
Makanan yang mengandung gula sederhana atau gula yang kurang baik untuk wajah kita itu seperti permen, softdrink, cake, martabak, es krim, coklat dan laiinya. 
ps: (itu makanan kesukaan gw semua, bayangin aja hidup tanpa makan makanan yang manis itu gak enak banget😭 tapi ya memang seperti itulah yang harus dilakuin kalau mau jerawatnya hilang pelan-pelan). Karena selain rajin membersihkan wajah makanan juga termasuk faktor penting dalam mengatasi jerawat. 

Nah semoga artikel yang gw tulis ini bermanfaat ya. Ayo jadi yang masih suka jerawatan dan gak sembuh- sembuh coba deh kalian perhatiin juga pola makan kalian karena ternyata makanan memang berpengaruh penting dalam memicu timbulnya jerawat. Intinya sih kita harus mulai untuk hidup sehat. Semangat buat kita yang masih coba melawan jerawat, jangan sedih dan putus asa karena mungkin aja allah kasih kita jerawat itu supaya kita lebih bersyukur lagi sama apa yang udah dia kasih ke kita gak selalu kita mikirin kecantikan doang. Karena cantik itu gak selalu tentang wajah, tapi masih banyak kecantikan yang bisa kita tunjukin dari dalam diri kita. Pokoknya, saran dari aku sayangin apa yang ada di diri kalian dan gak usah terlalu mikirin kekurangan kalian dan selalu berpikiran positif, jangan stress soal jerawat kalian. Percaya dan yakin kalau suatu saat nanti jerwat kalin tuh pasti bisa hilang. Intinya selalu banyak bersyukur sama allah ya, yang penting kita masih dikasih kesehatan. Oh iya kalau kalian punya saran buat ngilangin jeawat juga, komen dibawah ya. Oke, segini aja deh artikel aku kali ini. Semoga membantu dan bermanfaat. See you di artikel selanjutnya.