Pernah gak sih kalian ngerasa bingung, gimana urutan pemakaian skincare yg benar. habis cuci muka langsung pake pelembab atau toner atau gimana ya? Nah disini aku bakalan kasih tips urutan penggunaan skincare yang benar bagi pemula. Disini aku mau kasih tips 4 tahapan penting dalam penggunaan skincare bagi pemula.. yaudah langsung aja gak usah panjang lebar aku langsung kasih tips nya ke kalian.

1. Double cleansing

        Sesuai dengan namanya "double" maka double cleansing adalah ritual membersihkan wajah dengan melakukan 2 tahap pembersihan agar make-up dan kotoran yang menempel di kulit wajah kamu dapat benar- benar terangkat. Kamu pernah dong nemuin, waktu kamu pakai toner, di kapas itu kadang masih ada bekas hitam padahal kamu udah cuci muka, nah itulah kenapa pentingnya kamu melakukan  double cleansing.
Tahapan yang perlu dilakukan adalah:

  1.Pembersih wajah / micellar water / milk cleanser

       Setelah beraktivitas seharian kamu wajib membersihkan wajah menggunakan micellar water atau milk cleanser, di malam hari. Ya, setelah seharian menggunakan moisturizer, sunscreen, dan make up kamu wajib membersihkan wajah kamu terlebih dahulu dengan micellar water atau milk cleanser agar debu atau kotoran yang menenpel di wajah dapat terangkat, dan pastikan semua sisa make up terangkat. Ada beragam jenis produk pembersih wajah yang bisa kamu pilih, mulai dari micellar water, nah kalau untuk micellar water aku rekomendasiin produk dari garnier karena produk ini memang bagus, harganya murah dan juga mudah di dapat.
Kalo milk cleanser aku rekomendasiin rangkaian produk dari viva, kamu pasti tau dong produk ini, viva milk cleanser harganya sekitar 6 ribuan jadi kalo kamu baru mau coba milk cleanser, belilah viva ini karena kalo misalnya gak cocok di kulit wajah kamu, kamu gak terlalu ngerasa sakit, karena  harganya murah,. Tapi tetap pilih yang sesuai jenis kulit ya.

garnier micellar water

viva milk cleanser



2, Facial wash / Facial foam

       Meskipun kamu sudah membersihkan wajah dengan micellar water atau milk cleanser kamu tetap harus melanjutkan pembersihan wajah dengan facial wash atau sabun muka. Jadi, walaupun produk pembersih wajah yang kamu gunakan mampu mengangkat kotoran atau sisa make up kamu, tetap harus dilanjutkan pembersihan tahap kedua. Inilah yang disebut double cleansing. Usahakan kita rutin mencuci wajah 2x sehari. Pilih facial wash yang sesuai jenis kulit kamu ya.



2. Toner

       Siapa disini yang masih suka males-malesan pake toner? nah setelah baca artikel ini kamu gak boleh lagi tuh skip pakai toner karena ternyata toner itu penting banget buat kulit wajah.
Jadi, kenapa toner penting buat wajah kamu, itu karena toner dapat menyeimbangkan ph kulit kamu,  kulit kamu pada dasarnya memiliki pH berkisar antara 5-6, saat kamu membersihkan wajah dengan sabun pembersih, kulit kamu akan mengalami penumpukan minyak. Butuh waktu untuk mengembalikan ke kadar pH yang seharusnya. Nah, toner dapat membantu menyeimbangkan pH kulit kamu dengan lebih cepat.  
Bagi pemula yang baru mau coba pakai toner aku rekomendasiin rangkaian produk jepang hadalabo gokujyun lotion ( untuk kulit kering) dan hadalabo gokujyun light lotion (untuk kulit berminyak), kebetulan aku juga pernah pake atau bisa juga pakai produk viva.

Rangkaian produk hadalabo gokujyun


3. Moisturizer / Pelembab

       Sesuai dengan namanya pelembab maka kamu menggunakn moisturizer dengan tujuan buat melembabkan kulit wajah kamu terutama bagi pemilik kulit kering, pelembab ini penting banget agar menjaga kulit kamu tetap lembab. eiits, tapi bagi pemilik kulit berminyak menggunakan pelembab juga penting ya, jadi jangan males buat pakai pelembab.
Oh iya kalau buat pelembab aku saranin kalian pake yang sesuai jenis kulit kalian ya, jangan sampe salah nanti yang ada kalian malah jerawatan.

4. Sunscreen / Sunblock

       Dan yang terakhir adalah sunscreen atau sunblock atau pelindung. Jadi setelah menggunakn  pelembab kamu wajib banget pake sunscreen. kenapa? tahapan skincare ini termasuk yang paling penting karena percuma deh kamu melakukan 3 tahapan skincare di atas tapi kamu gak ngelakuin yang ini.
pernah dong kalian ngeliat orang- orang yang baru berusia 30 tahunan udah muncul flek- flek hitam di wajahnya, itu karena sebelumnya mereka tidak menggunakan sunscreen, kebayang dong di indonesia panasnya gimana, gak mau kan masih muda tapi udah muncul flek- flek hitam, makanya mulai sekarang pake sunscreen ya, supaya kulit kita terlindung dari matahari.
Dan untuk yang baru coba mau pakai sunscreen aku rekomendasiin produk dari wardah karna itu ringan banget sih di wajah.

Wardah sunscreen gel spf 30


udah segini dulu aja tips dari aku maaf kalau masih berantakan, karna ini kali pertama aku nulis blog. semoga tips nya bisa bermanfaat buat kalian semua.. selamat mencoba, jangan males males ya buat merawat wajah. see you and happy trying good people.