Hai, Moms, Assalamu'alaikum!

Pagi ini seperti biasanya, di rumah hanya tinggal saya dan Saki. Kakak sudah berangkat ke sekolah dan abinya sudah berangkat ke kampus. 

Setelah semua beres, saya menemani Saki bermain. Pagi ini Saki bermain masak-masakan. Bahan masakannya dari plastik mainan untuk membuat aksesories milik kakaknya yang sudah tidak dipakai. Saki mengambil potongan sayur katanya dari wadah, lalu dimasukkan ke dalam wadah lain. Kemudian dimasukkan ke wadah yang disebutnya penggorengan  dan mulai pura-pura menggoreng. 

Bagi Saki, semua barang adalah mainan. Semua tempat adalah tempat bermain. Yah, begitulah karakteristik anak-anak usia dini. Sehingga, disebut bahwa dunianya anak usia dini adalah dunia bermain. Bermain pura-pura seperti itu bagi Saki sudah cukup menyenangkannya, apalagi jika diajak bermain di sebuah wahana yang ada berbagai macam permainan yang menantangnya.

Nah, hari Sabtu tanggal 7 September lalu, saya mengajak Saki dan kakaknya ke BebeLand di Summarecon Mall Bekasi. Sampai hari ini, keduanya belum bisa move on dari keseruan bermain di Bebeland. Setiap teringat BebeLand, mereka meminta saya mengantar ke sana lagi. 

"Bebeland, Mi, ke Bebeland lagi!" ajak kakak Sarah.
"(M)ain (b)ola!" seru Saki sambil memeragakan main bola.

Ah, Bebeland memang menyenangkan. Ini adalah pengalaman pertama Saki dan Kakaknya bermain di Bebeland. Sehingga, wajar banget, mereka belum bisa move on setelah seharian seru-seruan di sana. Mana kakak pendampingnya ramah dan mau membantu lagi.

passport BebeLand Saki

Apa sih BebeLand?

Bebeland adalah wahana bermain yang dipersembahkan oleh Bebelac. BebeLand ini sebuah wahana permainan edukatif dan interaktif untuk berbagi inspirasi tentang pentingnya pengembangan rasa peduli seiring daya pikir untuk mendorong si Kecil menjadi Anak Hebat.  

Saki dan Kakak menunggu pintu dibuka 

Ada 15 permainan edukatif di Bebeland yang dapat merangsang rasa peduli anak sehingga ia terdorong untuk memecahkan masalah dan mencari solusinya melalui daya pikirnya. Semua permainan ini merupakan hasil rekomendasi dari Psikolog anak, Roslina Verauli, M.Psi. Semua permainan di Bebeland mengasah tiga kecerdasan penting anak, yaitu mengasah kecerdasan inteletual (IQ), kecerdasan emosional  (EQ), dan kecerdasan spiritual (SQ).

15 Permainan Edukatif itu apa saja?

BebeLand hadir dengan 15 permainan edukasi dalam 3 area besar, yaitu BebeTown, BebeSea, dan BebeForest. 

Harapan Bebelac, melalui pengalaman interaktif di BebeLand, orang tua dapat berperan lebih aktif dalam mengembangkan aspek kecerdasan emosi dan kecerdasan intelektual anak di usia satu tahun ke atas, usia di mana berbagai aspek kecerdasan si Kecil berkembang dengan sangat pesat.

Menurut Ibu Verauli, penting sekali orang tua mengasah rasa peduli dan daya pikir si Kecil sejak dini. Orang tua bisa mengasah rasa peduli si Kecil sejak dini sesuai dengan tahapan tumbuh kembang anak dengan stimulasi yang bervariasi, dimulai pada usia 1-2 tahun, 3-4 tahun, 5-6 tahun, hingga usia 7 tahun ke atas. Pada usia 3-4 tahun, misalnya, ajak anak untuk membantu atau menolong orang lain, atau saat anak berusia 5-6 tahun, libatkan si Kecil dalam emotional talk dimana mereka bisa menyampaikan apa yang mereka rasakan dan berikan pujian dan penghargaan untuk setiap hal baik yang mereka lakukan.

Arena bermain edukatif BebeLand credit: risalahhusna
Nah, untuk mendukung kecerdasan emosional, kognitif dan spiritual si kecil, setiap permainan di BebeLand dirancang dengan alur cerita 'Masalah - Solusi', dimana si Kecil dilatih untuk mengasah rasa pedulinya terlebih dahulu, sebelum kemudian diajak melatih daya pikirnya untuk cepat tanggap memberi solusi yang berguna bagi sekitarnya. Contoh, si Kecil akan diajak melihat lampu kota yang mati sehingga menghambat aktifitas warga di kota tersebut, dalam permainan edukasi ini, si Kecil akan diajak memahami situasi sosial dan mental state dari warga kota yang kesusahan serta mengasah pemahaman mengenai tenaga gerak untuk menghasilkan energi listrik bagi kota yang mati lampu. 

Di permainan lain, si Kecil diajak melihat keringnya lahan yang membuat semua kehidupan disekitar lahan tersebut terganggu. Di permainan ini, si Kecil diajak mempelajari arah untuk mengalirkan kembali aliran sumber air ke lahan melalui media digital sekaligus mengasah kemampuan memecahkan masalah pada Anak.

Permainan ini menyenangkan, ketika anak berhasil menyelesaikan setiap tantangan dalam satu permainan, ia mendapatkan satu badge. Wah senang banget, yaa!

BebeTown 

Light the City

Saki diajak untuk menolong kota yang sedang mati lampu. Solusi untuk membuat kota kembali terang adalah dengan menaiki sepeda dan mengayuh sepeda sehingga ada kekuatan atau energi yang berasal dari kayuhan sepeda. Akhirnya kota pun menyala kembali.

Saki senang sekali. Dia mendapatkan satu badge karena telah menolong warga kota sehingga kota terang kembali.

Fix the Gears

Di permainan ini Saki diajak untuk membantu memasang kembali mur di sebuah jam besar di tengah kota. Ketika Saki berhasil memasang kembali, kakak pemandu memutar tuas, dan keluarlah burung kikuk di atas jam. Saki berhasil memecahkan sebuah masalah dan mendapatkan satu lagi badge.

Move the Log 

Saki memindahkan balok

Ada balok kayu di jalan. Saki memindahkan kayu dengan bantuan crane/alat derek. Saki senang sekali. Awalnya Saki ragu, setelah ia mengamati, dan dibantu oleh kakak pemandu, Saki berhasil juga menyelesaikan misinya membantu orang di kota memindahkan balok kayu ke tepi jalan.

Saki mendapatkan satu badge lagi! Horee!

Save the Animal

Saki mengantar kucing dengan mobil ambulan

Ada kucing kecelakaan di jalanan. Saki lalu menolong kucing itu dan membawanya ke klinik. Saki membawa kucing dengan mobil ambulance. Ngiung, ngiung, ngiung, suara ambulance riuh dan orang-orang berjalan ke pinggir. Alhamdulillah, misi pun berhasil. Saki berhasil menolong kucing.

Sebagai balasannya, Saki mendapat satu badge lagi.

Built the Bench

Kebetulan Saki pas mogok di arena ini, dia gak mau mencoba sebab dia lebih suka menolong kucing yang kecelakaan. Saki ingin naik mobil ambulance terus hehehe



BebeSea

Fix the Bridge

Ada jembatan yang rusak yang harus segera dibantu dibetulkan. Saki membantu kakak pemandu memasang kembali jembatan yang rusak. Akhirnya sampailah Saki ke dekat laut. Alhamdulillah, Saki suka sekali menolong.

Saki mendapatkan satu badge dari membantu membetulkan jembatan yang rusak.

Clean the Ocean

saki clean the ocean
Di area ini, Saki naik perahu untuk membersihkan laut dari sampah. Saki membawa alat pemancing dan mengambil sampah-sampah di laut. Saki berhasil membersihkan laut bersama teman-temannya. Saki mendapatkan satu badge lagi.

Coral Savior

Saki dan teman-temannya menanam terumbu karang. Saki suka sekali, karena tiruan tanahnya, kenyal seperti gel. warna tumbuhannya pun warna warni. Cara memainkannya pun mudah bagi anak usia 2 tahun.

Helping Friends

Helping friend
Anak-anak diajak untuk menolong temannya yang sedang kesulitan. Ceritanya teman ada di seberang sungai. Anak-anak menaiki perahu boat untuk menolong temannya kembali ke rumah.

Preserve the Turtle

Anak-anak diajak untuk menyayangi kura-kura dan menjaga habitatnya. Saki diajak mengenal kura-kura dengan cara mewarnai tiruan kura-kura. Hasil pewarnaan bisa dibawa pulang.


BebeForest

Rescue the Cat

rescue the cat

Ini permainan favorit Saki. Anak-anak diajak untuk peduli dan empati pada kesulitan yang dihadapi oleh seekor kucing. Kucing itu tersesat dan ada dipuncak menara (serodotan). Saki naik melalui panjat dinding dan tali dibantu oleh kakak pemandu. Menyelamatkan kucing dan meluncur ke bawah lewat perosotan. Di bawah dia meluncur ke kolam bola. 


Wah Saki suka sekali. Dia betah bermain di sini. Kata kakak pemandu, Saki anak pemberani. Alhamdulillah Saki mendapat satu badge lagi.

Save the Forest 

Dalam permainan ini, anak diajak untuk menyingkirkan balok kayu dari arus air sungai. Bentuk permainan ini dibantu rekayasa digital. Jadi anak-anak seolah-olah melihat air mengalir dari dalam gua. Lalu anak-anak menyelamatkan hewan di dalamnya.

Save the Earth

Anak-anak diajak menanam tanaman di tanah kosong. Ini juga dengan simulasi digital. Saki awalnya kebingungan, tetapi setelah dipandu oleh kakak kakak pemandu, dia bisa mengikuti permainan dan bisa menaanam beberapa pohon.

Saki mendapat badge juga di sini.

Feed the Animal

Ini adalah permainan favorit Saki. Memberi makanan pada hewan. Ada hewan Panda dan Jerapah. Saki suka sekali memberi makan kedua hewan tersebut. Saki juga menaiki tiruan hewan-hewan ini dan berfoto bersama mereka.


Find the Way

saki menolong kancil

Saki menolong anak kancil yang tersesat di hutan. Saki menaiki tiruan kancil menghadap ke sebuah monitor yang berisi alur cerita perjalanan menolong kancil pulang ke rumahnya.

Saki suka sekali permainan ini. Saki juga sudah paham perintah. Akhirnya Saki bisa menolong Kancil bertemu dengan mama Kancil. Saki bahagia sekali.

Saki mendapatkan satu badge lagi. asyikk!

Badge Saki sudah banyak

Bagaimana Cara Mendapatkan Tiketnya?

Moms, datang langsung ke arena BebeLand di kota terdekat dengan tempat tinggal Moms. Lalu Moms bisa membeli beberapa paket yang ditawarkan oleh Bebelac. Moms bisa lihat di brosur di bawah ini, yaa. Hadiahnya juga banyak, Moms.

contoh penjualan tiket

Jadi Moms gak usah khawatir dengan uang yang sudah keluarkan, karena Moms sebenarnya hanya membeli susu bebelac aja untuk memenuhi kebutuhan si kecil. Lalu si kecil bisa bermain sepuasnya di  BebeLand.

Selain digelar di Summarecon Mall Bekasi, kegiatan BebeLand juga akan hadir kembali di
Tunjungan Plaza Surabaya pada 28-29 September 2019 dan Plaza Medan Fair pada 26-27 Oktober 2019.


Untuk informasi lengkapnya, Moms bisa membuka website Bebeclub di https://bebeclub.co.id/

Jangan sampai ketinggalan, ya, Moms. Yuk, ikuti keseruan permainan edukatif di BebeLand di kota terdekat!